Selasa, 03 Maret 2015

RPP 6 IPA KELAS 8 (KTSP)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
6

Sekolah                                :   SMPN I Tarogong Kaler
Mata Pelajaran                     :   IPA/Fisika
Kelas/Semester                     :   VIII/2
Jumlah Pertemuan                 :  6  X  40 menit

A.      Standar Kompetensi
6. Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari


B.      Kompetensi Dasar
6 1.  Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta parameter-parameternya


C.      Indikator
1.       Menjelaskan pengertian getaran
2.       Menyebutkan 2 contoh getaran dalam kehidupan sehari-hari
3.       Menjelaskan pengertian periode suatu getaran
4.       Menentukan periode getaran
5.       Menjelaskan pengertian frekuensi suatu getaran
6.       Menjelaskan hubungan antara periode dan frekuensi suatu getaran
7.       Membedakan antara gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik
8.       Menjelaskan pengertian gelombang transversal
9.       Menyebutkan contoh gelombang transversal
10.   Melalui diskusi siswa dapat menggambar gelombang transversal
11.   Menjelaskan pengertian gelombang longitudinal
12.   Menyebutkan contoh gelombang longitudinal
13.   Menjelaskan pengertian kecepatan rambat gelombang
14.   Menjelaskan pengertian panjang gelombang
15.   Menjelaskan hubungan antara periode, frekuensi, cepat rambat gelombang dan panjang gelombang
16.   Menjelaskan pemantulan gelombang
17.   Menjelaskan penerapan konsep gelombang dalam kehidupan sehari-hari

D.      Tujuan Pembelajaran
1.       Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan pengertian getaran
2.       Melalui diskusi siswa dapat menyebutkan 2 contoh getaran dalam kehidupan sehari-hari
3.       Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan pengertian periode suatu getaran
4.       Melalui diskusi siswa dapat menentukan periode getaran
5.       Melalui studi pustaka siswa dapat menjelaskan pengertian frekuensi suatu getaran
6.       Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan hubungan antara periode dan frekuensi suatu getaran
7.       Melalui tanya jawab siswa dapat membedakan antara gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik
8.       Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan pengertian gelombang transversal
9.       Melaui studi pustaka siswa dapat menyebutkan contoh gelombang transversal
10.   Melalui diskusi siswa dapat menggambar gelombang transversal
11.   Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan pengertian gelombang longitudinal
12.   Melalui tanya jawab siswa dapat menyebutkan contoh gelombang longitudinal
13.   Melalui sudi pustaka siswa dapat menjelaskan pengertian kecepatan rambat gelombang
14.   Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan pengertian panjang gelombang
15.   Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan hubungan antara periode, frekuensi, cepat rambat gelombang dan panjang gelombang
16.   Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan pemantulan gelombang
17.   Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan penerapan konsep gelombang dalam kehidupan sehari-hari

E.       Karakter yang diharapkan
1.       Disiplin
2.       Tekun
3.       Tanggung jawab
4.       Teliti

F.       Materi Ajar
1.         Pengertian getaran adalah gerak bolak- balik di sekitar titik kesetimbangan
2.         Contoh getaran dalam kehidupan sehari-hari adalah ayunan
3.         Mengamati gerakan pada ayunan
3.


a.       Ampiltudo adalah simpangan getaran paling besar
4.         Periode suatu getaran adalah waktu yang diperlukan untuk membuat satu getaran
5.         Menentukan periode getaran pada percobaan
6.         Mengamati kaitan antara periode dan amplitudo pada percobaan
7.         Frekuensi  adalah jumlah getaran setiap detik
8.         Hubungan antara periode dan frekuensi suatu getaran adalah T = 1/f
9.         Mengamati gelombang tali pada percobaan
10.     Gelombang membawa energi selama perambatannya
11.     Beda antara gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik adalah
a.       Gelombang mekanik adalah gelombang yang ditimbulkan oleh adanya getaran mekanik dan memerlukan medium untuk perambatannya. Contoh, gelombang air, gelombang bunyi, gelombang tali,  dan gelombang pada slinki
b.      Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang tidak memerlukan medium untuk perambatannya. Contoh, gelombang TV, gelombang radio
12.     Gelombang transversal adalah gelombang yang arah perambatannya tegak lurus terhadap arah getarannya
13.     Contoh gelombang transversal adalah gelombang pada tali,
14.     Mengamati gelombang transversal pada tali
15.     Pengertian gelombang longitudinal adalah gelombang yang arah rambatannya searah dengan arah getarannya
16.     Contoh gelombang longitudinal adalah gelombang pada slinki
17.     Mengamati gelombang longitudinal pada slinki
18.     Hubungan antara periode, frekuensi, cepat rambat gelombang dan panjang gelombang adalah v = λ/T
19.     Pemantulan gelombang
20.     Penerapan konsep gelombang dalm kehidupan sehari-hari adalah satelit buatan, sel surya, eksplorasi minyak dan gas bumi, sonar.


G.       Alokasi Waktu
 6 X 40 menit

H.     Strategi Pembelajaran
1.       Model Pembelajaran             :  Cooperative Learning
2.       Pendekatan                                               :   Kontekstual
3.       Metode                                       :   Diskusi kelompok dan pengamatan

I.        Kegiatan Pembelajaran

Langkah-langkah kegiatan
a.       Kegiatan Pendahuluan
Ø    Mengucapkan salam (sopan santun)
Ø    Ber do`a sebelum belajar (religius)
Ø    Mengabsen siswa (disiplin)
Ø    Apersepsi : apa yang dimaksud getaran?
Ø    Motivasi : Menjelaskan tujuan kompetensi yang akan dicapai

b.      Kegiatan inti
Eksplorasi
Ø    Guru memberi pertanyaan tentang getaran (rasa ingin tahu)
Ø    Guru membimbing siswa dalam penbentukan kelompok (disiplin, kerjasama)
   Elaborasi
Ø  Guru membagikan lembar kerja (rasa ingin tahu)
Ø  Guru menyajikan pelajaran
Ø  Guru memberi tugas pada  ketua kelompok untuk untuk dikerjakan oleh anggota kelompok. Anggota yang tahu menjelaskan kepada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti (kerjasama dan toleransi)
Ø  Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis siswa tidak boleh saling memberi tahu (disiplin)

Konfirmasi
Ø  Guru menanggapi hasil keja/jawaban dari pertanyaan yang diajukan

c.       Kegiatan Penutup
Ø   Memberi penghargaan kepada siswa yang mendapat nilai terbaik
Ø   Guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan
Ø   Guru memberikan evaluasi


J.        Sumber dan Media Belajar
1.       Sumber buku acuan    : Buku IPA kelas VIII
2.       Media Pembelajaran   : LKS, Proyektor, alat dan bahan yang sesuai dengan LKS


K.      Penilaian
Indikator pencapaian
Teknik penilaian
Bentuk instrumen
Instrumen
Asfek
1. Menjelaskan pengertian getaran
Tes tulis
Uraian
Jelaskan apa yang dimaksud dengan getaran!
Afektif/C2
2. Menyebutkan 2 contoh getaran
Tes tulis
Uraian
Sebutkan 2 contoh getaran!
Kognitif/C1
3. Menjelaskan pengertian periode
Tes tulis
Uraian
Jelaskan pengertian periode!
Afektif/C2
4. Menentukan periode getaran
Praktek



5. Menjelaskan pengertian frekuensi
Tes tulis
Uraian
Jelaskan pengertian frekuensi!
Afektif/C2
6. Menjelaskan hubungan antara periode dan frekuensi
Tes tulis
Uraian
Jelaskan hubungan antara periode dengan frekuensi!
Afektif/C2
7.    Membedakan antara gelombang mekanik dengan gelombang elektromagnetik
Tes tulis
Uraian
Bedakan antara gelombang mekanik dengan gelombang elektromagnetik!
Afektif/C2
8.     Menjelaskan pengertian gelombang transversal
Tes tulis
Uraian
Jelaskan pengertian gelombang transversal!
Afektif/C2
9.     Menggambar gelombang transversal
Tes tulis
Uraian
Gambarlah gelombang transversal lengkap dengan keterangan gambar!
Aplikasi/C3
10.     Menjelaskan pengertian gelombang longitudinal
Tes tulis
Uraian
Jelaskan pengertian longitudinal!
Afektif/C2
11.  Menyebutkan contoh gelombang transversal dan gelombang longitudinal
Tes tulis
Uraian
Sebutkan contoh gelombang transversal dan gelombang longitudinal!
Kognitif/C1
12.     Menjelaskan pengertian cepat rambat gelombang dan panjang gelombang
Tes tulis
Uraian
Jelaskan pengertian cepat rambat gelombang dan panjang gelombang!
Afektif/C2
13.          Menghitung dengan rumus v = λ/T
Tes tulis
Uraian
Hitunglah cepat rambat gelombang jika panajang gelombnag adalah = 10 m dan periodenya adalah 2 detik!
Aplikasi/C3
14.     Menjelaskan penerapan konsep gelombang dalam kehidupan sehari-hari
Tes tulis
Uraian
Jelaskan penerapan konsep gelombang dalam kehidupan sehari-hari!
Afektif/C2






2 komentar: