Senin, 12 Januari 2015

RRP 3 IPA KELAS 8 SMS 2 (KURTILAS)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(3)

                    Satuan Pendidikan     : SMP
Sekolah                      : SMPN  I TAROGONG KALER
Mata pelajaran            : IPA
Kelas/Semester           : VIII / 2
Materi Pokok              : Sistem Tansportasi
Sub Materi                   : Organ Peredaran Darah
Alokasi Waktu              : 1 x TM ( 3 JP)


A.      Kompetensi Inti (KI)
KI.1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung-jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI.3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait dengan fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4. Mencoba, mengolah, danmenyajidalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1  Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti;cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagaiwujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
2.3   Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari. 
3.8   Memahami tekanan pada zat cair dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari untuk menjelaskan tekanan darah, difusi pada peristiwa respirasi, dan tekanan osmosis
          3.8.4 Menyebutkan organ yang berperan dalam sistem peredaran darah
          3.8.5 Mendeskripsikan proses peredaran darah
          3.8.7 Mengaitkan konsep tekanan pada zat cair (Hukum Pascal) dengan aliran dan tekanan darah
          3.8.8 Menjelaskan gangguan yang terjadi pada sistem peredaran darah  
4.8  Melakukan percobaan untuk menyelidiki tekanan cairan pada kedalaman tertentu, gaya apung, kapilaritas (menyelidiki cairan dalam batang tumbuhan) dan tekanan cairan pada ruang tertentu

C.         Materi  Pembelajaran
1.     Organ peredarah darah
a.     Alat transportasi (peredaran darah) pada manusia
Organ yang berperan dalam sistem peredaran darah manusia sebagai berikut.
1)       Jantung
Jantung merupakan salah satu organ penting tubuh manusia. Seperi pompa, jantung berfungsi memompa darah, sehingga darah dapat diedarkan ke seluruh tubuh. Besar jantung manusia adalah seepalan tangan.
Jantung terdiri atas 4 ruangan, yaitu serambi (atrium) kiri, serambi kanan, bilik (ventrikel) kiri dan serambi kanan. Serambi jantung berada di sebelah atas dan bilik jantung di sebelah bawah.
2)       Pembuluh darah
Pembuluh darah dibedakan menjadi dua, yaitu pembuluh nadi (arteri) dan pembuluh balik (vena). Arteri merupakan pembuluh darah yang mengalirkan darah keluar jantung, sedangkan vena mengalirkan darah masuk ke jantung.

Pembeda
Pembuluh Nadi (arteri)
Pembuluh Balik (vena)

Tempat

Agak tersembunyi di dalam tubuh

Dekat dengan permukaan tubuh, tampak kebiru-biruan

Dinding Pembuluh

Tebal, kuat, elastis


Tipis, tidak elastis

Aliran Darah

Meninggalkan jantung


Menuju jantung
Denyut
Terasa

Tidak terasa
Katup
Satu pada pangkal jantung

Banyak di sepanjang pembuluh
Darah yang keluar dari Pembuluh

Memancar

Tidak memancar



b.     Proses Peredarah Darah Besar dan Kecil pada Manusia
Peredaran darah manusia termasuk peredaran darah tertutup karena darah selalu beredar di dalam pembuluh darah. Setiap beredar, darah melewati jantung dua kali sehingga disebut peredaran darah ganda. Pada peredaran darah ganda tersebut dikenal peredaran darah darah kecil dan peredaran darah besar.
1.     Peredarah darah kecil
Peredarah darah kecil merupakan peredaran darah yang dimulai dari jantung menuju paru-paru kemudian kembali lagi ke jantung

Jantung                                                Paru-paru                                            Jantung
(Bilik Kanan)                                                                                                     (Serambi Kiri)                                                                                    
                              Arteri Pulmonalis                               Vena Pulmalis


2.     Peredaran darah besar
Peredaran darah besar adalah peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh kemudian kembali ke jantung lagi


Jantung                                                 seluruh tubuh                                              Jantung
                                    (Bilik kiri)                                                                                                                    (serambi kanan)                                                                                            
                                                                          Aorta                                                    Vena cava

2.              Gangguan pada Sistem Peredarah Darah
1.              Serangan jantung
Serangan jantung terjadi jika arteri koronaria yang terdapat pada jantung tidak dapat menyuplai darah yang cukup ke sel-sel jantung. Arteri koronaria merupakan pembuluh darah yang menyuplai sel-sel otot jantung dengan darah yang mengandung oksigen dan nutrisi. Kondisi ini dapat terjadi karena arteri koronaria tersumbat oleh lemak atau kolesterol
2.              Stroke
Stroke merupakan suatu penyakit yang terjadi karena matinya jaringan di otak yang disebabkan karena kurangnya asupan oksigen di otak. Hal ini terjadi jika pembuluh darah pada otak tersumbat atau salah satu pembuluh darah pecah.

D.        Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 
Pertemuan Kedua
Kegiatan
Langkah-langkah Model Discovery
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
Stimulation (simullasi/Pemberian rangsangan)

-      Mengucapkan salam
-      Berdo`a
-      Menanyakan keadaan peserta didik (mengabsen)
-      Guru melakukan pemusatan perhatian :
Apersepsi dengan memberikan pertanyaan sebagai berikut.
-          Organ ini berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jika kamu ingin merasakan kerja organ tersebut, pegang dadamu. Apa yang kamu rasakan? Adakah bagian yang berdetak?
ü  Guru memberikan motivasi kepada peserta didik dengan memperlihatkan gambar organ peredaran darah pada manusia  dan proses peredaran darah
ü  Guru memancing peserta didik agar mengajukan pertanyaan dari gambar  yang diperlihatkan tadi.
-      Guru menyampaikan tujuan dan manfaat mempelajari organ peredaran darah dan proses peredaran darah pada  manusia.

10 menit
Kegiatan Inti
Pembahasan tugas dan identifikasi masalah
-      Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu  pengamatan Menghitung denyut nadi pada “Ayo kita coba” dan melakukan percobaan  “Tekanan Zat Cair pada kedalaman tertentu yang terdapat pada “Ayo kita coba dan melakukan percobaan Hukum Archimedes yang terdapat pada bagian “Ayo kita coba” dan melakukan percobaan Tekanan air pada kantong plastik pada bagian “Ayo kita coba”
-      Membagi peserta didik dalam kelompok kecil , satu kelompok terdiri dari dua orang.
-      Peserta didik mengidentifikasi konsep yang harus diperoleh melalui percobaan yang akan dilakukan
50 menit
Observasi
-    Peserta didik melakukan kegiatan
-      pengamatan Menghitung denyut nadi pada “Ayo kita coba” dan melakukan percobaan  “Tekanan Zat Cair pada kedalaman tertentu yang terdapat pada “Ayo kita coba dan melakukan percobaan Hukum Archimedes yang terdapat pada bagian “Ayo kita coba” dan melakukan percobaan Tekanan air pada kantong plastik pada bagian “Ayo kita coba”

Data collection (pengumpulan data)

-    Peserta didik mengamati hasil percobaan dan mencatat data hasil percobaan
Data processing (pengolahan Data)

-    Peserta didik mengolah dan menganalisis data percobaan dan menjawab pertanyaan pada kegiatan di atas
Verification (pembuktian)

-    Presentasi hasil percobaan
-    Diskusi komponen-komponen darah  berdasarkan hasil data percobaan serta diskusi  dan  mencocokkan dengan konsep pada buku sumber.
Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)

-    Membuat kesimpulan tentang komponen-komponen darah dan fungsi darah
Penutup

-    Peserta didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
-    Guru memberikan reward pada kelompok yang berkinerja baik
-    Pemberian tugas untuk mempelajari Organ-organ pernafasan
20 menit

E.       Penilaian
Jenis/teknik penilaian

Jenis/teknik
Bentuk instrumen
·         Sikap
·          Lembar pengamatan sikap dan rubrik
·         Lembar penilaian antar peserta didik
·         jurnal
·         Pengetahuan 
·         Tes pilihan ganda
·         Keterampilan
·         Tes praktik


1.       Instrumen
Lembar pengamatan sikap
-          Lembar penilaian sikap pada kegiatan praktikum
No
Nama peserta didik
Disiplin
Teliti
Hati-hati
Jumlah skor
1





2





3





               
-          Lembar penilaian sikap pada kegiatan diskusi

NO
Peserta didik
Kerjasama
Toleran
Proaktif
Jumlah skor
1





2





3






Keterangan : Cara pengisian lembar penilaian sikap adalah dengan memberikan skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama kegiatan yaitu:.
Skor 1, jika tidak pernah berperilaku dalam kegiatan
Skor 2, jika kadang-kadang berperilaku dalam kegiatan
Skor 3,jika sering berperilaku dalam kegiatan
Skor 4, jika selalu berperilaku dalam kegiatan
       Penilaian sikap untuk setiap peserta didik dapat menggunakan rumus dan predikat berikut :
                      Jumlah Skor                                                    
       Nilai = -------------------------  x 100
                     Jumlah siswa
Predikat
Nilai
Sangat Baik (A)
80 -  100
Baik (B)
70 - 79
Cukup (C)
60 - 69
Kurang ( K )
< 60


      
Penilaian antar peserta didik
Petunjuk :
1.     Amatilah perilaku temanmu dengan cermat selama mengikuti diskusi!
2.     Berilah tanda (v) pada kolom yang tersedia apada kolom yang sesuai (ya atau tidak) secara jujur berdasarkan hasil pengamatanmu!
3.     Serahkan hasil pengamatanmu kepada bapak/ibu guru!

Nama penilai                                                :................................
Nama peserta didik yang dinilai               :................................
Kelas                                                             :................................
Mata pelajaran                                            :................................
Waktu pengamatan                                    :................................


No
Perilaku/sikap
Muncul/dilakukan
Ya
Tidak
1
Mau menerima pendapat teman


2
Memaksa teman untuk menerima pendapatnya


3
Memberi solusi terhadap pendapat yang bertentangan


4
Dapat bekerja sama dengan teman yang berbeda status sosial, agama dan suku



Keterangan
·         Indikator perilaku/sikap pada instrumen tersebut diatas ada pada positif ( no 1, 3 dan 4) dan ada yang negatif (no 2).
·         Pemberian skor untuk perilaku positif : ya = 1, tidak = 0
·         Perilaku untuk yang negatif yaitu: ya = 0, tidak = 1

Rekapitulasi skor
No
Nama
Pengamat
Skor perilaku/sikap
Skor peserta
Nilai sikap
Kriteria
1
2
3
4





























































Keterangan
·         Jumlah skor maksimal = jumlah pernyataan
·         Nilai sikap = (skor perolehan : skor maksimal) x 4


                                Kriteria
Predikat
Nilai
Sangat baik (A)
3,20 – 4,00
Baik (B)
2,80 – 3,19
Cukup (C)
2,40 – 2,79
Kurang (K)
< 2,40


Lembar pengamatan keterampilan praktikum
Penilaian keterampilan praktikum uji makanan
No
Nama Peserta Didik
Persiapan percobaan
Pelaksanaan Percobaan
Kegiatan Akhir percobaan
Jumlah skor
1





2












                     Rubrik

no
Keterampilan yang dinilai
Skor
Rubrik

1.
Persiapan percobaan (menyiapkan alat dan bahan)
30
-Alat-alat tertata rapi sesuai dengan urutan percobaan
-Bahan-bahan tersedia di gelas kimia dengan urutan yang sama
-Alat praktikum dalam keadaan siap pakai
-Tersedia air untuk membilas alat dan tisu

20
-Ada tiga aspek yang tersedia

10
-Ada dua aspek yang tersedia

2
Pelaksanaan percobaan
30
-Mencuci alat-alat sebelum praktikum
-Merakit alat dengan benar
-Melakukan proses uji makanan sesuai dengan prosedur yang benar
-Mencatat data sesuai dengan fakta yang diamati

20
-Ada tiga aspek yang tersedia

10
-Ada dua aspek yang tersedia

3
Kegiatan akhir percobaan
30
-Membuang larutan atau sampah ke tempatnya
-Membersihkan alat dengan baik
-Membersihkan meja praktikum
-Mengembalikan alat ke tempat semula

20
-Ada tiga aspek yang tersedia

10
-Ada dua aspek yang tersedia

JURNAL
Asfek yang diamati :...................................................
Nama Peserta Didik :...........................
Kejadian :.............................................................
Nomor Peserta Didik :.....................................
Tanggal :.....................................................


Catatan Pengamatan Guru............................................................................................





















Pedoman umum penskoran jurnal: sama dengan penilaian sikap
Instrumen test tertulis

Indikator soal Pilihan Ganda
1.     Dapat menentukan beberapa kelainan pada sistem peredaran darah (dari pernyataan kelainan- kelainan pada sistem peredaran darah  yang ada)
2.     Dapat menentukan pernyataan yang benar tentang  perbedaan pembuluh balik dengan pembuluh nadi  dari tabel yang tersedia


         Pilihan Ganda
1.         Perhatikan kelainan-kelainan atau penyakit berikut:
1. hipertensi                                                      2.serangan jantung
3. diabetes                                                         4. anemia
5. buta warna                                                    6. Stroke
Berikut merupakan gangguan yang terjadi pada sistem peredaran darah terdapat pada nomor...
a.        1, 2, 4, 6
b.       1, 2, 3, 4
c.        1, 2, 5, 6
d.       1, 2, 4, 5
2.               Tabel perbedaan pembuluh darah berikut ini yang benar adalah....
No
Pembuluh Nadi (Arteri)
Pembuluh Balik (Vena)
A
Mengalirkan darah keluar jantung
Mengalirkan darah menuju ke jantung
B
Jika terluka darah akan keluar menetes
Jika terluka darah akan keluar memancar
C
Umumnya darah kaya akan karbondioksida (CO2)
Umumnya darah kaya akan Oksigen (O2)
D
Mempunyai katup sepanjang pembuluh
Hanya mempunyai satu katup





                Penentuan nilai :  setiap jawaban benar bernilai satu

F.         Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.  Media                      :  Notebook, Proyektor (in focus).
2.  Alat/Bahan              :
      a. Jam tangan/stopwatch (untuk menghitung denyut nadi)
b. Gelas kimia, pipa U atau selang berbentuk U, corong, minyak kelapa (untuk percobaan tekanan zat        cair pada kedalaman tertentu)
c. gelas kimia, neraca pegas, benda dari logam atau batu (untuk percobaan Hukum Arcimedes)
d. kantong plastik ukuran 1 kg, jarum pentul, karet gelang (untuk percobaan tekanan air pada kantong plastik)             

3.  Sumber Belajar
1)         Buku siswa IPA kelas VIII Semester 1
2)         LK “ Menghitung Denyut Nadi” . “Tekanan Zat Cair pada Kedalaman Tertentu”, Hukum Archimedes” dan “Tekanan air pada Kantong Plastik”














Tidak ada komentar:

Posting Komentar