RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
2
Sekolah
: SMPN I Tarogong Kaler
Mata
Pelajaran : IPA/Fisika
Kelas/Semester : VIII/2
Jumlah
Pertemuan : 4 X 40
menit
A.
Standar Kompetensi
5.
Memahami peranan usaha, gaya dan energi dalam kehidupan sehari-hari
B.
Kompetensi Dasar
5.2
Menerapkan hukum Newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan
sehari-hari
C.
Indikator
1.
Menyebutkan
bunyi hukum I Newton
2.
Menyebutkan
penerapan hukum I Newton dalam kehidupan sehari-hari
3.
Menyebutkan
bunyi hukum II Newton
4.
Menyebutkan
penerapan hukum II Newton dalam kehidupan sehari-hari
5.
Menyebutkan
bunyi hukum III Newton
6.
Menyebutkan
penerapan hukum III Newton dalam kehidupan sehari-hari
7.
Menjelaskan
pengertian gaya gesekan
8.
Menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi gaya gesekan
9.
Menyebutkan
gaya gesekan yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari
10.
Menyebutkan
gaya gesekan yang merugikan dalam kehidupan sehari-hari
11.
Menjelaskan
pengertian gaya berat
12.
Menjelaskan
faktor yang mempengaruhi gaya berat di permukaan bumi
13.
Membedakan
pengertian berat dengan massa suatu benda
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui
tanya jawab siswa dapat menyebutkan bunyi hukum I Newton
2.
Melalui
diskusi siswa dapat menyebutkan penerapan hukum I Newton dalam kehidupan
sehari-hari
3.
Melalui
studi pustaka siswa dapat menyebutkan bunyi hukum II Newton
4.
Melalui
diskusi siswa dapat menyebutkan penerapan hukum II Newton dalam kehidupan
sehari-hari
5.
Melalui
tanya jawab siswa dapat menyebutkan bunyi hukum III Newton
6.
Melalui
studi pustaka siswa dapat menyebutkan penerapan hukum III Newton dalam
kehidupan sehari-hari
7.
Melalui
tanya jawab siswa dapat menjelaskan pengertian gaya gesekan
8.
Melalui
pengamatan siswa dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi gaya gesekan
9.
Melalui
studi pustaka siswa dapat menyebutkan gaya gesekan yang bermanfaat dalam
kehidupan sehari-hari
10.
Melalui
diskusi siswa dapat menyebutkan gaya gesekan yang merugikan dalam kehidupan
sehari-hari
11.
Melalui
studi pustaka siswa dapat menjelaskan pengertian gaya berat
12.
Melalui
tanya jawab siswa dapat menjelaskan faktor yang mempengaruhi gaya berat di
permukaan bumi
13.
Melalui
studi pustaka siswa dapat membedakan pengertian berat dengan massa suatu benda
E.
Karakter yang diharapkan
1.
Disiplin
2.
Tekun
3.
Tanggung
jawab
4.
Teliti
F.
Materi Ajar
1.
Bunyi
hukum I Newton : sebuah benda terus dalam keadaan diam atau terus bergerak
dengan kelajuan tetap, kecuali jika ada gaya luar yang memaksa benda tersebut
mengubah keadaannya atau
∑ F = 0
Atau hukum I Newton juga menggambarkan sifat benda yang
selalu mempertahankan keadaan diam atau keadaan bergeraknya yang dinamakan
inersia atau kelembaman. Maka disebut juga hukum kelembaman.
2.
Contoh
hukum I Newton
a.
Ketika
mobil direm secara mendadak, maka tubuh akan terdorong ke depan berlawanan arah
dengan gaya pengereman
b.
Kendaraan
yang berada dalam keadaan diam. Kemudian tiba-tiba kendaraan tersebut bergerak,
tubuhmu akan terasa seperti terdorng ke belakang.
3.
Hukum
II Newton :
Percepatan yag
dihasilkan oleh resultan gaya yang bekerja pada suatu benda berbanding lurus
dengan resultan gaya dan berbanding terbalik dengan massa benda.
a = ∑ F
m
keterangan
F = resultan gaya (N)
m = massa benda (kg)
a = percepatan benda (N/kg)
4.
Penerapan
hukum II Newton :
Contoh : sebuah benda
bermassa 4,5 kg dan diberi percepatan sebesar 2 N/kg. Berapakah gaya yang
bekerja pada benda itu?
F = m.a
4,5 kg x 2 N/kg = 9 N
5.
Bunyi
hukum III Newton :
Dari suatu gaya yang bekerja pada suatu benda terjadi gaya
reaksi yang sama besar , tetapi arahnya berlawan
F aksi = - F reaksi
6.
Hukum
III Newton : Jika kamu memberikan gaya pada suatu benda (gaya aksi), kamu akan
mendapatkan gaya yang sama besar, tetapi arahnya berlawanan (gaya reaksi)
dengan gaya yang kamu berikan.
7.
Penerapan
hukum III Newton adalah penyelam yang berenang dilaut, kaki dan tangan
mendorong air ke belakang (gaya
aksi)sehingga badan akan terdorong ke depan sebagai gaya reaksi.
8.
Gesekan
adalah gaya yang terjadi akibat pergesekan suatu benda di atas permukaan bidang
9.
Yang
mempengaruhi gaya gesekan adalah kasar
dan halusnya permukaan bidang
10.
Gaya
gesekan yang bermanfaat adalah :
a.
Karena
adanya gaya gesekan kamu berjalan di atas tanah tanpa tergelincir
b.
Gaya
gesekan antara ban mobil dengan jalan mobil dapat bergerak dengan baik
c.
Rem
kendaraan, sehingga laju kendaraan dapat dikurangi atau dihentikan
11.
Kerugian
dari gaya gesekan :
a.
Gesekan
antara bagian-bagian yang ada dalam
mesin mobil dapat menimbulkan panas yang
berlebihan. Hal ini dapat mengakibatkan mesin mobil cepat rusak. Diberi oli
untuk mengurangi gesekan.
b.
Gesekan
antara ban mobil dengan jalan akan mengakibatkan ban mobil cepat aus dan menghambat gerak
mobil
c.
Gesekan
antara air laut dan kapal laut dapat menghambat gerak kapal laut. Ujung kapal
dibuat lancip untuk mengatasi gesekan.
12.
Gaya
berat adalah perkalian antara percepatan gravitasi bumi dengan massa benda, W = m.g
13.
Faktor
yang mempengaruhi gaya berat di bumi adalah massa dan gravitasi bumi
14.
Berat benda adalah gaya gravitasi bumi yang
bekerja pada suatu benda. Memilki arah yang tegak lurus terhadap permukaan
bumi. Salah satu bentuk gaya. Diukur dengan neraca pegas atau dinamometer.
Satuannya Newton.
Massa adalah ukuran
banyaknya matei yang terkandung dalam suatu benda. Besaran skalar. Satuan kg.
Diukur dengan neraca.
G.
Alokasi Waktu
4
X 40 menit
H.
Strategi Pembelajaran
1.
Model
Pembelajaran : Cooperative Learning type STAD
2.
Pendekatan : Kontekstual
3.
Metode : Diskusi kelompok dan pengamatan
I.
Kegiatan Pembelajaran
Langkah-langkah
kegiatan
a.
Kegiatan
Pendahuluan ( 10 `)
Ø
Mengucapkan
salam (sopan santun)
Ø
Ber
do`a sebelum belajar (religius)
Ø
Mengabsen
siswa (disiplin)
Ø
Apersepsi
: Apa yang akan terjadi jika mobil yang kamu tumpangi itu berhenti secara
tiba-tiba?
Ø
Motivasi
: Menjelaskan tujuan kompetensi yang akan dicapai
b.
Kegiatan
inti
Eksplorasi
Ø
Guru
memberi pertanyaan :sebutkan bunyi hukum I Newton (rasa ingin tahu)
Ø
Guru
membimbing siswa dalam penbentukan kelompok (disiplin, kerjasama)
Elaborasi
Ø
Guru
membagikan lembar kerja (rasa ingin tahu)
Ø
Guru
menyajikan pelajaran
Ø
Guru
memberi tugas pada ketua kelompok untuk
untuk dikerjakan oleh anggota kelompok. Anggota yang tahu menjelaskan kepada
anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti (kerjasama dan
toleransi)
Ø
Guru
memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis siswa
tidak boleh saling memberi tahu (disiplin)
Konfirmasi
Ø
Guru
menanggapi hasil kerja/jawaban dari pertanyaan yang diajukan
c.
Kegiatan
Penutup (20`)
Ø
Memberi
penghargaan kepada siswa yang mendapat nilai terbaik
Ø
Guru
membimbing siswa untuk membuat kesimpulan
Ø
Guru
memberikan evaluasi
J.
Sumber dan Media Belajar
1.
Sumber
buku acuan : Buku IPA kelas VIII
2.
Media
Pembelajaran : LKS, Proyektor, alat dan
bahan yang sesuai dengan LKS
K. Penilaian
Indikator
pencapaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk
instrumen
|
Instrumen
|
Asfek
|
1.
Menyebutkan bunyi hukum I Newton
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Sebutkan
bunyi hukum I Newton
|
Kognitif
C 1
|
2.
Menyebutkan penerapan hukum I Newton dalam kehidupan
sehari-hari
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Sebutkan
penerapan hukum I Newton dalam kehidupan sehari-hari
|
Kognitif
C 1
|
3.
Menyebutkan bunyi hukum II Newton
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Sebutkan
bunyi hukum II Newton
|
Kognitif
C 1
|
4.
Menyebutkan penerapan hukum II Newton dalam kehidupan
sehari-hari
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Sebutkan
penerapan hukum II Newton dalam kehidupan sehari-hari
|
Kognitif
C 1
|
5.
Menyebutkan bunyi hukum III Newton
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Sebutkan
bunyi hukum III Newton
|
Kognitif
C 1
|
6.
Menyebutkan penerapan hukum III Newton dalam kehidupan
sehari-hari
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Sebutkan
penerapan hukum III Newton dalam kehidupan sehari-hari
|
Kognitif
C 1
|
7.
Menjelaskan pengertian gaya gesekan
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan
pengertian gaya gesekan
|
Afektif
C 2
|
8.
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi gaya gesekan
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi gaya gesekan
|
Afektif
C 2
|
9.
Menyebutkan gaya gesekan yang bermanfaat dalam kehidupan
sehari-hari
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Sebutkan
gaya gesekan yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari
|
Kognitif
C 1
|
10.
Menyebutkan gaya gesekan yang merugikan dalam kehidupan
sehari-hari
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Sebutkan
gaya gesekan yang merugikan dalam kehidupan sehari-hari
|
Kognitif
C 1
|
11.
Menjelaskan pengertian gaya berat
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan
pengertian gaya berat
|
Afektif
C 2
|
12.
Menjelaskan faktor yang mempengaruhi gaya berat di
permukaan bumi
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan
faktor yang mempengaruhi gaya berat di permukaan bumi
|
Afektif
C 2
|
13.
Membedakan pengertian berat dengan massa suatu benda
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Bedakan
pengertian berat dengan massa suatu benda
|
Afektif
C 2
|
Kunci Jawaban
1.
Bunyi hukum I Newton : sebuah benda terus
dalam keadaan diam atau terus bergerak dengan kelajuan tetap, kecuali jika ada
gaya luar yang memaksa benda tersebut mengubah keadaannya atau
∑ F = 0
Atau hukum I Newton juga menggambarkan sifat benda yang
selalu mempertahankan keadaan diam atau keadaan bergeraknya yang dinamakan
inersia atau kelembaman. Maka disebut juga hukum kelembaman.
2.
Contoh
hukum I Newton
a.
Ketika
mobil direm secara mendadak, maka tubuh akan terdorong ke depan berlawanan arah
dengan gaya pengereman
b.
Kendaraan
yang berada dalam keadaan diam. Kemudian tiba-tiba kendaraan tersebut bergerak,
tubuhmu akan terasa seperti terdorng ke belakang.
3.
Hukum
II Newton :
Percepatan yag dihasilkan oleh
resultan gaya yang bekerja pada suatu benda berbanding lurus dengan resultan
gaya dan berbanding terbalik dengan massa benda.
a = ∑ F
m
keterangan
F = resultan gaya (N)
m = massa benda (kg)
a = percepatan benda (N/kg)
4.
Penerapan
hukum II Newton :
Contoh : sebuah
benda bermassa 4,5 kg dan diberi percepatan sebesar 2 N/kg. Berapakah gaya yang
bekerja pada benda itu?
F = m.a
4,5 kg x 2 N/kg = 9 N
5.
Bunyi
hukum III Newton :
Dari suatu gaya yang bekerja pada suatu benda terjadi gaya
reaksi yang sama besar , tetapi arahnya berlawanan
F aksi = - F reaksi
6.
Penerapan
hukum III Newton adalah penyelam yang berenang dilaut, kaki dan tangan
mendorong air ke belakang (gaya
aksi)sehingga badan akan terdorong ke depan sebagai gaya reaksi.
7.
Gesekan
adalah gaya yang terjadi akibat pergesekan suatu benda di atas permukaan bidang
8.
Yang
mempengaruhi gaya gesekan adalah kasar
dan halusnya permukaan bidang
9.
Gaya
gesekan yang bermanfaat adalah :
a.
Karena
adanya gaya gesekan kamu berjalan di atas tanah tanpa tergelincir
b.
Gaya
gesekan antara ban mobil dengan jalan mobil dapat bergerak dengan baik
c.
Rem
kendaraan, sehingga laju kendaraan dapat dikurangi atau dihentikan
10.
Kerugian
dari gaya gesekan :
a.
Gesekan
antara bagian-bagian yang ada dalam
mesin mobil dapat menimbulkan panas yang
berlebihan. Hal ini dapat mengakibatkan mesin mobil cepat rusak. Diberi oli
untuk mengurangi gesekan.
b.
Gesekan
antara ban mobil dengan jalan akan mengakibatkan ban mobil cepat aus dan menghambat gerak
mobil
c.
Gesekan
antara air laut dan kapal laut dapat menghambat gerak kapal laut. Ujung kapal
dibuat lancip untuk mengatasi gesekan.
11.
Gaya
berat adalah perkalian antara percepatan gravitasi bumi dengan massa benda
12.
Faktor
yang mempengaruhi gaya berat di bumi adalah massa dan gravitasi bumi
13.
Berat benda adalah gaya gravitasi bumi yang
bekerja pada suatu benda. Memilki arah yang tegak lurus terhadap permukaan bumi.
Salah satu bentuk gaya. Diukur dengan neraca pegas atau dinamometer. Satuannya
Newton.
Massa adalah ukuran
banyaknya materi yang terkandung dalam suatu benda. Besaran skalar. Satuan kg.
Diukur dengan neraca.
Skor
Jumlah penskoran
Nilai akhir = Skor
yang diperoleh X 100 %
Skor
tertinggi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar