RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(3)
Satuan Pendidikan : SMP
Sekolah
: SMPN I TAROGONG KALER
Mata pelajaran
: IPA
Kelas/Semester
: VIII / 2
Materi Pokok
: Sistem Tansportasi
Sub Materi :
Organ Peredaran Darah
Alokasi Waktu
: 1 x TM ( 3 JP)
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI.1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung-jawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
KI.3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya
terkait dengan fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4.
Mencoba, mengolah, danmenyajidalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik
dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan
serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti;cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagaiwujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung
jawab dalam aktivitas sehari-hari.
3.8
Memahami tekanan pada zat cair dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari untuk menjelaskan tekanan darah, difusi pada peristiwa respirasi,
dan tekanan osmosis
3.8.4 Menyebutkan organ yang berperan dalam sistem peredaran darah
3.8.5 Mendeskripsikan proses peredaran darah
3.8.7 Mengaitkan konsep tekanan pada zat cair (Hukum Pascal) dengan
aliran dan tekanan darah
3.8.8 Menjelaskan gangguan yang terjadi pada sistem peredaran darah
4.8
Melakukan percobaan untuk menyelidiki tekanan cairan pada kedalaman
tertentu, gaya apung, kapilaritas (menyelidiki cairan dalam batang tumbuhan)
dan tekanan cairan pada ruang tertentu
C.
Materi
Pembelajaran
1. Organ peredarah darah
a. Alat transportasi (peredaran darah) pada
manusia
Organ yang berperan dalam sistem peredaran
darah manusia sebagai berikut.
1) Jantung
Jantung merupakan salah satu organ penting
tubuh manusia. Seperi pompa, jantung berfungsi memompa darah, sehingga darah
dapat diedarkan ke seluruh tubuh. Besar jantung manusia adalah seepalan tangan.
Jantung terdiri atas 4 ruangan, yaitu serambi
(atrium) kiri, serambi kanan, bilik (ventrikel) kiri dan serambi kanan. Serambi
jantung berada di sebelah atas dan bilik jantung di sebelah bawah.
2) Pembuluh darah
Pembuluh darah dibedakan menjadi dua, yaitu
pembuluh nadi (arteri) dan pembuluh balik (vena). Arteri merupakan pembuluh
darah yang mengalirkan darah keluar jantung, sedangkan vena mengalirkan darah
masuk ke jantung.
Pembeda
|
Pembuluh Nadi (arteri)
|
Pembuluh Balik (vena)
|
Tempat
|
Agak
tersembunyi di dalam tubuh
|
Dekat
dengan permukaan tubuh, tampak kebiru-biruan
|
Dinding
Pembuluh
|
Tebal,
kuat, elastis
|
Tipis,
tidak elastis
|
Aliran
Darah
|
Meninggalkan
jantung
|
Menuju
jantung
|
Denyut
|
Terasa
|
Tidak
terasa
|
Katup
|
Satu
pada pangkal jantung
|
Banyak
di sepanjang pembuluh
|
Darah
yang keluar dari Pembuluh
|
Memancar
|
Tidak
memancar
|
b. Proses Peredarah Darah Besar dan Kecil pada
Manusia
Peredaran darah manusia termasuk peredaran
darah tertutup karena darah selalu beredar di dalam pembuluh darah. Setiap
beredar, darah melewati jantung dua kali sehingga disebut peredaran darah
ganda. Pada peredaran darah ganda tersebut dikenal peredaran darah darah kecil
dan peredaran darah besar.
1. Peredarah darah kecil
Peredarah darah kecil merupakan peredaran
darah yang dimulai dari jantung menuju paru-paru kemudian kembali lagi ke
jantung
Jantung
Paru-paru
Jantung
(Bilik Kanan)
(Serambi Kiri)
Arteri
Pulmonalis
Vena Pulmalis
2. Peredaran darah besar
Peredaran darah besar adalah peredaran darah
dari jantung ke seluruh tubuh kemudian kembali ke jantung lagi
Jantung
seluruh tubuh
Jantung
(Bilik
kiri)
(serambi kanan)
Aorta
Vena cava
2.
Gangguan pada
Sistem Peredarah Darah
1.
Serangan jantung
Serangan jantung terjadi jika arteri koronaria
yang terdapat pada jantung tidak dapat menyuplai darah yang cukup ke sel-sel
jantung. Arteri koronaria merupakan pembuluh darah yang menyuplai sel-sel otot
jantung dengan darah yang mengandung oksigen dan nutrisi. Kondisi ini dapat
terjadi karena arteri koronaria tersumbat oleh lemak atau kolesterol
2.
Stroke
Stroke merupakan suatu penyakit yang terjadi
karena matinya jaringan di otak yang disebabkan karena kurangnya asupan oksigen
di otak. Hal ini terjadi jika pembuluh darah pada otak tersumbat atau salah
satu pembuluh darah pecah.
D.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedua
Kegiatan
|
Langkah-langkah Model Discovery
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
Stimulation
(simullasi/Pemberian rangsangan)
|
-
Mengucapkan salam
-
Berdo`a
-
Menanyakan keadaan peserta didik
(mengabsen)
-
Guru melakukan pemusatan perhatian :
Apersepsi
dengan memberikan pertanyaan sebagai berikut.
-
Organ ini berfungsi untuk memompa
darah ke seluruh tubuh. Jika kamu ingin merasakan kerja organ tersebut,
pegang dadamu. Apa yang kamu rasakan? Adakah bagian yang berdetak?
ü Guru memberikan motivasi kepada peserta
didik dengan memperlihatkan gambar organ peredaran darah pada manusia dan proses peredaran darah
ü Guru memancing peserta didik agar mengajukan
pertanyaan dari gambar yang
diperlihatkan tadi.
-
Guru menyampaikan tujuan dan manfaat
mempelajari organ peredaran darah dan proses peredaran darah pada manusia.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Pembahasan
tugas dan identifikasi masalah
|
-
Menyampaikan
informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu pengamatan Menghitung denyut nadi pada “Ayo
kita coba” dan melakukan percobaan
“Tekanan Zat Cair pada kedalaman tertentu yang terdapat pada “Ayo kita
coba dan melakukan percobaan Hukum Archimedes yang terdapat pada bagian “Ayo kita
coba” dan melakukan percobaan Tekanan air pada kantong plastik pada bagian
“Ayo kita coba”
-
Membagi
peserta didik dalam kelompok kecil , satu kelompok terdiri dari dua orang.
-
Peserta
didik mengidentifikasi konsep yang harus diperoleh melalui percobaan yang
akan dilakukan
|
50
menit
|
Observasi
|
-
Peserta
didik melakukan kegiatan
-
pengamatan
Menghitung denyut nadi pada “Ayo kita coba” dan melakukan percobaan “Tekanan Zat Cair pada kedalaman tertentu
yang terdapat pada “Ayo kita coba dan melakukan percobaan Hukum Archimedes
yang terdapat pada bagian “Ayo kita coba” dan melakukan percobaan Tekanan air
pada kantong plastik pada bagian “Ayo kita coba”
|
||
Data collection (pengumpulan data)
|
-
Peserta
didik mengamati hasil percobaan dan mencatat data hasil percobaan
|
||
Data processing (pengolahan Data)
|
-
Peserta
didik mengolah dan menganalisis data percobaan dan menjawab pertanyaan pada
kegiatan di atas
|
||
Verification (pembuktian)
|
-
Presentasi
hasil percobaan
-
Diskusi
komponen-komponen darah berdasarkan
hasil data percobaan serta diskusi dan
mencocokkan dengan konsep pada buku
sumber.
|
||
Generalization (menarik
kesimpulan/generalisasi)
|
-
Membuat
kesimpulan tentang komponen-komponen darah dan fungsi darah
|
||
Penutup
|
|
-
Peserta
didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
-
Guru
memberikan reward pada kelompok yang berkinerja baik
-
Pemberian
tugas untuk mempelajari Organ-organ pernafasan
|
20
menit
|
E.
Penilaian
Jenis/teknik
penilaian
Jenis/teknik
|
Bentuk instrumen
|
·
Sikap
|
·
Lembar pengamatan sikap dan rubrik
·
Lembar
penilaian antar peserta didik
·
jurnal
|
·
Pengetahuan
|
·
Tes
pilihan ganda
|
·
Keterampilan
|
·
Tes praktik
|
1. Instrumen
Lembar
pengamatan sikap
-
Lembar penilaian
sikap pada kegiatan praktikum
No
|
Nama
peserta didik
|
Disiplin
|
Teliti
|
Hati-hati
|
Jumlah skor
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
-
Lembar penilaian
sikap pada kegiatan diskusi
NO
|
Peserta
didik
|
Kerjasama
|
Toleran
|
Proaktif
|
Jumlah
skor
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
Keterangan
: Cara pengisian lembar penilaian sikap adalah dengan
memberikan skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik
selama kegiatan yaitu:.
Skor 1, jika tidak pernah berperilaku dalam kegiatan
Skor 2, jika kadang-kadang berperilaku dalam kegiatan
Skor 3,jika sering berperilaku dalam kegiatan
Skor 4, jika selalu berperilaku dalam kegiatan
Penilaian sikap untuk setiap peserta didik dapat menggunakan
rumus dan predikat berikut :
Jumlah Skor
Nilai = ------------------------- x 100
Jumlah siswa
Predikat
|
Nilai
|
Sangat
Baik (A)
|
80 - 100
|
Baik (B)
|
70 - 79
|
Cukup (C)
|
60 - 69
|
Kurang ( K
)
|
< 60
|
Penilaian antar peserta didik
Petunjuk :
1.
Amatilah perilaku
temanmu dengan cermat selama mengikuti diskusi!
2.
Berilah tanda (v)
pada kolom yang tersedia apada kolom yang sesuai (ya atau tidak) secara jujur
berdasarkan hasil pengamatanmu!
3.
Serahkan hasil
pengamatanmu kepada bapak/ibu guru!
Nama penilai :................................
Nama peserta didik yang dinilai :................................
Kelas :................................
Mata pelajaran :................................
Waktu pengamatan :................................
No
|
Perilaku/sikap
|
Muncul/dilakukan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Mau menerima pendapat teman
|
|
|
2
|
Memaksa teman untuk menerima pendapatnya
|
|
|
3
|
Memberi solusi terhadap pendapat yang bertentangan
|
|
|
4
|
Dapat bekerja sama dengan teman yang berbeda status sosial, agama dan
suku
|
|
|
Keterangan
·
Indikator
perilaku/sikap pada instrumen tersebut diatas ada pada positif ( no 1, 3 dan 4)
dan ada yang negatif (no 2).
·
Pemberian skor untuk perilaku positif : ya =
1, tidak = 0
·
Perilaku untuk
yang negatif yaitu: ya = 0, tidak = 1
Rekapitulasi skor
No
|
Nama
|
Pengamat
|
Skor perilaku/sikap
|
Skor peserta
|
Nilai sikap
|
Kriteria
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
·
Jumlah skor
maksimal = jumlah pernyataan
·
Nilai
sikap = (skor perolehan : skor maksimal) x 4
Kriteria
Predikat
|
Nilai
|
Sangat baik (A)
|
3,20 – 4,00
|
Baik (B)
|
2,80 – 3,19
|
Cukup (C)
|
2,40 – 2,79
|
Kurang (K)
|
< 2,40
|
Lembar pengamatan keterampilan praktikum
Penilaian keterampilan praktikum uji
makanan
No
|
Nama Peserta Didik
|
Persiapan percobaan
|
Pelaksanaan Percobaan
|
Kegiatan Akhir percobaan
|
Jumlah skor
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik
no
|
Keterampilan yang dinilai
|
Skor
|
Rubrik
|
||
1.
|
Persiapan percobaan (menyiapkan alat dan
bahan)
|
30
|
-Alat-alat
tertata rapi sesuai dengan urutan percobaan
-Bahan-bahan
tersedia di gelas kimia dengan urutan yang sama
-Alat praktikum
dalam keadaan siap pakai
-Tersedia air
untuk membilas alat dan tisu
|
||
20
|
-Ada tiga aspek
yang tersedia
|
||||
10
|
-Ada dua aspek
yang tersedia
|
||||
2
|
Pelaksanaan percobaan
|
30
|
-Mencuci alat-alat
sebelum praktikum
-Merakit alat
dengan benar
-Melakukan
proses uji makanan sesuai dengan prosedur yang benar
-Mencatat data
sesuai dengan fakta yang diamati
|
||
20
|
-Ada tiga aspek
yang tersedia
|
||||
10
|
-Ada dua aspek
yang tersedia
|
||||
3
|
Kegiatan akhir percobaan
|
30
|
-Membuang
larutan atau sampah ke tempatnya
-Membersihkan
alat dengan baik
-Membersihkan
meja praktikum
-Mengembalikan
alat ke tempat semula
|
||
20
|
-Ada tiga aspek
yang tersedia
|
||||
10
|
-Ada dua aspek
yang tersedia
|
||||
JURNAL
|
|||||
Asfek yang diamati :...................................................
|
Nama Peserta Didik :...........................
|
||||
Kejadian
:.............................................................
|
Nomor Peserta Didik
:.....................................
|
||||
Tanggal :.....................................................
|
|
||||
Catatan Pengamatan
Guru............................................................................................
|
|||||
Pedoman umum penskoran jurnal: sama dengan penilaian sikap
Instrumen test tertulis
Indikator soal Pilihan Ganda
1. Dapat
menentukan beberapa kelainan pada sistem peredaran darah (dari pernyataan
kelainan- kelainan pada sistem peredaran darah
yang ada)
2. Dapat
menentukan pernyataan yang benar tentang
perbedaan pembuluh balik dengan pembuluh nadi dari tabel yang tersedia
Pilihan Ganda
1.
Perhatikan kelainan-kelainan atau penyakit
berikut:
1. hipertensi 2.serangan
jantung
3. diabetes 4.
anemia
5. buta warna 6.
Stroke
Berikut merupakan gangguan yang terjadi pada sistem peredaran
darah terdapat pada nomor...
a.
1, 2, 4, 6
b. 1,
2, 3, 4
c.
1, 2, 5, 6
d. 1,
2, 4, 5
2.
Tabel perbedaan pembuluh darah berikut ini yang
benar adalah....
No
|
Pembuluh Nadi (Arteri)
|
Pembuluh Balik (Vena)
|
A
|
Mengalirkan darah keluar jantung
|
Mengalirkan darah menuju ke jantung
|
B
|
Jika terluka darah akan keluar menetes
|
Jika terluka darah akan keluar memancar
|
C
|
Umumnya darah kaya akan karbondioksida (CO2)
|
Umumnya darah kaya akan Oksigen (O2)
|
D
|
Mempunyai katup sepanjang pembuluh
|
Hanya mempunyai satu katup
|
Penentuan nilai : setiap jawaban benar bernilai satu
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media : Notebook, Proyektor (in focus).
2. Alat/Bahan :
a. Jam tangan/stopwatch (untuk menghitung
denyut nadi)
b.
Gelas kimia, pipa U atau selang berbentuk U, corong, minyak kelapa (untuk
percobaan tekanan zat cair pada
kedalaman tertentu)
c.
gelas kimia, neraca pegas, benda dari logam atau batu (untuk percobaan Hukum
Arcimedes)
d.
kantong plastik ukuran 1 kg, jarum pentul, karet gelang (untuk percobaan
tekanan air pada kantong plastik)
3. Sumber Belajar
1)
Buku siswa IPA
kelas VIII Semester 1
2)
LK “ Menghitung
Denyut Nadi” . “Tekanan Zat Cair pada Kedalaman Tertentu”, Hukum Archimedes”
dan “Tekanan air pada Kantong Plastik”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar