PROGRAM TAHUNAN
KURIKULUM 2013
KURIKULUM 2013
Mata
Pelajaran : IPA TERPADU
Satuan
Pelajaran : SMP
Kelas/Semester : VIII/1 – 2
Tahun
Pelajaran : 2014/2015
SEMESTER I
Bab
|
Pertemuan
ke
|
Materi
|
Jam
Pelajaran
|
Bulan
/
Minggu
|
1
2
|
1
|
Gerak
pada makhluk hidup
·
Melakukan percobaan pengaruh rangsang terhadap
gerak putri malu
|
3 jp
|
Agustus
/2
|
2
|
·
Menganalisis gerak hewan berdasarkan struktur
tubuh dan massanya
|
2 jp
|
Agustus
/2
|
|
3
|
Gerak
pada benda
·
Melakukan percobaan gerak lurus beraturan
|
3 jp
|
Agustus
/3
|
|
4
|
·
Melakukan percobaan kelembaman
|
2 jp
|
Agustus
/3
|
|
5
|
·
Melakukan percobaan Hukum II Newton
|
3 jp
|
Agustus
/4
|
|
6
|
·
Mendiskusikan Hukum III Newton
|
2 jp
|
Agustus
/4
|
|
7
|
Tes
tulis
|
2jp
|
Agustus
/5
|
|
1
|
Struktur
sistem rangka dan fungsi rangka bagi tubuh manusia
·
Melakukan pengamatan sebuah model rangka atau
gambar sistem rangka manusia
·
Mengidentifikasi jenis tulang penyusun sistem
gerak manusia
·
Mengklasifikasikan berbagai jenis tulang penyusun
sistem rangka manusia
|
3 jp
|
Agustus
/5
|
|
2
|
Sendi
pada tubuh manusia
·
Melakukan identifikasi berbagai macam jenis sendi
yang berperan pada berbagai aktivitas yang dilakukan peserta didik
|
2 jp
|
September/
1
|
|
3
|
Struktur
dan fungsi otot manusia
·
Mengamati diameter otot saat terjadi kontraksi dan
relaksasi
·
Mengamati struktur otot jantung, rangka dan otot
polos
|
3 jp
|
September/
1
|
|
4
|
Jenis
Pesawat Sederhana dan Keuntungan Mekanik Pesawat sederhana
·
Mengidentifikasi manfaat pesawat sederhana
·
Melakukan identifikasi berbagai macam pesawat
sederhana yang ada di lingkungan sekitar peserta
·
Mengidentifikasi keuntungan makanik pesawat
sederhana
|
2 jp
|
September/
2
|
|
5
|
Prinsip
Kerja Pesawat Sederhana pada otot dan Rangka manusia
·
Membuktikan bahwa sekrup adalah salah satu contoh
bidang miring
·
Melakukan pengamatan pada gambar prinsip kerja
pesawat sederhana yang terdapat pada tubuh manusia
|
3 jp
|
September/
2
|
|
6
|
Tes
tulis
|
2 jp
|
September/
3
|
|
3
|
1
|
Struktur
dan fungsi organ tumbuhan
·
Mengidentifikasi organ yang ada pada tanaman
|
3 jp
|
September/
3
|
2
|
Akar
·
Pengamatan struktur anatomi akar
·
Mengidentifikasi berbagai akar termodifikasi
disekitar siswa
|
2 jp
|
September/
4
|
|
3
|
Batang
·
Pengamatan struktur anatomi batang
·
Melakukan percobaan mengenal kerja xilem dalam
transpor air
·
Mengidentifikasi berbagai batang termodifikasi
disekitar siswa
|
3 jp
|
September/
4
|
|
4
|
Daun
·
Melakukan pengamatan struktur anatomi daun
·
Melakukan percobaan Sach untuk membuktikan adanya
fotosintesis yang merupakan fungsi dari daun
|
2 jp
|
Oktober /1
|
|
5
|
Pemanfaatan
struktur jaringan tumbuhan dalam teknologi
·
Melakukan diskusi berbagai ide teknologi yang
terilhami dari struktur jaringan
tumbuhan
|
3 jp
|
Oktober /1
|
|
6
|
Tes
tulis
|
2 jp
|
Oktober /2
|
|
4
|
1
|
Sifat
bahan dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
Serat
dan karet
·
Mengidentifrikasi ciri-ciri serat
·
Mengidentifikasi bahan karet alami dan buatan
|
3 jp
|
Oktober /2
|
2
|
Tanah
liat dan keramik
·
Mengidentifikasi kualitas produk tanah liat
|
2 jp
|
Oktober /3
|
|
3
|
Gelas
dan kayu
·
Mengidentifikasi kepadatan kaca
·
Mengidentifikasi kekerasan kayu
|
3 jp
|
Oktober /3
|
|
4
|
Tes
tulis
|
2 jp
|
Oktober /4
|
|
5
|
1
|
Sistem
pencernaan makanan
Makanan
·
Uji nutrisi bahan makanan
|
3 jp
|
Oktober /4
|
2
|
·
Identifikasi bahan makanan
·
Menguji vitamin C pada buah
|
2 jp
|
Oktober /5
|
|
3
|
Saluran
pencernaan makanan
·
Membuat model saluran pencernaan makanan
|
3 jp
|
Oktober /5
|
|
4
|
·
Pencernaan mekanis dan kimiawi
|
2 jp
|
November /
1
|
|
5
|
·
Membuat model penyerapan di usus halus
·
Peristiwa fisika pada saluran pencernaan makanan
|
3 jp
|
November /
1
|
|
6
|
Tes
tulis
|
2 jp
|
November /
2
|
|
6
|
1
|
Zat
aditif dan zat adiktif
·
Uji pewarna tekstil pada bahan makanan
|
3 jp
|
November /
2
|
2
|
·
Berbagai macam bahan aditif yang sering dipakai
pada produk makanan
·
Mendaftar nama-nama bahan aditif pada produk bahan
makanan
·
Klasifikasi bahan aditif pada suatu produk bahan
makanan
|
2 jp
|
November /
3
|
|
3
|
·
Bahan adiktif yang sering dikonsumsi, narkotika
dan psikotropika
·
Analisis artikel tentang peredaran narkotika
dan psikotropika di Indonesia dan efek penggunaan narkotika dan
psikotropika pada manusia
|
3 jp
|
November /
3
|
|
4
|
Tes
tulis
|
2 jp
|
November /
4
|
SEMESTER II
Bab
|
Pertemuan ke
|
Materi
|
Jam
Pelajaran
|
Bulan
minggu
|
7
7
|
1
|
Sistem
transportasi pada tumbuhan
·
Mengidentifikasi jaringan yang berperan dalam
sistem transportasi tumbuhan dengan mengkaji ulang percobaan “ Penyelidikan
Transpor pada tanaman “ pada Bab 3
|
3 jp
|
Januari/3
|
2
|
Darah
·
Mengidentifikasi komponen penyususn darah dengan
menggunakan model tiruan darah
|
2 jp
|
Januari/3
|
|
3
|
Organ
peredaran darah
·
Menghitung denyut nadi
|
3 jp
|
Januari/4
|
|
4
|
Organ-organ
pernafasan pada manusia
·
Mengidentifikasi organ-organ pernafasan pada
manusia
|
2 jp
|
Januari/4
|
|
5
|
Mekanisme
pernafasan pada manusia dan gangguan pada sistem pernafasan
·
Melakukan percobaan pernafasan dada dan pernafasan
perut
|
3 jp
|
Februari/1
|
|
6
|
Tes
tulis
|
2 jp
|
Februari/1
|
|
8
|
1
|
Sistem
Ekskresi
·
Sistem ekskresi pada manusia
·
Membuat peta konsep mengenai struktur dan fungsi
organ dalam ekskresi
|
3 jp
|
Februari/2
|
2
|
Ginjal
·
Melakukan percobaan penyaringan darah sederhana
·
Mekanisme pengeluaran urine
|
2 jp
|
Februari/2
|
|
3
|
Kulit,
paru-paru dan hati
·
Menjelaskan pengaturan pengeluaran urine dan
keringat
·
Melakukan demostrasi zat yang dikeluarkan dari
sistem pernafasan
|
3 jp
|
Februari/3
|
|
4
|
Gangguan
pada sistem ekskresi
·
Melakukan uji urine
|
2 jp
|
Februari/3
|
|
5
|
Pola
hidup sehat untuk menjaga sistem eksrkesi
·
Menyusun pola hidup yang harus dan tidak boleh
dilakukan untuk menjaga kesehatan sistem ekskresi
|
3 jp
|
Februari/4
|
|
6
|
Tes
tulis
|
2 jp
|
Februari/4
|
|
9
|
1
|
Struktur
indera pendengaran
·
Struktur telinga manusia
·
Kerja gendang telinga
·
Percobaan bandul mengenai getaran
|
3 jp
|
Maret/1
|
2
|
Poses
mendengar
·
Percobaan gelombang
·
Percobaan terbentuknya bunyi
|
2 jp
|
Maret/1
|
|
3
|
Bunyi
·
Percobaan proses pendengaran
·
Percobaan bunyi (tinggi, rendah dan kuat, lemah
bunyi)
|
3 jp
|
Maret/2
|
|
4
|
Resonansi
·
Percobaan resonansi pada ayunan
·
Pemanfaatan pemantulan bunyi
|
2 jp
|
Maret/2
|
|
5
|
Pemantulan
bunyi
·
Percobaan pemantulan bunyi
·
Pemanfaatan pemantulan bunyi
|
3 jp
|
Maret/3
|
|
6
|
Sistem
sonar
·
Melakukan analisis ekolasi pada kelelawar yang
memanfaatkan sistem sonar
·
Pemanfaatan sistem sonar
·
Dampak adanya sistem sonar
|
2 jp
|
Maret/3
|
|
7
|
Tes
tulis
|
2 jp
|
Maret/4
|
|
10
|
1
|
Sifat-sifat
cahaya
·
Mengidentifikasi berbagai sifat cahaya dengan
melakukan berbagai macam percobaan
|
3 jp
|
Maret/4
|
2
|
Pembentukan
bayangan pada lensa
·
Menyelesaikan percobaan pembentukancahaya pada
cermin datar
|
2 jp
|
April/1
|
|
3
|
Pembentukan
bayangan pada lensa
·
Menjelaskan sinar-sinar istimewa pada pembiasan
cahaya oleh lensa cembung dan cekung
·
Melukiskan pembentukan bayangan pada lensa dengan
menggunakan diagram sinar istimewa
|
3 jp
|
April/1
|
|
4
|
Sistem
penglihatan mata pada manusia (cahaya)
·
Menjelaskan pentingnya cahaya bagi sistem penglihatan
manusia
·
Melakukan percobaan pembentukan bayangan pada
lensa cembung untuk menjelaskan proses pembentukan bayangan pada mata manusia
|
2 jp
|
April/2
|
|
5
|
Bagian-bagian
mata dan jalannya cahaya pada mata
·
Mengidentifikasi bagian-bagian mata manusia
·
Menjelaskan dan menyimpulkan proses pembentukan
bayangan pada mata manusia
|
3 jp
|
April/2
|
|
6
|
Pemanfaatan
Alat Optik
·
Mengidentifikasi berbagai macam
alat optik yang ada di sekitar siswa serta memahami prinsip kerja
masing-masing alat optik
|
2 jp
|
April/3
|
|
7
|
Tes
tulis
|
1 JP
|
||
1
|
Struktur
bumi dan bencana
·
Mendiskusikan struktur lapisan bumi
|
2 jp
|
April/3
|
|
2
|
·
Mendiskusikan fenomena gempa bumi
·
Membuat miniatur gunnung berapi
·
Melakukan percobaan untuk membuktikan pengaruh
kekentalan magma terhadap erupsi
sebuah gunung
·
Melakukan simulasi tindakan yang dapat dilakukan
pada saat terjadi gempa bumi
|
3 jp
|
April/4
|
|
3
|
Sistem
tata surya
·
Membuat model orbit planet
·
Mendiskusikan karakteristik komponen tata surya
·
Mencari informasi tentang planet-planet penyusun
tata surya
|
2 jp
|
April/4
|
|
4
|
Sistem
tata surya
·
Mendiskusikan gerak planet pada orbit tata surya
·
Membuat model perbandingan jarak komponen tata
surya
·
Mengamati berbagai fase bulan
|
3 jp
|
Mei/1
|
|
5
|
Sistem
tata surya
·
Mendiskusikan rotasi, revolusi bumi serta
peristiwa yang diakibatkannya
·
Mencari informasi tentang perubahan musim yang
terjadi di bumi bagian utara (BBU) dan bumi bagian selatan (BBS)
|
2 jp
|
Mei/1
|
|
6
|
Tes
tulis
|
1 jp
|
Mei/2
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar