Jumat, 09 Januari 2015

Lembar Kerja Siswa Tentang Gaya (IPA kelas 8)



LEMBAR KERJA SISWA TENTANG GAYA
Nama :                                                                                                                                                                    Kelas/no absen/kelompok :

I.                    Kompetensi Dasar :                                                                                       Mengidentifikasi  jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya.

II.                  Tujuan :                                                                                                                          Mengetahui jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya.


III.                Alat dan Bahan :
1.       Buku paket IPA

IV.                Cara Kerja :
1.       Isilah pertanyaan- pertanyaan di bawah ini!

V.                  Pertanyaan :
1.       Jelaskan pengertian gaya!
2.       Sebutkan macam-macam gaya!
3.       Jelaskan perbedaan gaya sentuh dengan gaya tak sentuh!
4.       Sebutkan 2 contoh gaya sentuh dan gaya tak sentuh1
5.       Perubahan apa yang ditimbulkan gaya !
6.       Gambarkan diagram vektor untuk menggambarkan gaya yang panjangnya 4 satuan
a.       Sebuah gaya F  yang arahnya ke kanan dan besarnya 8 N
b.      Sebuah gaya F yang arahnya ke kiri dan besarnya 24 N
7.       Apa yang dimaksud dengan resultan gaya ? Tuliskan rumusnya !
8.       Sebuah gaya F yang berarah ke kanan dan besarnya 20 N dilukiskan dengan diagram vektor yang panjangnya 4 cm. Lukiskan digram vektor gaya-gaya tersebut!
a.       F 1 = 25 N ke kanan
b.      F 2  = 15 N ke kanan
c.       F 3 = 30 N ke kiri
d.      F 4 = 10 N ke kiri
9.       Diketahui gaya F 1 = 4 N ke kanan, gaya F 2 = 6 N ke kiri, F 3 = 8 N ke kanan dan F 4 = 5 N ke kiri. Tentukan besar dan arah gaya resultan berikut!
a.       F 1 + F 2
b.      F 3 + F 4
c.       F 1 + F 2 + F3
d.      F 2 + F 3 + F 4
10.   Apa yang dimaksud dengan kesetimbangan!
11.   Jelaskan syarat terjadinya kesetimbangan!

VI.                Jawaban pertanyaan
VII.              Kesimpulan

1 komentar: