Sabtu, 17 Januari 2015

RPP IPA KELAS 8 KURIKULUM 2013





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(2) 

  
Sekolah                         : SMPN  I TAROGONG KALER
Mata pelajaran             : IPA
Kelas/Semester            : VIII / 2
Materi Pokok               : Sistem Tansportasi
Sub Materi                    : Darah
Alokasi Waktu              : 1 x TM ( 3JP)


A.      Kompetensi Inti (KI)
KI.1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung-jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI.3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait dengan fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4. Mencoba, mengolah, danmenyajidalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1  Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti;cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagaiwujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
2.3   Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari. 
3.8   Memahami tekanan pada zat cair dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari untuk menjelaskan tekanan darah, difusi pada peristiwa respirasi, dan tekanan osmosis
          3.8.3 Mendeskripsikan sel darah
4.8  Melakukan percobaan untuk menyelidiki tekanan cairan pada kedalaman tertentu, gaya apung, kapilaritas (menyelidiki cairan dalam batang tumbuhan) dan tekanan cairan pada ruang tertentu

C.         Materi  Pembelajaran
1.       Tansportasi pada manusia
a.     Komponen darah
Darah tersusun atas plasma, sel darah merah, sel darah putih, dan keping-keping darah. Kurang lebih 55 % bagian dari darah adalah plasma darah.
1.       Sel darah merah (eritrosit)
Eritrosit berbentuk bulat pipih dengan bagian tengahnya cekung (bikonkaf). Sel darah merah tidak memiliki inti. Eritrosit berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke sel-sel seluruh tubuh.
2.       Sel darah putih (leukosit)
Sel darah putih memiliki bentuk yang tidak tetap atau bersifat amuboid dan mempunyai inti sel. Fungsi utama dari sel darah putih adalah melawan kuman/bibit penyakit yang masuk ke dalam tubuh dan membentuk antibodi.
Berdasarkan ada tidaknya butir-butir kasar (granula) dalam sitoplasma, leukosit dapat dibedakan menjadi granulosit dan agranulosit. Leukosit jenis granulosit terdiri atas eosinofil, basofil dan netrofil. Agranulosit terdiri atas limfosit dan monosit.
3.       Keping darah (trombosit)
Bentuk trombosit beraneka ragam, yaitu bulat, oval dan memanjang. Trombosit tidak berinti dan bergranula. Keping darah sangat berhubungan dengan proses mengeringnya luka, sehingga tidak heran jika ada yang menyebut keping darah dengan sel darah pembeku.
4.       Plasma darah
Plasma darah merupakan cairan darah yang sebagian besar terdiri atas air (92 %).
Terdiri atas serum dan fibrinogen.

b.       Fungsi darah
1)         Menjaga kestabilan suhu tubuh
2)         Sistem kekebalan tubuh
3)         Alat transportasi nutrisi dan metabolisme
4)         Alat transportasi Oksigen/O2



D.        Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 
Pertemuan Kedua
Kegiatan
Langkah-langkah Model Discovery
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
Stimulation (simullasi/Pemberian rangsangan

-      Mengucapkan salam
-      Berdo`a
-      Menanyakan keadaan peserta didik (mengabsen)
-      Guru melakukan pemusatan perhatian :
Apersepsi dengan memberikan pertanyaan sebagai berikut.
-          Pernahkah bagian tubuhmu terluka, misalnya terkena benda tajam seperti pisau atau paku atau terjatuh?
-          Apakah bagian tubuh yang terluka tersebut mengeluarkan sesuatu? Apa warnanya?
-          Tahukah kamu apakah nama cairan yang dikeluarkan oleh bagian tubuh tersebut?
ü  Guru memberikan motivasi kepada peserta didik dengan memperlihatkan gambar macam-macam sel darah  
ü  Guru memancing peserta didik agar mengajukan pertanyaan dari gambar  yang diperlihatkan tadi.
-      Guru menyampaikan tujuan dan manfaat mempelajari sistem peredaran darah pada manusia

10 menit
Kegiatan Inti
Pembahasan tugas dan identifikasi masalah
-      Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu percobaan yang berjudul “ Komponen penyusun darah “ pada bagian “Ayo kita lakukan” serta mendiskusikan pertanyaan pada kegiatan “Ayo kita diskusikan “
-      Membagi peserta didik dalam 8 kelompok
-      Peserta didik mengidentifikasi konsep yang harus diperoleh melalui percobaan yang akan dilakukan
90 menit
Observasi
-    Peserta didik melakukan percobaan “Komponen penyusun darah”
Data collection (pengumpulan data)

-    Peserta didik mengamati hasil percobaan dan mencatat data hasil percobaan
Data processing (pengolahan Data)

-    Peserta didik mengolah dan menganalisis data percobaan dan menjawab pertanyaan pada kegiatan “Ayo kita diskusikan”
Verification (pembuktian)

-    Presentasi hasil percobaan
-    Diskusi komponen-komponen darah  berdasarkan hasil data percobaan serta diskusi  dan  mencocokkan dengan konsep pada buku sumber.
Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)

-    Membuat kesimpulan tentang komponen-komponen darah dan fungsi darah
Penutup

-    Peserta didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
-    Guru memberikan reward pada kelompok yang berkinerja baik
-    Pemberian tugas untuk mempelajari alat transportasi manusia
20 menit

E.       Penilaian
Jenis/teknik penilaian

Jenis/teknik
Bentuk instrumen
·         Sikap
·          Lembar pengamatan sikap dan rubrik
·         Lembar penilaian antar peserta didik
·         jurnal
·         Pengetahuan 
·         Tes pilihan ganda
·         Keterampilan
·         Tes praktik


1.       Instrumen
Lembar pengamatan sikap
-          Lembar penilaian sikap pada kegiatan praktikum
No
Nama peserta didik
Disiplin
Teliti
Hati-hati
Jumlah skor
1





2





3





               
-          Lembar penilaian sikap pada kegiatan diskusi

NO
Peserta didik
Kerjasama
Toleran
Proaktif
Jumlah skor
1





2





3






Keterangan : Cara pengisian lembar penilaian sikap adalah dengan memberikan skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama kegiatan yaitu:.
Skor 1, jika tidak pernah berperilaku dalam kegiatan
Skor 2, jika kadang-kadang berperilaku dalam kegiatan
Skor 3,jika sering berperilaku dalam kegiatan
Skor 4, jika selalu berperilaku dalam kegiatan
       Penilaian sikap untuk setiap peserta didik dapat menggunakan rumus dan predikat berikut :
                      Jumlah Skor                                                    
       Nilai = -------------------------  x 100
                     Jumlah siswa
Predikat
Nilai
Sangat Baik (A)
80 -  100
Baik (B)
70 - 79
Cukup (C)
60 - 69
Kurang ( K )
< 60



      
Penilaian antar peserta didik
Petunjuk :
1.       Amatilah perilaku temanmu dengan cermat selama mengikuti diskusi!
2.       Berilah tanda (v) pada kolom yang tersedia apada kolom yang sesuai (ya atau tidak) secara jujur berdasarkan hasil pengamatanmu!
3.       Serahkan hasil pengamatanmu kepada bapak/ibu guru!

Nama penilai                                                :................................
Nama peserta didik yang dinilai               :................................
Kelas                                                             :................................
Mata pelajaran                                            :................................
Waktu pengamatan                                    :................................


No
Perilaku/sikap
Muncul/dilakukan
Ya
Tidak
1
Mau menerima pendapat teman


2
Memaksa teman untuk menerima pendapatnya


3
Memberi solusi terhadap pendapat yang bertentangan


4
Dapat bekerja sama dengan teman yang berbeda status sosial, agama dan suku



Keterangan
·         Indikator perilaku/sikap pada instrumen tersebut diatas ada pada positif ( no 1, 3 dan 4) dan ada yang negatif (no 2).
·         Pemberian skor untuk perilaku positif : ya = 1, tidak = 0
·         Perilaku untuk yang negatif yaitu: ya = 0, tidak = 1

Rekapitulasi skor
No
Nama
Pengamat
Skor perilaku/sikap
Skor peserta
Nilai sikap
Kriteria
1
2
3
4





























































Keterangan
·         Jumlah skor maksimal = jumlah pernyataan
·         Nilai sikap = (skor perolehan : skor maksimal) x 4


                                Kriteria
Predikat
Nilai
Sangat baik (A)
3,20 – 4,00
Baik (B)
2,80 – 3,19
Cukup (C)
2,40 – 2,79
Kurang (K)
< 2,40


4.       Lembar pengamatan keterampilan praktikum
Penilaian keterampilan praktikum uji makanan
No
Nama Peserta Didik
Persiapan percobaan
Pelaksanaan Percobaan
Kegiatan Akhir percobaan
Jumlah skor
1





2












                     Rubrik

no
Keterampilan yang dinilai
Skor
Rubrik

1.
Persiapan percobaan (menyiapkan alat dan bahan)
30
-Alat-alat tertata rapi sesuai dengan urutan percobaan
-Bahan-bahan tersedia di gelas kimia dengan urutan yang sama
-Alat praktikum dalam keadaan siap pakai
-Tersedia air untuk membilas alat dan tisu

20
-Ada tiga aspek yang tersedia

10
-Ada dua aspek yang tersedia

2
Pelaksanaan percobaan
30
-Mencuci alat-alat sebelum praktikum
-Merakit alat dengan benar
-Melakukan proses uji makanan sesuai dengan prosedur yang benar
-Mencatat data sesuai dengan fakta yang diamati

20
-Ada tiga aspek yang tersedia

10
-Ada dua aspek yang tersedia

3
Kegiatan akhir percobaan
30
-Membuang larutan atau sampah ke tempatnya
-Membersihkan alat dengan baik
-Membersihkan meja praktikum
-Mengembalikan alat ke tempat semula

20
-Ada tiga aspek yang tersedia

10
-Ada dua aspek yang tersedia

JURNAL
Asfek yang diamati :...................................................
Nama Peserta Didik :...........................
Kejadian :.............................................................
Nomor Peserta Didik :.....................................
Tanggal :.....................................................


Catatan Pengamatan Guru............................................................................................





















Pedoman umum penskoran jurnal: sama dengan penilaian sikap
Instrumen test tertulis

Indikator soal Pilihan Ganda
1.       Dapat menentukan pernyataan yang bukan merupakan fungsi darah pada manusia
2.       Dapat menentukan faktor yang ditunjuk dari diagram proses pembekuan darah
3.       Dapat menyebutkan ciri-ciri dari salah satu sel darah


         Pilihan Ganda
1.          Berikut ini yang bukan merupakan fungsi darah adalah...
a.          Mengangkut O2 dan CO2
b.         Menyembuhkan luka
c.          Memungkinkan proses pembekuan darah
d.         Mengangkut sari-sari makanan
2.          Perhatikan diagram proses pembekuan darah di bawah ini!
                            Mengeluarkan
Luka                                                                                         X 
Trombosit pecah
                                                                   
                                                                Ion Ca & Vit. K
        Y                           Trombin
                                                                                           

       Fibrinogen                                                           Benang-benang fibrin (luka tertutup)

Berdasarkan diagram di atas, X dan Y secara berturut-turut adalah...
a.          Fibrinogen dan trombokinase/tromboplastin
b.         Trombokinase/tromboplastin dan fibrinogen
c.          Trombokinase/tromboplastin dan protrombin
d.         Trombokinase/tromboplastin dan fibrin
3.          Ciri-ciri sel darah merah adalah...
a.        Bentuk biconcaf, tidak mempunyai inti
b.       Bentuk beragam, tidak mempunyai inti
c.       Merupakan cairan darah yang sebagian terdiri atas air
d.       Bentuk tidak tetap atau amuboid, mempunyai inti sel

                           
Pedoman penilaiaan : setiap jawaban yang benar mendapat nilai  1                               

F.         Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.  Media                      :  Notebook, Proyektor (in focus).
2.  Alat/Bahan              :
       a.  5 ml minyak goreng
       b. tabung reaksi
       c. gelas ukur
       d. pewarna kue ( dalam bentuk cairan)
3.  Sumber Belajar
1)         Buku siswa IPA kelas VIII Semester 1
2)         LK  “ Model Tiruan Darah”



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar