RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(5)
Sekolah : SMPN I Tarogong Kaler
Mata Pelajaran : IPA/Fisika
Kelas/Semester : VIII/2
Jumlah Pertemuan :
8 X 40 menit
A.
Standar
Kompetensi
5. Memahami peranan usaha, gaya dan energi dalam kehidupan sehari-hari
5. Memahami peranan usaha, gaya dan energi dalam kehidupan sehari-hari
B.
Kompetensi
Dasar
5.5.
Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair dan gas serta penerapannya
dalam kehidupan
sehari-hari
sehari-hari
C.
Indikator
1. Menjelaskan
pengertian tekanan
2. Menyebutkan
faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan
3. Menghitung
besarnya tekanan yang diberikan suatu benda
4. Menjelaskan
aplikasi konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari
5. Mengamati
sifat tekanan dalam zat cair
6. Menyebutkan
sifat-sifat tekanan dalam zat cair
7. Menentukan
tekanan zat cair
8. Mengamati
posisi permukaan zat cair dalam bejana berhubungan
9. Menjelaskan
pemanfaatan sifat permukaan zat cair yang selalu mendatar dalam kehidupan
sehari-hari
10. Mengamati
tinggi permukaan zat cair dalam pipa U
11. Menjelaskan
hubungan antara massa jenis dan tinggi zat cair dalam pipa U
12. Menyebutkan
bunyi hukum Pascal
13. Menjelaskan
prinsip mesin penghasil gaya hidrolik
14. Menyebutkan
peralatan yang menggunakan prinsip mesin penghasil kerja hidrolik
15. Menyebutkan
bunyi hukum Archimedes
16. Menyelidiki
dan menentukan besar gaya angkat
17. Menjelaskan
konsep tenggelam, melayang dan terapung
18. Menjelaskan
pengaruh massa jenis pada peristiwa tenggelam, melayang dan terapung
19. Menyebutkan
pemanfaatan gaya archimedes dalam kehidupan sehari-hari
20. Mengukur
tekanan udara
21. Menyebutkan
jenis-jenis barometer
22. Menjelaskan
hubungan antara ketinggian suatu tempat dengan perbedaan tekanan udara
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui
tanya jawab siswa dapat menjelaskan pengertian tekanan
2. Melalui
diskusi siswa dapat menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan
3. Menghitung
besarnya tekanan yang diberikan suatu benda
4. Melalui
tanya jawab siswa dapat menjelaskan aplikasi konsep tekanan dalam kehidupan
sehari-hari
5. Melalui
studi pustaka siswa dapat menyebutkan sifat-sifat tekanan dalam zat cair
6. Melalui
diskusi siswa dapat menentukan tekanan zat cair
7. Mengamati
posisi permukaan zat cair dalam bejana berhubungan
8. Melalui
studi pustaka siswa dapat menjelaskan pemanfaatan sifat permukaan zat cair yang
selalu mendatar dalam kehidupan sehari-hari
9. Mengamati
tinggi permukaan zat cair dalam pipa U
10. Melalui
tanya jawab siswa dapat menjelaskan hubungan antara massa jenis dan tinggi zat
cair dalam pipa U
11. Melalui
diskusi siswa dapat menyebutkan bunyi hukum Pascal
12. Melalui
studi pustaka siswa dapat menyebutkan peralatan yang menggunakan prinsip mesin
penghasil kerja hidrolik
13. Melalui
diskusi siswa dapat menghitung besarnya tekanan pada dongkrak hidrolik
14. Melalui
diskusi siswa dapat menyebutkan bunyi hukum Archimedes
15. Melalui
tanya jawab siswa dapat menjelaskan konsep tenggelam, melayang dan terapung
16. Melalui
diskusi siswa dapat menjelaskan pengaruh massa jenis pada peristiwa tenggelam,
melayang dan terapung
17. Melalui
tanya jawab siswa dapat menyebutkan pemanfaatan gaya archimedes dalam kehidupan
sehari-hari
18. Mendemontrasikan
adanya tekanan udara
19. Mengukur
tekanan udara
20. Melalui
diskusi siswa dapat menyebutkan jenis-jenis barometer
21. Melalui
tanya jawab siswa dapat menjelaskan hubungan antara ketinggian suatu tempat
dengan perbedaan tekanan udara
22. Melalui
studi pustaka siswa dapat menjelaskan tekanan gas dalam ruang tertutup
E.
Karakter
yang diharapkan
1. Disiplin
2. Tekun
3. Tanggung
jawab
4. Teliti
F.
Materi
Ajar
1. Pengertian
tekanan adalah gaya yang bekerja pada permukaan benda tiap saatuan luasnya dan
dirumuskan dengan P = F/A
2. Faktor-faktor
yang mempengaruhi tekanan adalah gaya tekan dan luas bidang permukaan bidang
tekan
3. Menghitung
besarnya tekanan pada suatu benda
Contoh
soal : sebuah kotak yang bertanya 500 N dan luas alasnya 1 m² diletakkan di
atas lantai. Hitunglah tekanan yang diberikan kotak pada lantai!
Jawab
:
Dik
: F = 500 N
A
= luas kotak = 1 m²
Dit
: P
Rumus
: P = F/A = 500 N/1 m² = 500 N/m²
4. Aplikasi
konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari adalah mata kapak yang dibuat tajam,
sirip ikan yang lebar, sepatu salju yang alasnya dibuat lebar
5. Sifat-sifat
tekanan dalam zat cair
a.
Semakin besar massa jenis suatu zat
cair, semakin besar pula tekanan pada kedalaman tertentu
b. Tekanan
berbanding lurus dengan massa jenis zat cair dan kedalaman di dalam zat cair
c.
Tekanan yang diberikan pada zat cair di
ruang tertutup akan diteruskan ke segala air dengan sama rata
6. Menentukan
tekanan zat cair pada soal dengan rumus P = p x g x h
7. Posisi
permukaan zat cair dalam bejana berhubungan mempunyai ketinggian yang sama
walaupun bentuk tabung tidak sama
8. Pemanfaatan
sifat permukaan zat cair yang selalu mendatar dalam kehidupan sehari-hari
adalah tukang bangunan, teko air, tempat penampungan air
9. Mengamati
tinggi permukaan zat cair dalam pipa U (pada percobaan)
10. Hubungan antara massa jenis dan tinggi zat
cair dalam pipa U. Karena massa jenisnya tidak sama maka tinggi permukaan tidak
sama.
11. Bunyi
hukum Pascal yaitu tekanan yang diberikan pada zat cair dalam ruang tertutup
diteruskan ke segala arah dengan sama besar
12. Peralatan
yang menggunakan prinsip mesin penghasil kerja hidrolik adalah dongkrak
hidrolik, rem hodrolik, mesin hidrolik pengangkat, pompa sepeda, mesin
pengempres kapas (kempa)
13. Sebuah
dongkrak hidrolik dengan luas penghisap kecil A1 = 10 cm dan luas penghisap
besar 60 cm digunakan untuk mengangkat
beban 6.000 N. Berapa gaya tekan yang harus diberikan penghisap kecil supaya
bebab tersebut terangkat?
14. Bunyi
hukum Archimedes adalah suatu benda yang dicelupkan sebagian atau seluruhnya ke
dalam zat cair akan mengalami gaya apung yang besarnya sama dengan berat zat
cair yang dipindahkan oleh benda tersebut
15. Konsep
tenggelam, melayang dan terapung adalah :
a.
Mengapung terjadi jika gaya ke atas
lebih besar daripada barat benda ( Fa > w)
b. Melayang
terjadi jika gaya apung sama dengan
berat benda ( Fa = w)
c.
Tenggelam terjadi jika gaya apung benda
lebih kecil daripada berat benda ( Fa < w
16. Pengaruh
massa jenis pada peristiwa tenggelam, melayang dan terapung
a.
Mengapung terjadi jika massa jenis
benda lebih kecil daripada massa jenis cairan
b. Melayang
terjadi jika massa jenis benda sama dengan massa jenis cairan
c.
Tenggelan terjadi jika massa jenis
benda lebih besar daripada massa jenis cairan
17. Pemanfaatan
gaya archimedes dalam kehidupan sehari-hari adalah kapal laut, kapal selam,
jembatan ponton, hidrometer
18. Mendemontrasikan
adanya tekanan udara
19. Mengukur
tekanan udara pada ketinggian tertentu pada soal yang tersedia.
Contoh
soal :
Di
suatu tempat tekanan udara diukur menggunakan barometer raksa. Jika angka yang
ditunjukkan alat tersebut adalah 70 cm. Hitunglah ketinggian tempat tersebut!
20. Jenis-jenis
alat pengukur tekanan udara adalah
a.
Barometer
b. Manometer
adalah alat untuk mengukur tekanan udara dalam ruang tertutup.
1. Manometer
raksa : manometer raksa terbuka dan manometer raksa tertutup
2. Manometer
logam
21. Penerapan
konsep tekanan udara dalam kehidupan sehari-hari adalah angin, prakiraan cuaca.
G.
Alokasi
Waktu
8
X 40 menit
H.
Strategi
Pembelajaran
1.
Model Pembelajaran :
Cooperative Learning dan Demontrasi
2.
Pendekatan :
Kontekstual
3.
Metode : Diskusi kelompok dan pengamatan
I.
Kegiatan
Pembelajaran
Langkah-langkah kegiatan
a.
Kegiatan Pendahuluan
Ø Mengucapkan
salam (sopan santun)
Ø Ber
do`a sebelum belajar (religius)
Ø Mengabsen
siswa (disiplin)
Ø Apersepsi
: apa yang dimaksud dengan tekanan?
Ø Motivasi
: Menjelaskan tujuan kompetensi yang akan dicapai
b. Kegiatan
inti
Eksplorasi
Ø Guru
memberi pertanyaan tentang tekanan (rasa
ingin tahu)
Ø Guru
membimbing siswa dalam penbentukan kelompok (disiplin, kerjasama)
Elaborasi
Ø Guru
membagikan lembar kerja (rasa ingin tahu)
Ø Guru
menyajikan pelajaran
Ø Guru
memberi tugas
Konfirmasi
Ø Guru
menanggapi hasil kerja/jawaban dari pertanyaan yang diajukan
c.
Kegiatan Penutup
Ø Membuat
kesimpulan bersama dengan peserta didik
Ø Memberi
penghargaan kepada kelompok dengan kinerja terbaik
Ø Memberi
tugas untuk mempelajari materi yang akan datang
Ø Memberi
post test
J.
Sumber
dan Media Belajar
1.
Sumber buku acuan : Buku IPA kelas VIII
2.
Media Pembelajaran : LKS, Proyektor, alat dan bahan yang sesuai
dengan LKS
K.
Penilaian
Indikator pencapaian
|
Teknik penilaian
|
Bentuk instrumen
|
Instrumen
|
Asfek
|
1.
Menjelaskan pengertian tekanan
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Apa
yang dimaksud dengan tekanan?
|
Afektif/c2
|
2.
Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Sebutkan
faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan!
|
Kognitif/c1
|
3.
Menghitung besarnya tekanan pada soal
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jika
diketahui gaya yang bekerja pada sebuah papan adalah 10 N dan luas alasnya
adalah 1 m2.maka tekanan yang bekerja pada papan itu adalah...
|
Aplikasi/c 3
|
4.
Menjelaskan aplikasi konsep tekanan dalam kehidupan
sehari-hari
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan
aplikasi konsep tekanan pada mata kapak!
|
Afektif/c2
|
5.
Menjelaskan Sifat-sifat tekanan dalam zat cair
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Bagaimana
sifat tekanan dalam zat cair?
|
Afektif/c2
|
6.
Menentukan tekanan zat cair pada soal dengan rumus P = p x g x h
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Tentukan
tekanan pada zat cair, jika massa jenis air 1.000 kg/m3. G = 10
m/s2, dan kedalamannya adalah 2 m?
|
Aplikasi/c3
|
7.
Mengamati posisi permukaan zat cair dalam bejana
berhubungan
|
Praktek
|
|||
8.
Menyebutkan pemanfaatan sifat permukaan zat cair yang
selalu mendatar dalam kehidupan sehari-hari
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Sebutkan peristiwa yang memanfaatkan prinsip bejana
berhubungan dalam kehidupan sehari-hari!
|
Kognitif/c1
|
9.
Menyebutkan bunyi hukum Pascal
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Sebutkan
bunyi Hukum Pascal!
|
Kognitif/c1
|
10.
Menyebutkan peralatan yang menggunakan prinsip mesin
penghasil kerja hidrolik
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Sebutkan
peralatan yang mempergunakan prinsip mesin penghasil kerja hidrolik!
|
Kognitif/c1
|
11.
Menghitung besarnya tekanan pada dongkrak hidrolik
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Aplikasi/c3
|
|
12.
Menjelaskan konsep tenggelam, melayang dan terapung
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan
konsep tenggelam, melayang dan terapung!
|
Afektif/c2
|
13.
Menjelaskan pengaruh massa jenis pada peristiwa tenggelam,
melayang dan terapung
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan
pengaruh massa jenis pada peristiwa tenggelam, melayang dan terapung!
|
Afektif/c2
|
14.
Menyebutkan pemanfaatan gaya archimedes dalam kehidupan
sehari-hari
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Sebutkan
pemanfaatan gaya Arcimedes dalam kehidupan sehari-hari!
|
Kognitif/c1
|
15.
Menyebutkan jenis-jenis barometer
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Sebutkan
jenis-jenis barometer!
|
Kognitif/c1
|
16.
Mengukur tekanan udara pada ketinggian tertentu pada soal
yang tersedia.
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Tekanan
udara suatu tempat setelah diukur
dengan barometer adalah 60 cm. Berapakah ketinggian tempat itu?
|
Aplikasi/c3
|
17.
Menjelaskan tekanan gas dalam ruang tertutup
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan
bagaimana kerja manometer terbuka!
|
Afektif/c2
|
18.
Menyebutkan konsep tekanan udara dalam kehidupan
sehari-hari
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Sebutkan
peristiwa yang berhubungan dengan konsep tekanan udara dalam kehidupan
sehari-hari!
|
Kognitif/c1
|
Mantap kontennya, trims
BalasHapuscongrats