RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(2)
Sekolah
: SMPN I TAROGONG KALER
Mata pelajaran
: IPA
Kelas/Semester
: VIII / 2
Materi Pokok
: Sistem Tansportasi
Sub Materi :
Darah
Alokasi Waktu
: 1 x TM ( 3JP)
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI.1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung-jawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
KI.3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya
terkait dengan fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4.
Mencoba, mengolah, danmenyajidalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik
dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan
serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti;cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagaiwujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung
jawab dalam aktivitas sehari-hari.
3.8
Memahami tekanan pada zat cair dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari untuk menjelaskan tekanan darah, difusi pada peristiwa respirasi,
dan tekanan osmosis
3.8.3 Mendeskripsikan sel darah
4.8
Melakukan percobaan untuk menyelidiki tekanan cairan pada kedalaman
tertentu, gaya apung, kapilaritas (menyelidiki cairan dalam batang tumbuhan)
dan tekanan cairan pada ruang tertentu
C.
Materi
Pembelajaran
1. Tansportasi pada manusia
a. Komponen darah
Darah tersusun atas plasma, sel
darah merah, sel darah putih, dan keping-keping darah. Kurang lebih 55 % bagian
dari darah adalah plasma darah.
1. Sel darah merah (eritrosit)
Eritrosit berbentuk bulat pipih dengan bagian
tengahnya cekung (bikonkaf). Sel darah merah tidak memiliki inti. Eritrosit
berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke sel-sel seluruh tubuh.
2. Sel darah putih (leukosit)
Sel darah putih memiliki bentuk yang tidak
tetap atau bersifat amuboid dan mempunyai inti sel. Fungsi utama dari sel darah
putih adalah melawan kuman/bibit penyakit yang masuk ke dalam tubuh dan
membentuk antibodi.
Berdasarkan ada tidaknya butir-butir kasar
(granula) dalam sitoplasma, leukosit dapat dibedakan menjadi granulosit dan
agranulosit. Leukosit jenis granulosit terdiri atas eosinofil, basofil dan
netrofil. Agranulosit terdiri atas limfosit dan monosit.
3. Keping darah (trombosit)
Bentuk trombosit beraneka ragam, yaitu bulat,
oval dan memanjang. Trombosit tidak berinti dan bergranula. Keping darah sangat
berhubungan dengan proses mengeringnya luka, sehingga tidak heran jika ada yang
menyebut keping darah dengan sel darah pembeku.
4. Plasma darah
Plasma darah merupakan cairan darah yang
sebagian besar terdiri atas air (92 %).
Terdiri atas serum dan fibrinogen.
b. Fungsi darah
1)
Menjaga
kestabilan suhu tubuh
2)
Sistem
kekebalan tubuh
3)
Alat
transportasi nutrisi dan metabolisme
4)
Alat
transportasi Oksigen/O2
D.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedua
Kegiatan
|
Langkah-langkah Model Discovery
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
Stimulation
(simullasi/Pemberian rangsangan
|
-
Mengucapkan salam
-
Berdo`a
-
Menanyakan keadaan peserta didik
(mengabsen)
-
Guru melakukan pemusatan perhatian :
Apersepsi
dengan memberikan pertanyaan sebagai berikut.
-
Pernahkah bagian tubuhmu terluka,
misalnya terkena benda tajam seperti pisau atau paku atau terjatuh?
-
Apakah bagian tubuh yang terluka
tersebut mengeluarkan sesuatu? Apa warnanya?
-
Tahukah kamu apakah nama cairan yang
dikeluarkan oleh bagian tubuh tersebut?
ü Guru memberikan motivasi kepada peserta
didik dengan memperlihatkan gambar macam-macam sel darah
ü Guru memancing peserta didik agar mengajukan
pertanyaan dari gambar yang
diperlihatkan tadi.
-
Guru menyampaikan tujuan dan manfaat
mempelajari sistem peredaran darah pada manusia
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Pembahasan
tugas dan identifikasi masalah
|
-
Menyampaikan
informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu percobaan yang berjudul “
Komponen penyusun darah “ pada bagian “Ayo kita lakukan” serta mendiskusikan
pertanyaan pada kegiatan “Ayo kita diskusikan “
-
Membagi
peserta didik dalam 8 kelompok
-
Peserta
didik mengidentifikasi konsep yang harus diperoleh melalui percobaan yang
akan dilakukan
|
90
menit
|
Observasi
|
-
Peserta
didik melakukan percobaan “Komponen penyusun darah”
|
||
Data collection (pengumpulan data)
|
-
Peserta
didik mengamati hasil percobaan dan mencatat data hasil percobaan
|
||
Data processing (pengolahan Data)
|
-
Peserta
didik mengolah dan menganalisis data percobaan dan menjawab pertanyaan pada
kegiatan “Ayo kita diskusikan”
|
||
Verification (pembuktian)
|
-
Presentasi
hasil percobaan
-
Diskusi komponen-komponen
darah berdasarkan hasil data percobaan
serta diskusi dan mencocokkan dengan konsep pada buku sumber.
|
||
Generalization
(menarik kesimpulan/generalisasi)
|
-
Membuat
kesimpulan tentang komponen-komponen darah dan fungsi darah
|
||
Penutup
|
-
Peserta
didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
-
Guru
memberikan reward pada kelompok yang berkinerja baik
-
Pemberian
tugas untuk mempelajari alat transportasi manusia
|
20
menit
|
E.
Penilaian
Jenis/teknik
penilaian
Jenis/teknik
|
Bentuk instrumen
|
·
Sikap
|
·
Lembar pengamatan sikap dan rubrik
·
Lembar
penilaian antar peserta didik
·
jurnal
|
·
Pengetahuan
|
·
Tes
pilihan ganda
|
·
Keterampilan
|
·
Tes praktik
|
1. Instrumen
Lembar
pengamatan sikap
-
Lembar penilaian
sikap pada kegiatan praktikum
No
|
Nama
peserta didik
|
Disiplin
|
Teliti
|
Hati-hati
|
Jumlah skor
|
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
-
Lembar penilaian
sikap pada kegiatan diskusi
NO
|
Peserta
didik
|
Kerjasama
|
Toleran
|
Proaktif
|
Jumlah
skor
|
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
Keterangan
: Cara pengisian lembar penilaian sikap adalah dengan
memberikan skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik
selama kegiatan yaitu:.
Skor 1, jika tidak pernah berperilaku dalam kegiatan
Skor 2, jika kadang-kadang berperilaku dalam kegiatan
Skor 3,jika sering berperilaku dalam kegiatan
Skor 4, jika selalu berperilaku dalam kegiatan
Penilaian sikap untuk setiap peserta didik dapat menggunakan
rumus dan predikat berikut :
Jumlah Skor
Nilai = ------------------------- x 100
Jumlah siswa
Predikat
|
Nilai
|
Sangat
Baik (A)
|
80 - 100
|
Baik (B)
|
70 - 79
|
Cukup (C)
|
60 - 69
|
Kurang ( K
)
|
< 60
|
Penilaian antar peserta didik
Petunjuk :
1.
Amatilah perilaku
temanmu dengan cermat selama mengikuti diskusi!
2.
Berilah tanda (v)
pada kolom yang tersedia apada kolom yang sesuai (ya atau tidak) secara jujur
berdasarkan hasil pengamatanmu!
3.
Serahkan hasil
pengamatanmu kepada bapak/ibu guru!
Nama penilai :................................
Nama peserta didik yang dinilai :................................
Kelas :................................
Mata pelajaran :................................
Waktu pengamatan :................................
No
|
Perilaku/sikap
|
Muncul/dilakukan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Mau menerima pendapat teman
|
||
2
|
Memaksa teman untuk menerima pendapatnya
|
||
3
|
Memberi solusi terhadap pendapat yang bertentangan
|
||
4
|
Dapat bekerja sama dengan teman yang berbeda status sosial, agama dan
suku
|
Keterangan
·
Indikator
perilaku/sikap pada instrumen tersebut diatas ada pada positif ( no 1, 3 dan 4)
dan ada yang negatif (no 2).
·
Pemberian skor untuk perilaku positif : ya =
1, tidak = 0
·
Perilaku untuk
yang negatif yaitu: ya = 0, tidak = 1
Rekapitulasi skor
No
|
Nama
|
Pengamat
|
Skor perilaku/sikap
|
Skor peserta
|
Nilai sikap
|
Kriteria
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||||
Keterangan
·
Jumlah skor
maksimal = jumlah pernyataan
·
Nilai
sikap = (skor perolehan : skor maksimal) x 4
Kriteria
Predikat
|
Nilai
|
Sangat baik (A)
|
3,20 – 4,00
|
Baik (B)
|
2,80 – 3,19
|
Cukup (C)
|
2,40 – 2,79
|
Kurang (K)
|
< 2,40
|
4. Lembar pengamatan keterampilan praktikum
Penilaian keterampilan praktikum uji
makanan
No
|
Nama Peserta Didik
|
Persiapan percobaan
|
Pelaksanaan Percobaan
|
Kegiatan Akhir percobaan
|
Jumlah skor
|
1
|
|||||
2
|
|||||
Rubrik
no
|
Keterampilan yang dinilai
|
Skor
|
Rubrik
|
||
1.
|
Persiapan percobaan (menyiapkan alat dan
bahan)
|
30
|
-Alat-alat
tertata rapi sesuai dengan urutan percobaan
-Bahan-bahan
tersedia di gelas kimia dengan urutan yang sama
-Alat praktikum
dalam keadaan siap pakai
-Tersedia air
untuk membilas alat dan tisu
|
||
20
|
-Ada tiga aspek
yang tersedia
|
||||
10
|
-Ada dua aspek
yang tersedia
|
||||
2
|
Pelaksanaan percobaan
|
30
|
-Mencuci alat-alat
sebelum praktikum
-Merakit alat
dengan benar
-Melakukan
proses uji makanan sesuai dengan prosedur yang benar
-Mencatat data
sesuai dengan fakta yang diamati
|
||
20
|
-Ada tiga aspek
yang tersedia
|
||||
10
|
-Ada dua aspek
yang tersedia
|
||||
3
|
Kegiatan akhir percobaan
|
30
|
-Membuang
larutan atau sampah ke tempatnya
-Membersihkan
alat dengan baik
-Membersihkan
meja praktikum
-Mengembalikan
alat ke tempat semula
|
||
20
|
-Ada tiga aspek
yang tersedia
|
||||
10
|
-Ada dua aspek
yang tersedia
|
||||
JURNAL
|
|||||
Asfek yang diamati :...................................................
|
Nama Peserta Didik :...........................
|
||||
Kejadian
:.............................................................
|
Nomor Peserta Didik
:.....................................
|
||||
Tanggal :.....................................................
|
|||||
Catatan Pengamatan
Guru............................................................................................
|
|||||
Pedoman umum penskoran jurnal: sama dengan penilaian sikap
Instrumen test tertulis
Indikator soal Pilihan Ganda
1. Dapat
menentukan pernyataan yang bukan merupakan fungsi darah pada manusia
2. Dapat
menentukan faktor yang ditunjuk dari diagram proses pembekuan darah
3. Dapat
menyebutkan ciri-ciri dari salah satu sel darah
Pilihan Ganda
1.
Berikut ini yang bukan merupakan fungsi darah
adalah...
a.
Mengangkut O2 dan CO2
b.
Menyembuhkan luka
c.
Memungkinkan proses pembekuan darah
d.
Mengangkut sari-sari makanan
2.
Perhatikan diagram proses pembekuan darah di
bawah ini!
Mengeluarkan
Luka X
Trombosit pecah
Ion
Ca & Vit. K
Y Trombin
Fibrinogen
Benang-benang fibrin (luka tertutup)
Berdasarkan diagram di atas, X dan Y secara berturut-turut
adalah...
a.
Fibrinogen dan trombokinase/tromboplastin
b.
Trombokinase/tromboplastin dan fibrinogen
c.
Trombokinase/tromboplastin dan
protrombin
d.
Trombokinase/tromboplastin dan fibrin
3.
Ciri-ciri sel darah merah adalah...
a.
Bentuk biconcaf, tidak mempunyai
inti
b. Bentuk
beragam, tidak mempunyai inti
c. Merupakan cairan darah yang sebagian terdiri
atas air
d. Bentuk
tidak tetap atau amuboid, mempunyai inti sel
Pedoman penilaiaan : setiap jawaban yang benar
mendapat nilai 1
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media : Notebook, Proyektor (in focus).
2. Alat/Bahan :
a.
5 ml minyak goreng
b. tabung reaksi
c. gelas ukur
d. pewarna kue ( dalam bentuk cairan)
3. Sumber Belajar
1)
Buku siswa IPA
kelas VIII Semester 1
2)
LK “ Model Tiruan Darah”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar