RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
7
Sekolah : SMPN I Tarogong Kaler
Mata Pelajaran : IPA/Fisika
Kelas/Semester : VIII/2
Jumlah Pertemuan : 4
X 40 menit
A.
Standar
Kompetensi
6. Memahami konsep dan penerapan
getaran, gelombang dan optika dalam
produk teknologi sehari-hari
B.
Kompetensi
Dasar
6 2. Mendeskripsikan konsep bunyi dalam kehidupan
sehari-hari
C.
Indikator
1.
Menjelaskan syarat terjadinya dan
terdengarnya bunyi
2.
Menjelaskan faktor-faktor yang
mempengaruhi cepat rambat bunyi
3.
Menentukan cepat rambat bunyi pada
beberapa medium
4.
Membedakan pengertian infrasonik,
audiosonik, dan ultrasonik
5.
Menyebutkan contoh infrasonik,
audiosonik dan ultrasonik
6.
Menyebutkan pemanfaatan bunyi
infrasonik, audiosonik dan ultrasonik
7.
Menjelaskan perbedaan desah dengan nada
8.
Menjelaskan faktor yang mempengaruhi
kuatnya bunyi
9.
Menjelaskan pengertian timbre bunyi
10. Menjelaskan
faktor-faktor mempengaruhi frekuensi nada
11. Menjelaskan
pengertian resonansi
12. Menjelaskan
masalah yang ditimbulkan resonansi
13. Menyebutkan
hukum pemantulan bunyi
14. Membedakan
antara gaung, gema dan bunyi pantul yang memperkuat bunyi asli
15.
Menjelaskan manfaat pemnatulan
bunyi dalam kehidupan sehari-hari
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui
diskusi siswa dapat menjelaskan syarat terjadinya dan terdengarnya bunyi
2. Melalui
studi pustaka siswa dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi cepat
rambat bunyi
3. Melalui
diskusi siswa dapat menentukan cepat rambat bunyi pada beberapa medium
4. Melalui
tanya jawab siswa dapat membedakan pengertian infrasonik, audiosonik, dan
ultrasonik
5. Melalui
studi pustaka siswa dapat menyebutkan contoh infrasonik, audiosonik dan
ultrasonik
6. Melalui
diskusi siswa dapat menyebutkan pemanfaatan bunyi infrasonik, audiosonik dan
ultrasonik
7. Melalui
tanya jawab siswa dapat menjelaskan perbedaan desah dengan nada
8. Melalui
diskusi siswa dapat menjelaskan faktor yang mempengaruhi kuatnya bunyi
9. Melalui
studi pustaka siswa dapat menjelaskan pengertian timbre bunyi
10. Melalui
tanya jawab siswa dapat menjelaskan faktor-faktor mempengaruhi frekuensi nada
11. Melalui
diskusi siswa dapat menjelaskan pengertian resonansi
12. Melalui
tanya jawab siswa dapat menjelaskan masalah yang ditimbulkan resonansi
13. Melallui
studi pustaka siswa dapatenyebutkan hukum pemantulan bunyi
14. Melalui
diskusi siswa dapat membedakan antara gaung, gema dan bunyi pantul yang
memperkuat bunyi asli
15.
Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan
manfaat pemnatulan bunyi dalam kehidupan sehari-hari
E.
Karakter
yang diharapkan
1. Disiplin
2. Tekun
3. Tanggung
jawab
4. Teliti
F.
Materi
Ajar
1. Syarat
terjadinya dan terdengarnya bunyi adalah
a.
Ada sumber bunyi (benda yang bergetar)
b. Ada
medium (zat antara untuk merambatnya bunyi)
c.
Ada penerima bunyi yang berada di dekat
atau dalam jangkauan sumber bunyi
2. Faktor-faktor
yang mempengaruhi cepat rambat bunyi
a.
Medium tempat gelombang bunyi itu
dirambatkan
b. Suhu
3. Cepat
rambat bunyi pada beberapa medium
Medium
|
Kecepatan
(m/s)
|
Udara
|
340
|
Alkohol
|
1.240
|
Air
|
1.500
|
Kayu oak
|
3.850
|
Kaca
|
4.540
|
Besi
|
5.100
|
Suhu Udara (⁰
C)
|
Kecepatan
(m/s)
|
0
|
332
|
15
|
340
|
25
|
347
|
4. Pengertian
a.
Infrasonik adalah bunyi yang frekuensinya
kurang dari 20 Hz
b. audiosonik adalah bunyi yang frekuensinya
antara 20 Hz – 20.000 Hz
c.
Ultrasonik
adalah bunyi yang frekuensinya lebih dari 20.000 Hz
5. Menyebutkan
contoh hewan yang mendengar
a.
Infrasonik adalah anjing, laba-laba dan
jangkrik
b. audiosonik adalah manusia
c.
Ultrasonik
adalah kelelawar dan lumba-lumba
6. Pemanfaatan
bunyi
a.
Ultrasonik
adalah untuk mengukur ke dalaman laut dan USG
7. Perbedaan
a.
desah adalah bunyi yang frekuensinya
tidak teratur
b. nada adalah bunyi yang frekuensinya teratur ,
tertentu
8. Faktor
yang mempengaruhi kuatnya bunyi adalah
a.
Amplitudo
b. Jarak
sumber bunyi dari pendengar
c.
Jenis medium
9. Pengertian
timbre bunyi adalah warna bunyi, keunikan setiap bunyi dengan bunyi lainnya
meskipun mempunyai frekuensi yang sama
10. Faktor-faktor
yang mempengaruhi frekuensi nada
a.
Panjang senar, semakin panjang senar
semakin rendah rendah frekuensi yang dihasilkan
b. Luas
penampang senar, semakin besar luas penampang senar, semakin rendah frekuensi
yang dihasilkan
c.
Tegangan senar, semakin besar tegangan,
semakin tinggi frekuensi yang dihasilkan
d. Massa
jenis senar, semakin kecil massa jenis senar, semakin tinggi tinggi frekuensi
yang dihasilkan
11. Resonansi
adalah peristiwa ikut bergetarnya benda lain yang berfrekuensi sama dengan
benda yang bergetar
12. Masalah
yang ditimbulkan resonansi , robohnya gedung akibat gempa dan angin
13. Hukum
pemantulan bunyi
a.
Bunyi datang, bunyi pantul, dan garis
normal terletak pada bidang yang sama
b. Sudut
datang sama dengan sudut pantul
14. Perbedaan
a.
gaung adalah bunyi pantul yang langsung
mengikuti bunyi asli, sehingga merusak atau mengganggu suara aslinya
b. gema adalah bunyi pantul yang terdengar setelah
bunyi asli
15.
Manfaat pemantulan bunyi dalam
kehidupan sehari-hari adalah untuk menditeksi keberadaan ikan di bawah kapal.
G.
Alokasi
Waktu
4 X 40
menit
H.
Strategi
Pembelajaran
1. Model
Pembelajaran : Cooperative
Learning
2. Pendekatan : Kontekstual
3. Metode : Diskusi kelompok dan pengamatan
I.
Kegiatan
Pembelajaran
Langkah-langkah kegiatan
a.
Kegiatan Pendahuluan
Ø Mengucapkan
salam (sopan santun)
Ø Ber
do`a sebelum belajar (religius)
Ø Mengabsen
siswa (disiplin)
Ø Apersepsi
: syarat apa yang harus ada supaya kita dapat mendengar bunyi?
Ø Motivasi
: Menjelaskan tujuan kompetensi yang akan dicapai
b. Kegiatan
inti
Eksplorasi
Ø Guru
memberi pertanyaan tentang gaya dan macam-maca gaya (rasa ingin tahu)
Ø Guru
membimbing siswa dalam penbentukan kelompok (disiplin, kerjasama)
Elaborasi
Ø Guru
membagikan lembar kerja (rasa ingin tahu)
Ø Guru
menyajikan pelajaran
Ø Guru
memberi tugas pada ketua kelompok untuk
untuk dikerjakan oleh anggota kelompok. Anggota yang tahu menjelaskan kepada
anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti (kerjasama dan
toleransi)
Ø Guru
memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis siswa
tidak boleh saling memberi tahu (disiplin)
Konfirmasi
Ø Guru
menanggapi hasil keja/jawaban dari pertanyaan yang diajukan
c.
Kegiatan Penutup
Ø Memberi
penghargaan kepada siswa yang mendapat nilai terbaik
Ø Guru
membimbing siswa untuk membuat kesimpulan
Ø Guru
memberikan evaluasi
J.
Sumber
dan Media Belajar
1. Sumber
buku acuan : Buku IPA kelas VIII
2. Media
Pembelajaran : LKS, Proyektor, alat dan
bahan yang sesuai dengan LKS
K.
Penilaian
Indikator pencapaian
|
Teknik penilaian
|
Bentuk instrumen
|
Instrumen
|
Asfek
|
1.
Menjelaskan syarat terjadinya dan terdengarnya bunyi
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan
syarat terjadinya bunyi!
|
Afektif/C2
|
2.
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi cepat rambat
bunyi
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi cepat rambat bunyi
|
Afektif/C2
|
3.
Menentukan cepat rambat bunyi pada beberapa medium
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Tentukan
cepat rambat bunyi pada beberapa medium!
|
Aplikasi/C3
|
4.
Membedakan pengertian infrasonik, audiosonik, dan
ultrasonik
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jekaskan
pengertian infasonik, audiosonik dan ultrasonik!
|
Afektif/C2
|
5.
Menyebutkan contoh infrasonik/ audiosonik/ ultrasonik
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Sebutkan
contoh hewan yang dapat mendengar ultrasonik!
|
Kognitif/C1
|
6.
Menyebutkan pemanfaatan bunyi infrasonik, audiosonik dan
ultrasonik
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan
pemanfaatan bunyi ultrasonik!
|
Afektif/C2
|
7.
Menjelaskan perbedaan desah dengan nada
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan
perbedaan desah dan nada!
|
Afektif/C2
|
8.
Menjelaskan faktor yang mempengaruhi kuatnya bunyi
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan
pengertian yang mempengaruhi kuatnya bunyi!
|
Afektif/C2
|
9.
Menjelaskan pengertian timbre bunyi
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Apa
yang dimakud dengan timbre bunyi!
|
Afektif/C2
|
10.
Menjelaskan faktor-faktor mempengaruhi frekuensi nada
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi frekuensi nada!
|
Afektif/C2
|
11.
Menjelaskan pengertian resonansi
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan
pengertian resonansi!
|
Afektif/C2
|
12.
Menyebutkan hukum pemantulan bunyi
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Sebutkan
salah satu hukum pemantulan bunyi!
|
Kognitif/C1
|
13.
Membedakan antara gaung, gema
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan
perbedaan gaung dan gema!
|
Afektif/C2
|
14. Menjelaskan
manfaat pemantulan bunyi dalam kehidupan sehari-hari
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan
manfaat pemantulan bunyi dalam kehidupan sehari-hari!
|
Afektif/C2
|
Mantap
BalasHapuscongrats