RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
1
MATA
PELAJARAN : IPA
KELAS/SEMESTER
: VIII/1
JUMLAH
PERTEMUAN : 2 X 40 MENIT
SEKOLAH : SMPN I TAROGONG KALER
I.
STANDAR
KOMPETENSI
1.
Memahami
berbagai sistem dalam kehidupan
II.
KOMPETENSI
DASAR
1.1.
Menganalisis
pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
III.
INDIKATOR
1.
Mendefinisikan
pengertian pertumbuhan
2.
Mendefinisikan
pengertian perkembangan
3.
Menyebutkan
faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
4.
Menyebutkan
2 fungsi hormon tumbuhan
5.
Menyebutkan
3 fungsi hormon pada hewan
6.
Menyebutkan
4 fungsi hormon pada manusia
7.
Membedakan
gen dan hormon
8.
Menjelaskan
ciri – ciri pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
9.
Melakukan
dan membuat laporan pertumbuhan pada tumbuhan
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Melalui
diskusi peserta didik dapat mendefinisikan pengertian pertumbuhan
2.
Melalui
tanya jawab peserta didik dapat mendefinisikan pengertian perkembangan
3.
Melalui
pengamatan peserta didik dapat menyebutkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi
pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
4.
Melalui
studi pustaka peserta didik dapat menyebutkan 2 fungsi hormon pada tumbuhan
5.
Melalui
studi pustaka peserta didik dapat menyebutkan 3 fungsi hormon pada hewan
6.
Melaui
diskusi peserta didik dapat menyebutkan 4 hormon yang terdapat pada manusia
7.
Melaui
tanya jawab peserta didik dapat membedakan gen dengan hormon
8.
Melalui
pengamatan peserta didik dapat menjelaskan ciri-ciri pertumbuhan dan
perkemabngan pada makhluk hidup
9.
Melalui
percobaan peserta didik dapat melakukan dan membuat laporan pertumbuhan pada
tumbuhan
V.
KARAKTER
YANG DIHARAPKAN
1.
Percaya
diri
2.
Rasa
ingin tahu
3.
Teliti
4.
Pantang
menyerah
5.
Kerja
sama
VI.
MATERI
AJAR
1.
Pertumbuhan
adalah poses pertambahan ukuran yang tidak dapat kembali ke asal/irreversible
yang meliputi pertambahan volume dan pertambanhan massa
2.
Perkembangan
adalah proses menuju kedewasaan
3.
Faktor-faktor
yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan adalah faktor internal dan faktor ekternal. Faktor eksternal yaitu
makanan atau nutrisi, suhu, cahaya, air dan kelembaban tanah, sedangkan faktor
internal yaitu gen dan hormon
4.
Macam-macam
hormon pada tumbuhan dengan fungsinya
a.
Auksin
berfungsi memacu perpanjangan sel, merangsang pembentukan bunga, buah dan
mengaktifkan kambium untuk membentuk sel-sel baru
b.
Sitokinin
berfungsi untuk memcu pembelahan sel serta mempercepat pembentukan akar dan
tunas
c.
Giberelin
berfungsi untuk merangsang pembelahan sel dan merangsang perkecambahan biji.
d.
Etilen
berfungsi untuk menghambat pemanjangan batang, mempercepat penuaan buah dan
menyebabkan penuaan daun
e.
Asam
absisa berfungsi dalam proses perontokan daun
5.
Macam
hormon pada hewan dengan fungsinya
a.
Tiroksin
mengendalikan pertumbuhan hewan
b.
Somatomedin
berfungsi mempengaruhi pertubuhan tulang
c.
Ekdison
dan juvenil mempengaruhi perkembangan fase larva dan fase dewasa, khususnyan
pada hewan invertebrata
6.
Macam
hormon pada manusia dengan fungsinya
a.
Tiroksin
dihasilkan oleh kelenjar gondok mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan serta
metabolisme karbohidrat dalam tubuh
b.
Hormon
pertumbuhan (Growth hormone – GH) dihasilakn kelenjar hipofisis bagian depan
disebut juga somatotropin (STH) adalah mempengaruhi kecepatan pertumbuhan
seseorang
c.
Estrogen/progesteron,
mengatur perkembangan organ reproduksi dan munculnya tanda-tanda kelamin
sekunder pada wanita
d.
Testosteron,
mengatur perkembangan organ reproduksi dan munculnya tanda-tanda kelamin
sekunder pada pria
7.
Beda
gen dengan hormon
a.
Gen
adalah materi pembawa sifat yang diturunkan dari induk
b.
Hormon
adalah zat yang berungsi untuk mengendalikan berbagai fungsi dalam tubuh
8.
Ciri-ciri
pertumbuhan adalah bertambahnya tinggi dan bertambah berat dan perkembangan
pada tumbuhan ditandai dengan adanya bunga atau buah dan pada hewan ditandai
dengan kematangan alat reproduksi sehingga siap menghasilak keturunan
9.
Laporan
percobaan terlampir dalam lembar kerja
VII.
ALOKASI
WAKTU
2 X 40 menit
VIII.
STATEGI
PEMBELAJARAN
1.
Model
Pembelajaran : Cooperative Learning type STAD
2.
Pendekatan
: Kontektual
3.
Metode
: Diskusi Kelompok, Pengamatan dan Percobaan
IX.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Langkah-langkah
kegiatan
a.
Kegiatan
Pendahuluan (10 `)
·
Mengucapkan
salam (sopan santun)
·
Berdo`a
sebelum belajar (religius)
·
Mengabsen
kehadiran siswa (disiplin)
·
Apersepsi
: Sebutkan ciri-ciri makhkuk hidup
·
Motivasi
: Menjelaskan tujuan kompetensi yang ingin dicapai
b.
Kegiatan
(50`)
Eksplorasi
·
Guru
memberi pertanyaan : Apa yang dimaksud dengan pertumbuhan ? (rasa ingin tahu)
·
Guru
membimbing siswa dalam pembentukan kelompok (disiplin, kerja sama)
Elaborasi
·
Guru
membagikan lembar kerja pada setiap kelompok (disiplin)
·
Guru
menyajikan pelajaran
·
Guru
memberi tugas pada kelompok untuk dikerjakan oleh angota kelompok. Anggota
kelompok yang tahu menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam
kelompok itu mengerti
·
Guru
memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab pertanyaan
siswa tidak boleh saling membantu
Konfirmasi
·
Guru
menanggapi hasil kerja peserta didik
c.
Kegiatan
penutup (20`)
·
Guru
memberi penghargaan kepada siswa yang mendapat nilai tertinggi
·
Guru
membimbing siswa untuk membuat kesimpulan
·
Guru
memberi tugas untuk minggu depan
·
Guru
memberikan evaluasi
Tugas terstruktur
·
Melakukan
pengamatan pada percobaan pertumbuhan pada tumbuhan kacang hijau
X.
MEDIA
DAN SUMBER BELAJAR
1.
Sumber
buku acuan : Buku IPA kelas VIII
2.
Media
Pembelajaran : Charta, LKS dan alat
dan bahan yang sesuai dengan LKS
XI.
PENILAIAN
a.
Tatap
muka :
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
Asfek
|
1. Mendefinisikan pengertian
pertumbuhan
|
Tes tulis
|
Esai
|
Definisikan arti pertumbuhan
|
Kognitif
C1
|
2. Mendefinisikan pengertian
perkembangan
|
Tes tulis
|
Esai
|
Definisikan arti perkembangan
|
Kognitif
C1
|
3. Menyebutkan faktor-faktor yang
mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
|
Tes tulis
|
Esai
|
Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan
perkembangan
|
Kognitif
C1
|
4. Menyebutkan 2 fungsi hormon
tumbuhan
|
Tes tulis
|
Esai
|
Sebutkan 2 fungsi hormon pada tumbuhan
|
Kognitif
C1
|
5. Menyebutkan 3 fungsi hormon
pada hewan
|
Tes tulis
|
Esai
|
Sebutkan 3 fungsi hormon pada hewan
|
Kognitif
C1
|
6. Menyebutkan 4 fungsi hormon
pada manusia
|
Tes tulis
|
Esai
|
Sebutkan 4 fungsi hormon pada manusia
|
Kognitif
C1
|
7. Membedakan gen dan hormon
|
Tes tulis
|
Esai
|
Jelaskan perbedaan gen dan hormon
|
Afektif
C2
|
8. Menjelaskan ciri – ciri
pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
|
Tes tulis
|
Esai
|
Jelaskan ciri-ciri pertumbuhan dan perkembangan pada
makhluk hidup
|
Kognitif
C1
|
Kunci
Jawaban
No
|
Jawaban
|
Skor
|
1
|
Proses pertambahan ukuran yang tidak dapat kembali ke asal
|
1
|
2
|
Proses menuju kedewasaan
|
1
|
3
|
Faktor internal : gen dan hormon
Faktor eksternal : makanan, suhu, cahaya, air dan
kelembaban
|
7
|
4
|
Auksin : memacu perpanjangan sel
Sitokinin : memacu pembelahan sel
Giberelin : merangsang pembelahan dan pembesaran sel
Etilen : menghambat pemanjangan batang
Asam absisat : perontokan daun
|
2
|
5
|
Hormon pada hewan
Tiroksin ; mengendalikan pertumbuhan
Somatomedin ; mempengaruhi pertumbuhan tulang
Ekdison dan juvenil : mempengaruhi perkembangn fase larva
dan fase dewasa pada hewan vertebrata
|
3
|
6
|
Hormon pada manusia
Tiroksin : mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan
Hormon pertumbuhan ; mempengaruhi percepatan pertumbuhan
Estrogen/progesteron : mengatur perkembangan organ
reproduksi dan tanda-tanda kelamin sekunder pada wanita
Testosteron : mengatur perkembangan organ reproduksi dan
tanda-tanda kelamin sekunder pada pria
|
4
|
7
|
Gen : materi pembawa sifat yang diturunkan dari induknya
Hormon : pengendali berbagai fungsi dalam tubuh
|
2
|
8
|
Ciri pertumbuhan : bertambah volume dan bertambah massa
Ciri perkembangan : munculnya bunga/ buah pada tumbuhan dan matangnya organ
reproduksi pada hewan dan manusia
|
2
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar