PENETAPAN
KKM
Nama
Sekolah : SMPN I Tarogong Kaler
Mata
Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas/Semester : VIII/2
Tahun
Pelajaran : 2014/2015
No
|
Kompetensi dasar dan
Indikator
|
Kriteria Ketuntasan
Minimal
|
Ket
|
|||
Kriteria Penetapan
Ketuntasan
|
Nilai
KKM
|
|||||
Kompleksitas
|
Daya
Dukung
|
Intake
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
Bab
7
|
1. Sistem
transportasi pada tumbuhan
·
Mengidentifikasi jaringan yang berperan dalam
sistem transportasi tumbuhan dengan mengkaji ulang percobaan “ Penyelidikan
Transpor pada tanaman “ pada Bab 3
|
|||||
2.
Darah
·
Mengidentifikasi komponen penyususn darah dengan
menggunakan model tiruan darah
|
||||||
3.
Organ peredaran darah
·
Menghitung denyut nadi
|
||||||
4.
Organ-organ pernafasan pada manusia
·
Mengidentifikasi organ-organ pernafasan pada
manusia
|
||||||
5.
Mekanisme pernafasan pada manusia dan gangguan
pada sistem pernafasan
·
Melakukan percobaan pernafasan dada dan pernafasan
perut
|
||||||
Bab
8
|
1. Sistem
Ekskresi
·
Sistem ekskresi pada manusia
·
Membuat peta konsep mengenai struktur dan fungsi
organ dalam ekskresi
|
|||||
2.
Ginjal
·
Melakukan percobaan penyaringan darah sederhana
·
Mekanisme pengeluaran urine
|
||||||
3.
Kulit, paru-paru dan hati
·
Menjelaskan pengaturan pengeluaran urine dan
keringat
·
Melakukan demostrasi zat yang dikeluarkan dari sistem
pernafasan
|
||||||
4. Gangguan
pada sistem ekskresi
·
Melakukan uji urine
|
||||||
5.
Pola hidup sehat untuk menjaga sistem ekskresi
·
Menyusun pola hidup yang harus dan tidak boleh
dilakukan untuk menjaga kesehatan sistem ekskresi
|
||||||
Bab
9
|
1.
Struktur indera pendengaran
·
Struktur telinga manusia
·
Kerja gendang telinga
·
Percobaan bandul mengenai getaran
|
|||||
2.
Poses mendengar
·
Percobaan gelombang
·
Percobaan terbentuknya bunyi
|
||||||
3.
Bunyi
·
Percobaan proses pendengaran
·
Percobaan bunyi (tinggi, rendah dan kuat, lemah
bunyi)
|
||||||
4.
Resonansi
·
Percobaan resonansi pada ayunan
·
Pemanfaatan pemantulan bunyi
|
||||||
5.
Pemantulan bunyi
·
Percobaan pemantulan bunyi
·
Pemanfaatan pemantulan bunyi
|
||||||
6.
Sistem sonar
·
Melakukan analisis ekolasi pada kelelawar yang memanfaatkan
sistem sonar
·
Pemanfaatan sistem sonar
·
Dampak adanya sistem sonar
|
||||||
Bab
10
|
1. Sifat-sifat
cahaya
·
Mengidentifikasi berbagai sifat cahaya dengan
melakukan berbagai macam percobaan
|
|||||
2. Pembentukan
bayangan pada lensa
·
Menyelesaikan percobaan pembentukan cahaya pada
cermin datar
|
||||||
3. Pembentukan
bayangan pada lensa
·
Menjelaskan sinar-sinar istimewa pada pembiasan
cahaya oleh lensa cembung dan cekung
·
Melukiskan pembentukan bayangan pada lensa dengan
menggunakan diagram sinar istimewa
|
||||||
4. Sistem
penglihatan mata pada manusia (cahaya)
·
Menjelaskan pentingnya cahaya bagi sistem
penglihatan manusia
·
Melakukan percobaan pembentukan bayangan pada
lensa cembung untuk menjelaskan proses pembentukan bayangan pada mata manusia
|
||||||
5. Bagian-bagian
mata dan jalannya cahaya pada mata
·
Mengidentifikasi bagian-bagian mata manusia
·
Menjelaskan dan menyimpulkan proses pembentukan
bayangan pada mata manusia
|
||||||
6. Pemanfaatan
Alat optik
·
Mengidentifikasi berbagai macam alat optik yang
ada di sekitar siswa serta memahami prinsip kerja masing-masing alat optik
|
||||||
Bab
11
|
1. Struktur
bumi dan bencana
·
Mendiskusikan struktur lapisan bumi
|
|||||
2.
Struktur bumi dan bencana
·
Mendiskusikan fenomena gempa bumi
·
Membuat miniatur gunnung berapi
·
Melakukan percobaan untuk membuktikan pengaruh
kekentalan magma terhadap erupsi
sebuah gunung
·
Melakukan simulasi tindakan yang dapat dilakukan
pada saat terjadi gempa bumi
|
||||||
3. Sistem tata surya
·
Membuat model orbit planet
·
Mendiskusikan karakteristik komponen tata surya
·
Mencari informasi tentang planet-planet penyusun
tata surya
|
||||||
4. Sistem
tata surya
·
Mendiskusikan gerak planet pada orbit tata surya
·
Membuat model perbandingan jarak komponen tata
surya
·
Mengamati berbagai fase bulan
|
||||||
5. Sistem
tata surya
·
Mendiskusikan rotasi, revolusi bumi serta
peristiwa yang diakibatkannya
·
Mencari informasi tentang perubahan musim yang
terjadi di bumi bagian utara (BBU) dan bumi bagian selatan (BBS)
|
||||||
Jumlah
KKM
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar