RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
4
Sekolah : SMPN I Tarogong Kaler
Mata Pelajaran : IPA/Fisika
Kelas/Semester : VIII/2
Jumlah Pertemuan : 4
X 40 menit
A.
Standar
Kompetensi
5. Memahami peranan usaha, gaya
dan energi dalam kehidupan sehari-hari
B.
Kompetensi
Dasar
5.4.
Melakukan percobaan tentang pesawat sederhana dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
C.
Indikator
1. Menjelaskan
pengertian pesawat sederhana
2. Menyebutkan
pesawat sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
3. Menjelaskan
prinsip kerja bidang miring
4. Menjelaskan
keuntungan mekanik bidang miring
5. Menyebutkan
contoh pemanfaatan bidang miring dalam kehidupan sehari-hari
6. Menyebutkan
macam-macam tuas
7. Menjelaskan
prinsip kerja tuas
8. Menjelaskan
keuntungan mekanik tuas
9. Menjelaskan
keuntungan mekanik katrol
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui
tanya jawab siswa dapat menjelaskan pengertian pesawat sederhana
2. Melalui
diskusi siswa dapat menyebutkan pesawat sederhana yang sering dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari
3. Melalui
tanya jawab siswa dapat menjelaskan prinsip kerja bidang miring
4. Melalui
diskusi siswa dapat menjelaskan keuntungan mekanik bidang miring
5. Melalui pengamatan siswa dapat menyebutkan contoh
pemanfaatan bidang miring dalam kehidupan sehari-hari
6. Melalui
studi pustaka siswa dapat menyebutkan macam-macam tuas
7. Melalui
tanya jawab siswa dapat menjelaskan prinsip kerja tuas
8. Melalui
pengamatan siswa dapat menjelaskan keuntungan mekanik tuas
9. Melalui
tanya jawab siswa dapat menjelaskan keuntungan mekanik katrol
E.
Karakter
yang diharapkan
1. Disiplin
2. Tekun
3. Tanggung
jawab
4. Teliti
F.
Materi
Ajar
1. Pesawat
sederhana adalah alat-alat yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia
2. Pesawat
sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah bidang
miring, tuas, kantrol dan roda gigi
3. Prinsip
kerja bidang miring adalah sebuah bidang
miring yang digunakan untuk memudahkan memindahkan sebuah benda ke ketinggian
tertentu
4. Keuntungan
mekanik bidang miring adalah s/h atau w/F
5. Contoh
pemanfaatan bidang miring dalam kehidupan sehari-hari adalah tangga, eskalator,
papan yang dibuat miring, jalan di pegunungan, sekrup
6. Sistem kerja tuas ada 3 komponen yaitu : beban,
titik tumpu dan kuasa
7. Macam-macam
tuas
Berfungsi
untuk mengungkit, mencabut atau mengangkat benda yang berat
Tuas jenis pertama
Contoh
: pemotong kuku, gunting, penjepit jemuran, tang,jungkat-jungkit
Tuas
jenis kedua
Contoh
: gerobak roda satu, alat pemotong kertas, pembuka tutup botol
Tuas jenis ketiga
Contoh : sekop, pinset, pancingan,
8. Keuntungan
mekanik tuas adalah :
KM = F x Lk = w x Lb w/F
= Lk/Lb
9. Keuntungan
mekanik katrol
a.
Katrol tunggal tetap adalah w/F = 1
b. Katrol
tunggal bergerak adalah w/F = 2
c.
Katrol takal keuntungan mekaniknya
tergantung jumlah katrol dan tali yang menanggung beban
G.
Alokasi
Waktu
4
X 40 menit
H.
Strategi
Pembelajaran
1. Model
Pembelajaran : Cooperative Learning dan Discovery
2. Pendekatan : Saintific
3. Metode : Diskusi kelompok dan pengamatan
I.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Kesatu dan kedua
Kegiatan
|
Langkah-langkah Model Discovery
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
Stimulation
(simullasi/Pemberian rangsangan
|
-
Mengucapkan salam
-
Berdo`a
-
Menanyakan keadaan peserta didik
(mengabsen)
Guru malakukan pemusatan perhatian :
Apersepsi dengan memberikan pertanyaan
tentang gaya
ü Guru memberikan motivasi kepada peserta
didik dengan memperlihatkan gambar salah satu benda yang termasuk pesawat
sederhana.
ü Guru memancing peserta didik agar mengajukan
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang diperlihatkan tadi.
-
Guru menyampaikan tujuan dan manfaat
mempelajari pesawat sederhana
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Pembahasan
tugas dan identifikasi masalah
|
-
Menyampaikan
informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu kegiatan eksperimen
tentang pesawat sederhana
-
Membagi
peserta didik dalam 8 kelompok
Peserta
didik mengidentifikasi konsep yang harus diperoleh melalui percobaan yang
akan dilakukan
|
50 menit
|
Observasi
|
-
Peserta
didik melakukan percobaan
|
||
Data c
Collection (pengumpulan data)
|
-
Peserta
didik mengamati hasil percobaan dan mencatat data pengamatan pada kolom yang
tersedia pada LK
|
||
Data
Processing (pengolahan Data)
|
- Peserta
didik mengolah dan menganalisis data percobaan untuk mendapatkan konsep tentang pesawat sederhana
|
||
Verifica
Verycation (pembuktian)
|
-
Presentasi
hasil percobaan
-
Diskusi
prinsip-prinsip pesawat sederhana berdasarkan hasil data percobaan dan
mencocokkan dengan konsep pada buku sumber.
|
||
Generalization
(menarik kesimpulan/generalisasi)
|
-
Membuat
kesimpulan tentang jenis dan contoh pesawat sederhana
|
||
Penutup
|
|
-
Peserta
didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
- Guru
memberikan reward pada kelompok yang berkinerja baik
-
Pemberian
tugas untuk mempelajari
|
20 menit
|
J.
Sumber
dan Media Belajar
1. Sumber
buku acuan : Buku IPA kelas VIII
2. Media
Pembelajaran : Proyektor/gambar
3. Alat dan bahan : sesuai dengan LKS
K. Penilaian
No
|
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
Asfek
|
|
Menjelaskan pengertian pesawat
sederhana
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan pengertian pesawat sederhana
|
Afektif/C2
|
|
Menyebutkan
pesawat sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Sebutkan pesawat sederhana yang
sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
|
Kognitif/C1
|
|
Menyebutkan
mekanisme pesawat sedehana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Sebutkan mekanisme pesawat sederhana
yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
|
Kognitif/C1
|
|
Menjelaskan
prinsip kerja bidang miring
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan prinsip kerja bidang miring
|
Afektif/C2
|
|
Menjelaskan
keuntungan mekanik bidang miring
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan keuntungan mekanik bidang
miring
|
Afektif/C2
|
|
Menyebutkan
contoh pemanfaatan bidang miring dalam kehidupan sehari-hari
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Sebutkan contoh pemanfaatan bidang
miring dalam kehidupan sehari-hari
|
Kognitif/C1
|
|
Menyebutkan
macam-macam tuas
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Sebutkan macam-macam tuas
|
Kognitif/C1
|
|
Menjelaskan
prinsip kerja tuas
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan prinsip kerja tuas
|
Afektif/C2
|
|
Menjelaskan
keuntungan mekanik tuas
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan keuntungan mekanik tuas
|
Afektif/C2
|
|
Menjelaskan
keuntungan mekanik katrol tetap
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan keuntungan mekanik katrol
tetap
|
Afektif/C2
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar