RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMPN I Tarogong Kaler
Mata Pelajaran : IPA/Fisika
Kelas/Semester : VIII/2
Jumlah Pertemuan : 4 X 40 menit
A.
Standar
Kompetensi
5. Memahami peranan usaha, gaya
dan energi dalam kehidupan sehari-hari
B.
Kompetensi
Dasar
5.1 Mengidentifikasi jenis-jenis
gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya
C.
Indikator
1. Menjelaskan
pengertian gaya
2. Membedakan
gaya sentuh dengan gaya tak sentuh
3. Menyebutkan
2 contoh gaya sentuh dan gaya tak sentuh
4. Mengamati
perubahan yang ditimbulkan gaya
5. Menuliskan
diagram vektor untuk menggambarkan gaya
6. Menjelaskan
pengertian resultan gaya
7. Menentukan
resultan gaya-gaya yang searah
8. Menentukan
resultan gaya-gaya yang berlawanan arah
9. Menjelaskan
pengertian kesetimbangan
10. Menjelaskan
syarat terjadinya kesetimbangan
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui
tanya jawab siswa dapat menjelaskan pengertian gaya
2. Melalui
studi pustaka siswa dapat membedakan gaya sentuh dengan gaya tak sentuh
3. Melalui
diskusi siswa dapat menyebutkan 2 contoh gaya sentuh dan gaya tak sentuh
4. Melalui
percobaan siswa dapat mengamati perubahan yang ditimbulkan gaya
5. Melalui
diskusi siswa dapat menuliskan diagram vektor untuk menggambarkan gaya
6. Melalui
studi pustaka siswa dapat menjelaskan pengertian resultan gaya
7. Melalui
percobaan siswa dapat menentukan resultan gaya-gaya yang searah
8. Melalui
diskusi siswa dapat menentukan resultan gaya-gaya yang berlawanan arah
9. Melalui
diskusi siswa dapat menjelaskan pengertian kesetimbangan
10. Melalui
studi pustaka siswa dapat menjelaskan syarat terjadinya kesetimbangan
E.
Karakter
yang diharapkan
1. Disiplin
2. Tekun
3. Tanggung
jawab
4. Teliti
F.
Materi
Ajar
1. Gaya
adalah suatu tarikan atau dorongan yang bekerja pada benda
2. Gaya
sentuh adalah gaya yang bekerja pada suatu benda dengan melalui sentuhan dan
gaya tak sentuh adalah gaya yang bekerja pada suatu benda tanpa menyentuhnya
3. Contoh
gaya sentuh adalah :
a. Seorang
anak mendorong meja
b. Ibu
mengangkat barang belanjaannya
contoh gaya tak sentuh
adalah :
a. Gaya
magnet
b. Gaya
listrik
4. Perubahan
yang ditimbulkan oleh gaya adalah :
a. Menyebabkan
perubahan kecepatan gerak benda
b. Menyebabkan
benda diam menjadi bergerak atau sebaliknya
c. Mengubah
arah gerak benda
d. Mengubah
bentuk suatu benda
5. Diagram
vektor
6. Resultan
gaya adalah gabungan dari beberapa gaya yang bekerja pada sebuah benda
7. Dik
: F1 = 25 N , F2 = 35 N. Jadi F R = F 1 +
F2 = 25 N + 35 N = 60 N
8. Diketahui
F1 = 18 N ke (kanan). F 2 = - 22 N ( ke kiri ). Jadi F R = F1 + F 2 = 18 N – 22
N = -4 ( ke kiri )
9. Kesetimbangan
adalah keadaan ketika resultan gaya yang bekerja pada sebuah benda sama dengan
nol.benda dalam keadaan setimbang tidak mengalami perubahan gerak
10. Syarat
terjadinya kesetimbangan adalah
∑
F = 0, yaitu resultan gaya yang bekerja adalah 0
G.
Alokasi
Waktu
4 X 40 menit
H.
Strategi
Pembelajaran
1. Model
Pembelajaran : Cooperative Learning type STAD
2. Pendekatan : Kontekstual
3. Metode : Diskusi kelompok dan pengamatan
I.
Kegiatan
Pembelajaran
Langkah-langkah kegiatan
a. Kegiatan
Pendahuluan ( 10 `)
Ø Mengucapkan
salam (sopan santun)
Ø Ber
do`a sebelum belajar (religius)
Ø Mengabsen
siswa (disiplin)
Ø Apersepsi
: Apa yang kalian ketahui tentang gaya?
Ø Motivasi
: Menjelaskan tujuan kompetensi yang akan dicapai
b. Kegiatan
inti (50 `)
Eksplorasi
Ø Guru
memberi pertanyaan tentang gaya dan macam-macam gaya (rasa ingin tahu)
Ø Guru
membimbing siswa dalam pembentukan kelompok (disiplin, kerjasama)
Elaborasi
Ø Guru
membagikan lembar kerja (rasa ingin tahu)
Ø Guru
menyajikan pelajaran
Ø Guru
memberi tugas pada ketua kelompok untuk
untuk dikerjakan oleh anggota kelompok. Anggota yang tahu menjelaskan kepada
anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti (kerjasama dan
toleransi)
Ø Guru
memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis siswa
tidak boleh saling memberi tahu (disiplin)
Konfirmasi
Ø Guru
menanggapi hasil kerja/jawaban dari pertanyaan yang diajukan
c. Kegiatan
Penutup (20`)
Ø Memberi
penghargaan kepada siswa yang mendapat nilai terbaik
Ø Guru
membimbing siswa untuk membuat kesimpulan
Ø Guru
memberikan evaluasi
J.
Sumber
dan Media Belajar
1. Sumber
buku acuan : Buku IPA kelas VIII
2. Media
Pembelajaran : LKS, Proyektor, alat dan
bahan yang sesuai dengan LKS
K.
Penilaian
Indikator
pencapaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk
instrumen
|
Instrumen
|
Asfek
|
1.
Menjelaskan pengertian gaya
|
Tes
tulis
|
Uraian
|
Jelaskan pengertian gaya
|
Afektif
C 2
|
2.
Membedakan gaya sentuh dengan gaya tak sentuh
|
Tes
tulis
|
Uraian
|
Bedakan gaya sentuh dengan gaya tak sentuh
|
Afektif
C
2
|
3.
Menyebutkan 2 contoh gaya sentuh dan gaya tak sentuh
|
Tes
tulis
|
Uraian
|
Sebutkan 2 contoh gaya sentuh dan gaya tak
sentuh
|
Kognitif
C
2
|
4.
Meyebutkan perubahan yang ditimbulkan gaya
|
Tes
tulis
|
Uraian
|
Menyebutkan perubahan apa yang ditimbulkan
gaya
|
Kognitif
C
1
|
5.
Menuliskan diagram vektor untuk menggambarkan gaya
|
Tes
tulis
|
Uraian
|
Tuliskan diagram vektor untuk menggambarkan gaya
|
Kognitif
C
1
|
6.
Menjelaskan pengertian resultan gaya
|
Tes
tulis
|
Uraian
|
Jelaskan pengertian resultan gaya
|
Afektif
C
2
|
7.
Menentukan resultan gaya-gaya yang searah
|
Tes
tulis
|
Uraian
|
Diketahui
: F1 = 250 N arah ke kanan dan F2 =
200 N arah ke kanan. Berapakah resultan gayanya ( F R )?
|
Penerapan
C
3
|
8.
Menentukan resultan gaya-gaya yang berlawanan arah
|
Tes
tulis
|
Uraian
|
Diketahui
: F1 = 250 N ke kanan dan F2 = 200 N ke kiri. Berapakah FR?
|
Penerapan
C
3
|
9.
Menjelaskan pengertian kesetimbangan
|
Tes
tulis
|
Uraian
|
Jelaskan pengertian kesetimbangan
|
Afektif
C
2
|
10.
Menjelaskan syarat terjadinya kesetimbangan
|
Tes
tulis
|
Uraian
|
Jelaskan syarat terjadinya kesetimbangan
|
Afektif
C
2
|
Kunci Jawaban
1. Gaya
adalah suatu tarikan atau dorongan yang bekerja pada benda
2. Gaya
sentuh adalah gaya yang bekerja pada suatu benda dengan melalui sentuhan dan
gaya tak sentuh adalah gaya yang bekerja pada suatu benda tanpa menyentuhnya
3. Contoh
gaya sentuh adalah :
c. Seorang
anak mendorong meja
d. Ibu
mengangkat barang belanjaannya
contoh gaya tak sentuh
adalah :
c. Gaya
magnet
d. Gaya
listrik
4. Perubahan
yang ditimbulkan oleh gaya adalah :
a. Menyebabkan
perubahan kecepatan gerak benda
b. Menyebabkan
benda diam menjadi bergerak atau sebaliknya
c. Mengubah
arah gerak benda
d. Mengubah
bentuk suatu benda
5. Diagram
vektor
6. Resultan
gaya adalah gabungan dari beberapa gaya yang bekerja pada sebuah benda
7. Dik
: F1 = 250 N , F2 = 200 N. Jadi F R = F 1 +
F2 = 250 N + 200 N = 450 N
8. Diketahui
F1 = 250 N ke (kanan). F 2 = - 200 N ( ke kiri ). Jadi F R = F1 + F 2 = 250N –
200 N = 50 N
9. Kesetimbangan
adalah keadaan ketika resultan gaya yang bekerja pada sebuah benda sama dengan
nol.benda dalam keadaan setimbang tidak mengalami perubahan gerak
10. Syarat
terjadinya kesetimbangan adalah
∑
F = 0, yaitu resultan gayanya adalah 0
Skor
1. Skor
maksimum 1
2. Skor
maksimum 2
3. Skor
maksimum 2
4. Skor
maksimum 4
5. Skor
maksimum 4
6. Skor
maksimum 1
7. Skor
maksimum 1
8. Skor
maksimum 3
9. Skor
maksimum 3
10. Skor
maksimum 1
11. Skor
maksimum 1
Jumlah penskoran 23
Nilai akhir = Skor yang diperoleh X 100 %
Skor tertinggi
Pilihan Ganda
1. Gaya
adalah
a. suatu tarikan atau dorongan yang bekerja pada benda
b. jumlah
tarikan yang bekerja pada benda
c. jumlah
dorongan yang bekerja pada benda
d. jumlah
tarikan atau dorongan yang bekerja pada benda
2. Perbedaan
gaya sentuh dengan gaya tak sentuh adalah...(uraian) skor 2
3. Salah
satu contoh gaya tak sentuh adalah...
a. Gaya berat
b. Gaya
menarik meja
c. Gaya
gesekan
d. Gaya
mendorong lemari
4. Perubahan
yang ditimbulkan gaya adalah..
a. Menyebabkan
perubahan kecepatan gerak benda
b. Menyebabkan
benda diam menjadi bergerak atau sebaliknya
c. Mengubah
arah gerak dan bentuk suatu benda
d. Semua benar
5. Gambar
diagram vektor yang benar adalah...
a.
b.
c.
d.
6. Resultan
gaya adalah.... (uraian) skor 2
7. Dik
: F1 = 250 N , F2 = 200 N.
a. F R = 50 N
b. F
R = - 50 N
c. F R =
450 N
d. F
R = - 450 N
8. Dua
buah gaya F 1 = 45 n dan F 2 = 50 N memiliki arah yang berlawanan. Resultan
kedua gaya tersebut adalah....
a. 5 N searah dengan F 2
b. 5 N searah dengan F 1
c. 50
N searah dengan F 1
d. 50
N searah dengan F 2
9. Kesetimbangan
adalah....
a. keadaan ketika resultan gaya yang bekerja pada
sebuah benda tidak nol.benda dalam keadaan setimbang tidak
mengalami perubahan gerak
b. keadaan
ketika resultan gaya yang bekerja pada sebuah benda sama dengan nol.benda dalam
keadaan setimbang benda mengalami perubahan gerak
c. keadaan
ketika resultan gaya yang bekerja pada sebuah benda tidak nol.benda dalam
keadaan setimbang benda mengalami perubahan gerak
d. keadaan ketika resultan gaya yang bekerja pada sebuah benda sama
dengan nol.benda dalam keadaan setimbang tidak mengalami perubahan gerak
10. Benda
dalam keadaan setimbang jika pada benda tersebut...
a. Terdapat
sejumlah gaya yang besarnya sama
b. Resultan seluruh gaya yang bekerja sama dengan nol
c. Terdapat
dua gaya yang searah
d. Terdapat
empat buah gaya yang tidak searah
Skor PG adalah 1 untuk
setiap soal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar