RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(1)
Satuan Pendidikan : SMP
Sekolah
: SMPN I TAROGONG KALER
Mata pelajaran
: IPA
Kelas/Semester
: VIII / 2
Materi Pokok
: Sistem
Transportasi
Sub Materi :
Sistem Transportasi pada Tumbuhan
Alokasi Waktu
: 1 x TM ( 2 JP)
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI.1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung-jawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI.3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya
terkait dengan fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik
dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan
serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti;cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagaiwujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung
jawab dalam aktivitas sehari-hari.
3.8
Memahami tekanan pada zat cair dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari untuk menjelaskan tekanan darah, difusi pada peristiwa respirasi,
dan tekanan osmosis
3.8.1 Mengidentifikasi jaringan
yang berperan dalam sistem transportasi tumbuhan
3.8.2 Mendeskripskan proses
transportasi pada tumbuhan
4.8 Melakukan percobaan untuk menyelidiki
tekanan cairan pada kedalaman tertentu, gaya apung, kapilaritas (menyelidiki
transport cairan dalam batang tumbuhan) dan tekanan cairan pada ruang tertutup
C.
Materi
Pembelajaran
1. Sistem tansportasi pada Tumbuhan
a) Jaringan yang berperan dalam proses
tansportasi tumbuhan
Jaringan yang berperan dalam proses
transportasi tumbuhan adalah xilem dan floem.
Xilem berfungsi untuk mengangkut air dan mineral dari tanah ke daun sedangkan
floem berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis dri daun ke seluruh tubuh
tumbuhan. Xilem dan floem yang ada di akar bersambungan dengan xilem dan floem
pada seluruh bagian tubuh tumbuhan.
b) Proses tansportasi air dan hasil fotosintesi
pada tumbuhan
1. Transportasi air dan mineral
Pertama-tama air diserap oleh rambut-rambut
akar. Kemudian, air dn mineral akan masuk ke sel epidermis melalui proses
osmosis. Selanjutnya, air dan mineral akan melewati korteks. Dari korteks air
kemudian melewati endodermis dan perisikel. Selanjutnya air masuk ke jaringan
xilem yang berada di akar. Setelah tiba di xilem akar air dan mineral bergerak
ke xilem batang serta ke xilem daun.
Transportasi air
Epidermis Korteks endodermis perisikel xilem
2. Transportasi hasil fotosintesis
Perjalanan zat-zat hasil fotosintesis dimulai
dari tempat terjadinya fotosintesis misalnya daun yakni daerah yang memilki
konsentrasi gula tinggi ke bagian tanaman lain yang memiliki konsentrasi gula
rendah.
c) Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi
proses transportasi pada tumbuhan adalah :
1. Tekanan akar
Tekanan akar ini
terjadi jika proses transpirasi tumbuhan tidak terjadi (bisa terjadi tapi dalam
jumlah sangat kecil), misalnya pada malam hari. Pada kondisi ini sel-sel akar
terus memompakan ion-ion mineral ke dalam stele. Sementara itu, endodermis
membantu mencegah ion-ion tersebut bocor ke kuar. Akumulasi mineral-mineral yang
terjadi akan menurunkan potensial air di dalam stele. Air yang masuk dari
Korteks akar menghasilkan tekanan akar.
2. Daya kapilaritas batang
Sifat ini seperti
terdapat pada pipa kapliler.
3. Daya isap daun
D.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesatu
Kegiatan
|
Langkah-langkah Model Discovery
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
Stimulation
(simullasi/Pemberian rangsangan )
|
-
Mengucapkan salam
-
Berdo`a
-
Menanyakan keadaan peserta didik
(mengabsen)
-
Guru malakukan pemusatan perhatian :
Apersepsi
dengan memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan penyelidikan transport
pada tumbuhan (pada bab 3) yaitu : “Jaringan apa saja yang berperan dalam
sistem pengangkutan pada tumbuhan”?
ü Guru memberikan motivasi kepada peserta
didik dengan memperlihatkan gambar tumbuhan
ü Guru memancing peserta didik agar mengajukan
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar tumbuhan yang diperlihatkan tadi.
-
Guru menyampaikan tujuan dan manfaat
mempelajari sistem transportasi pada tumbuhan
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Pembahasan
tugas dan identifikasi masalah
|
-
Menyampaikan
informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu mengidentifikasi
jaringan yang berperan dalam sistem transportasi tumbuhan dengan mengkaji ulang percobaan “
Penyelidikan Transport pada Tanaman “ pada “Ayo kita coba “ pada Bab 3 dan
menjawab pertanyaan pada bagian “ Ayo Kita Diskusikan”
-
Membagi
peserta didik dalam 8 kelompok
-
Peserta
didik mengidentifikasi konsep yang harus diperoleh melalui diskusi yang akan
dilakukan
|
50
menit
|
Observasi
|
-
Peserta
didik melakukan diskusi tentang “Penyelidikan Transport pada tanaman” dan
“Ayo Kita Diskusikan “.
|
||
Data collection (pengumpulan data)
|
-
Peserta
didik mencatat hasil diskusi
|
||
Data processing (pengolahan Data)
|
-
Peserta
didik mengolah dan menganalisis data untuk mendapatkan konsep tentang
mekanisme transportasi air dan nutrisi pada tumbuhan
|
||
Verification (pembuktian)
|
-
Presentasi
hasil diskusi
-
Diskusi
prinsip-prinsip sistem transportasi pada tumbuhan (bagaimana proses
pengangkutan dapat terjadi pada tumbuhan yang sangat tinggi) dan mencocokkan
dengan konsep pada buku sumber.
|
||
Generalization
(menarik kesimpulan/generalisasi)
|
-
Membuat
kesimpulan tentang sistem transportasi pada tumbuhan.
|
||
Penutup
|
-
Peserta
didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
-
Guru
memberikan reward pada kelompok yang berkinerja baik
-
Pemberian
tugas untuk mempelajari transportasi pada manusia
|
20 enit
|
E. Penilaian
1.
Jenis/teknik penilaian
Jenis/teknik
|
Bentuk instrumen
|
· Sikap
|
·
Lembar pengamatan sikap dan rubrik
·
Lembar
penilaian antar peserta didik
·
jurnal
|
·
Pengetahuan
|
·
Tes
pilihan ganda
|
·
Keterampilan
|
1. Instrumen
Lembar pengamatan sikap
-
Lembar penilaian
sikap pada kegiatan diskusi
NO
|
Peserta
didik
|
Kerjasama
|
Toleran
|
Proaktif
|
Jumlah
skor
|
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
Keterangan
: Cara pengisian lembar penilaian sikap adalah dengan
memberikan skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik
selama kegiatan yaitu:.
Skor 1, jika tidak pernah berperilaku dalam kegiatan
Skor 2, jika kadang-kadang berperilaku dalam kegiatan
Skor 3,jika sering berperilaku dalam kegiatan
Skor 4, jika selalu berperilaku dalam kegiatan
Penilaian sikap untuk setiap peserta didik dapat menggunakan
rumus dan predikat berikut :
Jumlah Skor
Nilai = ------------------------- x 100
Jumlah siswa
Predikat
|
Nilai
|
Sangat
Baik (A)
|
80 - 100
|
Baik (B)
|
70 - 79
|
Cukup (C)
|
60 - 69
|
Kurang ( K
)
|
< 60
|
-
Penilaian antar peserta didik
Petunjuk :
1.
Amatilah perilaku
temanmu dengan cermat selama mengikuti diskusi!
2.
Berilah tanda (v)
pada kolom yang tersedia apada kolom yang sesuai (ya atau tidak) secara jujur
berdasarkan hasil pengamatanmu!
3.
Serahkan hasil pengamatanmu
kepada bapak/ibu guru!
Nama penilai :................................
Nama peserta didik yang dinilai :................................
Kelas :................................
Mata pelajaran :................................
Waktu pengamatan :................................
No
|
Perilaku/sikap
|
Muncul/dilakukan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Mau menerima pendapat teman
|
||
2
|
Memaksa teman untuk menerima pendapatnya
|
||
3
|
Memberi solusi terhadap pendapat yang bertentangan
|
||
4
|
Dapat bekerja sama dengan teman yang berbeda status sosial, agama dan
suku
|
Keterangan
·
Indikator
perilaku/sikap pada instrumen tersebut diatas ada pada positif ( no 1, 3 dan 4)
dan ada yang negatif (no 2).
·
Pemberian skor untuk perilaku positif : ya =
1, tidak = 0
·
Perilaku untuk
yang negatif yaitu: ya = 0, tidak = 1
Rekapitulasi skor
No
|
Nama
|
Pengamat
|
Skor perilaku/sikap
|
Skor peserta
|
Nilai sikap
|
Kriteria
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||||
Keterangan
·
Jumlah skor maksimal
= jumlah pernyataan
·
Nilai
sikap = (skor perolehan : skor maksimal) x 4
Kriteria
Predikat
|
Nilai
|
Sangat baik (A)
|
3,20 – 4,00
|
Baik (B)
|
2,80 – 3,19
|
Cukup (C)
|
2,40 – 2,79
|
Kurang (K)
|
< 2,40
|
JURNAL
Asfek yang diamati :...................................................
|
Nama Peserta Didik :...........................
|
Kejadian
:.............................................................
|
Nomor Peserta Didik
:.....................................
|
Tanggal :.....................................................
|
|
Catatan Pengamatan
Guru............................................................................................
|
Pedoman umum penskoran jurnal: sama dengan penilaian sikap
Instrumen test tertulis
Indikator soal
1. Peserta
didik dapat menyebutkan jaringan yang berperan dalam proses transportasi
tumbuhan
2. Peserta
didik dapat menyebutkan jalur transportasi air pada tumbuhan
3. Peserta
didik dapat menjelaskan perjalanan transportasi nutrisi pada tumbuhan
4. Peserta
didik dapat menyebutkan faktor-faktor yang dapat membantu terjadinya
transportasi pada tumbuhan
Esai
1. Sebutkan
jaringan yang berperan dalam proses transportasi pada tumbuhan!
2. Sebutkan
jalur transportasi air pada tumbuhan!
3. Jelaskan
perjalanan transportasi nutrisi pada tumbuhan !
4. Sebutkan
faktor-faktor tang dapat membantu proses transportasi pada tumbuhan!
Jawaban
1. xilem dan floem
2. Transportasi air
Epidermis Korteks endodermis perisikel xilem
3.Daerah yang memilki konsentrasi gula
tinggi ke bagian tanaman lain yang memiliki konsentrasi gula rendah.
4. tekanan akar, daya kapilaritas
batang dan daya isap daun.
Skor
1.nilai 2
2. nilai 5
3. nilai 2
4. nilai 3
F .Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media : Notebook, Proyektor (in focus).
2. Alat/Bahan :
-
3. Sumber Belajar
1. Buku siswa IPA kelas VIII Semester 1,
Puskurbuk 2013
2. LK
Sistem Transportasi pada Tumbuhan “ Ayo kita diskusikan”
cara downloadnya gimana
BalasHapus