RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
6
Sekolah : SMPN I Tarogong Kaler
Mata Pelajaran : IPA/Fisika
Kelas/Semester : VIII/2
Jumlah Pertemuan : 6
X 40 menit
A. Standar
Kompetensi
6.
Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang dan optika dalam produk
teknologi sehari-hari
B. Kompetensi
Dasar
6
1. Mendeskripsikan konsep getaran dan
gelombang serta parameter-parameternya
C. Indikator
1.
Menjelaskan
pengertian getaran
2.
Menyebutkan
2 contoh getaran dalam kehidupan sehari-hari
3.
Menjelaskan
pengertian periode suatu getaran
4.
Menentukan
periode getaran
5.
Menjelaskan
pengertian frekuensi suatu getaran
6.
Menjelaskan
hubungan antara periode dan frekuensi suatu getaran
7.
Membedakan
antara gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik
8.
Menjelaskan
pengertian gelombang transversal
9.
Menyebutkan
contoh gelombang transversal
10.
Melalui
diskusi siswa dapat menggambar gelombang transversal
11.
Menjelaskan
pengertian gelombang longitudinal
12.
Menyebutkan
contoh gelombang longitudinal
13.
Menjelaskan
pengertian kecepatan rambat gelombang
14.
Menjelaskan
pengertian panjang gelombang
15.
Menjelaskan
hubungan antara periode, frekuensi, cepat rambat gelombang dan panjang
gelombang
16.
Menjelaskan
pemantulan gelombang
17.
Menjelaskan
penerapan konsep gelombang dalam kehidupan sehari-hari
D. Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui
tanya jawab siswa dapat menjelaskan pengertian getaran
2.
Melalui
diskusi siswa dapat menyebutkan 2 contoh getaran dalam kehidupan sehari-hari
3.
Melalui
diskusi siswa dapat menjelaskan pengertian periode suatu getaran
4.
Melalui
diskusi siswa dapat menentukan periode getaran
5.
Melalui
studi pustaka siswa dapat menjelaskan pengertian frekuensi suatu getaran
6.
Melalui
tanya jawab siswa dapat menjelaskan hubungan antara periode dan frekuensi suatu
getaran
7.
Melalui
tanya jawab siswa dapat membedakan antara gelombang mekanik dan gelombang
elektromagnetik
8.
Melalui
diskusi siswa dapat menjelaskan pengertian gelombang transversal
9.
Melaui
studi pustaka siswa dapat menyebutkan contoh gelombang transversal
10.
Melalui
diskusi siswa dapat menggambar gelombang transversal
11.
Melalui
tanya jawab siswa dapat menjelaskan pengertian gelombang longitudinal
12.
Melalui
tanya jawab siswa dapat menyebutkan contoh gelombang longitudinal
13.
Melalui
sudi pustaka siswa dapat menjelaskan pengertian kecepatan rambat gelombang
14.
Melalui
diskusi siswa dapat menjelaskan pengertian panjang gelombang
15.
Melalui
diskusi siswa dapat menjelaskan hubungan antara periode, frekuensi, cepat
rambat gelombang dan panjang gelombang
16.
Melalui
diskusi siswa dapat menjelaskan pemantulan gelombang
17.
Melalui
tanya jawab siswa dapat menjelaskan penerapan konsep gelombang dalam kehidupan
sehari-hari
E. Karakter
yang diharapkan
1.
Disiplin
2.
Tekun
3.
Tanggung
jawab
4.
Teliti
F. Materi
Ajar
1.
Pengertian
getaran adalah gerak bolak- balik di sekitar titik kesetimbangan
2.
Contoh
getaran dalam kehidupan sehari-hari adalah ayunan
3.
Mengamati
gerakan pada ayunan
3.
a.
Ampiltudo
adalah simpangan getaran paling besar
4.
Periode
suatu getaran adalah waktu yang diperlukan untuk membuat satu getaran
5.
Menentukan
periode getaran pada percobaan
6.
Mengamati
kaitan antara periode dan amplitudo pada percobaan
7.
Frekuensi
adalah jumlah getaran setiap detik
8.
Hubungan
antara periode dan frekuensi suatu getaran adalah T = 1/f
9.
Mengamati
gelombang tali pada percobaan
10.
Gelombang
membawa energi selama perambatannya
11.
Beda
antara gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik adalah
a.
Gelombang
mekanik adalah gelombang yang ditimbulkan oleh adanya getaran mekanik dan
memerlukan medium untuk perambatannya. Contoh, gelombang air, gelombang bunyi,
gelombang tali, dan gelombang pada
slinki
b.
Gelombang
elektromagnetik adalah gelombang yang tidak memerlukan medium untuk
perambatannya. Contoh, gelombang TV, gelombang radio
12.
Gelombang
transversal adalah gelombang yang arah perambatannya tegak lurus terhadap arah
getarannya
13.
Contoh
gelombang transversal adalah gelombang pada tali,
14.
Mengamati
gelombang transversal pada tali
15.
Pengertian
gelombang longitudinal adalah gelombang yang arah rambatannya searah dengan
arah getarannya
16.
Contoh
gelombang longitudinal adalah gelombang pada slinki
17.
Mengamati
gelombang longitudinal pada slinki
18.
Hubungan
antara periode, frekuensi, cepat rambat gelombang dan panjang gelombang adalah
v = λ/T
19.
Pemantulan
gelombang
20.
Penerapan
konsep gelombang dalm kehidupan sehari-hari adalah satelit buatan, sel surya,
eksplorasi minyak dan gas bumi, sonar.
G. Alokasi
Waktu
6 X 40 menit
H. Strategi
Pembelajaran
1.
Model
Pembelajaran : Cooperative Learning
2.
Pendekatan : Kontekstual
3.
Metode : Diskusi kelompok dan pengamatan
I.
Kegiatan Pembelajaran
Langkah-langkah
kegiatan
a.
Kegiatan
Pendahuluan
Ø
Mengucapkan
salam (sopan santun)
Ø
Ber
do`a sebelum belajar (religius)
Ø
Mengabsen
siswa (disiplin)
Ø
Apersepsi
: apa yang dimaksud getaran?
Ø
Motivasi
: Menjelaskan tujuan kompetensi yang akan dicapai
b.
Kegiatan
inti
Eksplorasi
Ø
Guru
memberi pertanyaan tentang getaran (rasa ingin tahu)
Ø
Guru
membimbing siswa dalam penbentukan kelompok (disiplin, kerjasama)
Elaborasi
Ø
Guru
membagikan lembar kerja (rasa ingin tahu)
Ø
Guru
menyajikan pelajaran
Ø
Guru
memberi tugas pada ketua kelompok untuk
untuk dikerjakan oleh anggota kelompok. Anggota yang tahu menjelaskan kepada
anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti (kerjasama dan
toleransi)
Ø
Guru
memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis siswa
tidak boleh saling memberi tahu (disiplin)
Konfirmasi
Ø
Guru
menanggapi hasil keja/jawaban dari pertanyaan yang diajukan
c.
Kegiatan
Penutup
Ø
Memberi
penghargaan kepada siswa yang mendapat nilai terbaik
Ø
Guru
membimbing siswa untuk membuat kesimpulan
Ø
Guru
memberikan evaluasi
J.
Sumber dan Media Belajar
1.
Sumber
buku acuan : Buku IPA kelas VIII
2.
Media
Pembelajaran : LKS, Proyektor, alat dan
bahan yang sesuai dengan LKS
K. Penilaian
Indikator pencapaian
|
Teknik penilaian
|
Bentuk instrumen
|
Instrumen
|
Asfek
|
1. Menjelaskan pengertian getaran
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan
apa yang dimaksud dengan getaran!
|
Afektif/C2
|
2. Menyebutkan 2 contoh getaran
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Sebutkan
2 contoh getaran!
|
Kognitif/C1
|
3. Menjelaskan pengertian periode
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan
pengertian periode!
|
Afektif/C2
|
4. Menentukan periode getaran
|
Praktek
|
|||
5. Menjelaskan pengertian
frekuensi
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan
pengertian frekuensi!
|
Afektif/C2
|
6. Menjelaskan hubungan antara
periode dan frekuensi
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan
hubungan antara periode dengan frekuensi!
|
Afektif/C2
|
7.
Membedakan
antara gelombang mekanik dengan gelombang elektromagnetik
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Bedakan
antara gelombang mekanik dengan gelombang elektromagnetik!
|
Afektif/C2
|
8.
Menjelaskan
pengertian gelombang transversal
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan
pengertian gelombang transversal!
|
Afektif/C2
|
9.
Menggambar
gelombang transversal
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Gambarlah
gelombang transversal lengkap dengan keterangan gambar!
|
Aplikasi/C3
|
10.
Menjelaskan
pengertian gelombang longitudinal
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan
pengertian longitudinal!
|
Afektif/C2
|
11. Menyebutkan contoh gelombang
transversal dan gelombang longitudinal
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Sebutkan
contoh gelombang transversal dan gelombang longitudinal!
|
Kognitif/C1
|
12.
Menjelaskan
pengertian cepat rambat gelombang dan panjang gelombang
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan
pengertian cepat rambat gelombang dan panjang gelombang!
|
Afektif/C2
|
13.
Menghitung
dengan rumus v = λ/T
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Hitunglah
cepat rambat gelombang jika panajang gelombnag adalah = 10 m dan periodenya adalah
2 detik!
|
Aplikasi/C3
|
14.
Menjelaskan
penerapan konsep gelombang dalam kehidupan sehari-hari
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan
penerapan konsep gelombang dalam kehidupan sehari-hari!
|
Afektif/C2
|
bu naha teu aya soal soal kango ulangan fisika :D ?
BalasHapustingal dina rpp
BalasHapus