PROGRAM
TAHUNAN (KTSP)
MATA PELAJARAN : IPA
SATUAN PELAJARAN : SMP
KELAS/SEMESTER : VIII/1-2
TAHUN PELAJARAN : 201.../201....
Semester
|
Standar Kompetensi/Kompetensi Dasar
|
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
Ganjil
|
1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
1.1.
Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk
hidup.
1.2. Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia.
Ulangan
1.3. Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia dan
hubungannnya dengan kesehatan.
1.4. Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia
dan hubungannya dengan kesehatan.
Ulangan
1.5. Mendeskripsikan sistem pernafasan manusia dan
hubungannya dengan kesehatan.
1.6. Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
Ulangan
|
4
2
2
4
4
2
4
6
2
|
Ming ke 3
Agustus
Ming ke 4
Ming ke 1
September
Mng ke 2
Ming ke 3
Ming ke 4/1
Ming ke 1
Oktober
|
|
2.Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan .
1.1. Mengidentifikasi
struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
1.2. Mendeskripsikan
proses perolehan nutrisi dan tranformasi energi pada tumbuhan hijau.
Ulangan
1.3. Mengidentifikasi
macam-macam gerak pada tumbuhan.
1.4. Mengidentifikasi
hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan
sehari-hari.
Ulangan
|
4
2
2
2
2
2
|
Ming ke 2
Ming ke 3
Ming ke 4
Ming ke 5
|
3.Menjelaskan konsep partikel materi.
1.1. Menjelaskan
konsep atom, ion dan molekul.
1.2. Menghubungkan
konsep atom, ion dan molekul dengan produk kimia sehari-hari.
1.3. Membandingkan
molekul unsur dan molekul senyawa.
Ulangan
|
2
2
2
2
|
Ming ke 5
Ming ke 1
November
Ming ke 2
|
|
|
4.Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan.
4.1. Mencari informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia
dalam kehidupan sehari-hari.
4.2. Mengkomunikasikan informasi tentang kegunaan dan efek samping
bahan kimia.
4.3. Mendeskripsikan bahan kimi alami dan bahan kimia buatan dalam
kemasan yang terdapat dalam bahan makanan.
4.4. Mendeskripsikan sifat/pengaruh zat adiktif dan psikotropika.
4.5. Menghindarkan diri dari pengaruh zat adiktif dan psikotropika.
Ulangan
|
2
2
4
2
2
2
|
Ming ke 2
Ming ke 3
Ming ke 3/4
Ming ke 4
Ming ke 1
Desember
|
Genap
|
5.Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari.
1.1. Mengidentifikasi
jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang
dikenai gaya.
1.2. Menerapkan
hukum Newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan
sehari-hari.
Ulangan
1.3. Menjelaskan
hubungan bentuk energi dan perubahannya, prinsip usaha dan energi serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
1.4. Melakukan
percobaan tentang pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
1.5. Menyelidiki
tekanan pada benda padat, cair dan gas serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
Ulangan
|
4
4
2
4
6
8
2
|
Ming. Ke 3
Januari
Ming. ke 4
Ming. ke 1
Februari
Ming. Ke 1/2
Ming.ke 2/3
Ming. Ke 4/1
Maret
Ming ke 2
|
|
6.Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang,
dan optika dalam produk teknologi sehari-hari.
6.1. Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang
Serta
parameter-parameternya
6.2. Mendeskripsikan konsep bunyi dalam kehidupan
Sehari-hari.
Ulangan
6.3. Meyelidiki sifat-sifat cahaya dan hubungannya
dengan
berbagai bentuk cermin dan lensa.
6.4. Mendeskripsikan alat-alat optik dan
penerapannya
dalam
kehidupan sehari-hari.
Ulangan
|
6
4
2
6
4
2
|
Ming ke 2/3
Ming ke 4
Ming ke 1
April
Ming ke 1/ 2
Ming ke 3
Ming ke 4
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar