Sabtu, 17 Januari 2015

RPP IPA KELAS 8 KURIKULUM 2013





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(1)

                 
  Satuan Pendidikan          : SMP
Sekolah                          : SMPN  I TAROGONG KALER
Mata pelajaran                : IPA
Kelas/Semester               : VIII / 2
Materi Pokok                  : Sistem Transportasi
Sub Materi                      : Sistem Transportasi pada Tumbuhan
Alokasi Waktu                : 1 x TM ( 2 JP)


A.        Kompetensi Inti (KI)
KI.1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung-jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI.3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait dengan fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.         Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1  Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti;cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagaiwujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
2.3   Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari. 
3.8   Memahami tekanan pada zat cair dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari untuk menjelaskan tekanan darah, difusi pada peristiwa respirasi, dan tekanan osmosis
         3.8.1  Mengidentifikasi jaringan yang berperan dalam sistem transportasi tumbuhan
         3.8.2  Mendeskripskan proses transportasi pada tumbuhan
4.8 Melakukan percobaan untuk menyelidiki tekanan cairan pada kedalaman tertentu, gaya apung, kapilaritas (menyelidiki transport cairan dalam batang tumbuhan) dan tekanan cairan pada ruang tertutup


C.         Materi  Pembelajaran
1.       Sistem tansportasi pada Tumbuhan
a)       Jaringan yang berperan dalam proses tansportasi tumbuhan
Jaringan yang berperan dalam proses transportasi tumbuhan adalah xilem dan floem. Xilem berfungsi untuk mengangkut air dan mineral dari tanah ke daun sedangkan floem berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis dri daun ke seluruh tubuh tumbuhan. Xilem dan floem yang ada di akar bersambungan dengan xilem dan floem pada seluruh bagian tubuh tumbuhan.
b)       Proses tansportasi air dan hasil fotosintesi pada tumbuhan
1.       Transportasi air dan mineral
Pertama-tama air diserap oleh rambut-rambut akar. Kemudian, air dn mineral akan masuk ke sel epidermis melalui proses osmosis. Selanjutnya, air dan mineral akan melewati korteks. Dari korteks air kemudian melewati endodermis dan perisikel. Selanjutnya air masuk ke jaringan xilem yang berada di akar. Setelah tiba di xilem akar air dan mineral bergerak ke xilem batang serta ke xilem daun.
Transportasi air
  Epidermis          Korteks             endodermis              perisikel                 xilem
2.       Transportasi hasil fotosintesis
Perjalanan zat-zat hasil fotosintesis dimulai dari tempat terjadinya fotosintesis misalnya daun yakni daerah yang memilki konsentrasi gula tinggi ke bagian tanaman lain yang memiliki konsentrasi gula rendah.         
c)       Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi proses transportasi pada tumbuhan adalah :
1.       Tekanan akar
Tekanan akar ini terjadi jika proses transpirasi tumbuhan tidak terjadi (bisa terjadi tapi dalam jumlah sangat kecil), misalnya pada malam hari. Pada kondisi ini sel-sel akar terus memompakan ion-ion mineral ke dalam stele. Sementara itu, endodermis membantu mencegah ion-ion tersebut bocor ke kuar. Akumulasi mineral-mineral yang terjadi akan menurunkan potensial air di dalam stele. Air yang masuk dari Korteks akar menghasilkan tekanan akar.
2.       Daya kapilaritas batang
Sifat ini seperti terdapat pada pipa kapliler.
3.       Daya isap daun


D.        Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 
Pertemuan Kesatu
Kegiatan
Langkah-langkah Model Discovery
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
Stimulation (simullasi/Pemberian rangsangan )

-      Mengucapkan salam
-      Berdo`a
-      Menanyakan keadaan peserta didik (mengabsen)
-      Guru malakukan pemusatan perhatian :
Apersepsi dengan memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan penyelidikan transport pada tumbuhan (pada bab 3) yaitu :    “Jaringan apa saja yang berperan dalam sistem pengangkutan pada tumbuhan”?
ü  Guru memberikan motivasi kepada peserta didik dengan memperlihatkan gambar tumbuhan  
ü  Guru memancing peserta didik agar mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan gambar tumbuhan  yang diperlihatkan tadi.
-      Guru menyampaikan tujuan dan manfaat mempelajari sistem transportasi pada tumbuhan

10 menit
Kegiatan Inti
Pembahasan tugas dan identifikasi masalah
-      Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu mengidentifikasi jaringan yang berperan dalam sistem transportasi tumbuhan  dengan mengkaji ulang percobaan “ Penyelidikan Transport pada Tanaman “ pada “Ayo kita coba “ pada Bab 3 dan menjawab pertanyaan pada bagian “ Ayo Kita Diskusikan”
-      Membagi peserta didik dalam 8 kelompok
-      Peserta didik mengidentifikasi konsep yang harus diperoleh melalui diskusi yang akan dilakukan
50 menit
Observasi
-    Peserta didik melakukan diskusi tentang “Penyelidikan Transport pada tanaman” dan “Ayo Kita Diskusikan “.
Data collection (pengumpulan data)

-    Peserta didik  mencatat hasil diskusi
Data processing (pengolahan Data)

-    Peserta didik mengolah dan menganalisis data untuk mendapatkan konsep tentang mekanisme transportasi air dan nutrisi pada tumbuhan
Verification (pembuktian)

-    Presentasi hasil diskusi
-    Diskusi prinsip-prinsip sistem transportasi pada tumbuhan (bagaimana proses pengangkutan dapat terjadi pada tumbuhan yang sangat tinggi) dan mencocokkan dengan konsep pada buku sumber.
Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)

-    Membuat kesimpulan tentang sistem transportasi pada tumbuhan.
Penutup

-    Peserta didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
-    Guru memberikan reward pada kelompok yang berkinerja baik
-    Pemberian tugas untuk mempelajari transportasi pada manusia
20     enit

E.       Penilaian
1. Jenis/teknik penilaian

Jenis/teknik
Bentuk instrumen
·       Sikap
·          Lembar pengamatan sikap dan rubrik
·         Lembar penilaian antar peserta didik
·         jurnal
·         Pengetahuan 
·         Tes pilihan ganda
·         Keterampilan



1.       Instrumen
               Lembar pengamatan sikap
               
-          Lembar penilaian sikap pada kegiatan diskusi

NO
Peserta didik
Kerjasama
Toleran
Proaktif
Jumlah skor
1





2





3






Keterangan : Cara pengisian lembar penilaian sikap adalah dengan memberikan skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama kegiatan yaitu:.
Skor 1, jika tidak pernah berperilaku dalam kegiatan
Skor 2, jika kadang-kadang berperilaku dalam kegiatan
Skor 3,jika sering berperilaku dalam kegiatan
Skor 4, jika selalu berperilaku dalam kegiatan
       Penilaian sikap untuk setiap peserta didik dapat menggunakan rumus dan predikat berikut :
                      Jumlah Skor                                                    
       Nilai = -------------------------  x 100
                     Jumlah siswa
Predikat
Nilai
Sangat Baik (A)
80 -  100
Baik (B)
70 - 79
Cukup (C)
60 - 69
Kurang ( K )
< 60


      
-          Penilaian antar peserta didik
Petunjuk :
1.       Amatilah perilaku temanmu dengan cermat selama mengikuti diskusi!
2.       Berilah tanda (v) pada kolom yang tersedia apada kolom yang sesuai (ya atau tidak) secara jujur berdasarkan hasil pengamatanmu!
3.       Serahkan hasil pengamatanmu kepada bapak/ibu guru!

Nama penilai                                                :................................
Nama peserta didik yang dinilai               :................................
Kelas                                                             :................................
Mata pelajaran                                            :................................
Waktu pengamatan                                    :................................


No
Perilaku/sikap
Muncul/dilakukan
Ya
Tidak
1
Mau menerima pendapat teman


2
Memaksa teman untuk menerima pendapatnya


3
Memberi solusi terhadap pendapat yang bertentangan


4
Dapat bekerja sama dengan teman yang berbeda status sosial, agama dan suku






Keterangan
·         Indikator perilaku/sikap pada instrumen tersebut diatas ada pada positif ( no 1, 3 dan 4) dan ada yang negatif (no 2).
·         Pemberian skor untuk perilaku positif : ya = 1, tidak = 0
·         Perilaku untuk yang negatif yaitu: ya = 0, tidak = 1

Rekapitulasi skor
No
Nama
Pengamat
Skor perilaku/sikap
Skor peserta
Nilai sikap
Kriteria
1
2
3
4





























































Keterangan
·         Jumlah skor maksimal = jumlah pernyataan
·         Nilai sikap = (skor perolehan : skor maksimal) x 4


                                Kriteria
Predikat
Nilai
Sangat baik (A)
3,20 – 4,00
Baik (B)
2,80 – 3,19
Cukup (C)
2,40 – 2,79
Kurang (K)
< 2,40



JURNAL
Asfek yang diamati :...................................................
Nama Peserta Didik :...........................
Kejadian :.............................................................
Nomor Peserta Didik :.....................................
Tanggal :.....................................................


Catatan Pengamatan Guru............................................................................................















Pedoman umum penskoran jurnal: sama dengan penilaian sikap
Instrumen test tertulis

Indikator soal
1.       Peserta didik dapat menyebutkan jaringan yang berperan dalam proses transportasi tumbuhan
2.       Peserta didik dapat menyebutkan jalur transportasi air pada tumbuhan
3.       Peserta didik dapat menjelaskan perjalanan transportasi nutrisi pada tumbuhan
4.       Peserta didik dapat menyebutkan faktor-faktor yang dapat membantu terjadinya transportasi pada tumbuhan



Esai
1.     Sebutkan jaringan yang berperan dalam proses transportasi pada tumbuhan!
2.     Sebutkan jalur transportasi air pada tumbuhan!
3.     Jelaskan perjalanan transportasi nutrisi pada tumbuhan !
4.     Sebutkan faktor-faktor tang dapat membantu proses transportasi pada tumbuhan!

Jawaban
1.     xilem dan floem
2.     Transportasi air
  Epidermis          Korteks             endodermis              perisikel                 xilem
3.Daerah yang memilki konsentrasi gula tinggi ke bagian tanaman lain yang memiliki konsentrasi gula rendah.
4. tekanan akar, daya kapilaritas batang dan daya isap daun.

Skor
1.nilai 2
2. nilai 5
3. nilai 2
4. nilai 3
                                 

F .Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.  Media                      :  Notebook, Proyektor (in focus).
2.  Alat/Bahan              : -

3.  Sumber Belajar
1.       Buku siswa IPA kelas VIII Semester 1, Puskurbuk 2013
2.       LK  Sistem Transportasi pada Tumbuhan “ Ayo kita diskusikan”










1 komentar: