RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
3
Sekolah : SMPN I Tarogong Kaler
Mata Pelajaran : IPA/Fisika
Kelas/Semester : VIII/2
Jumlah Pertemuan : 4 X 40 menit
A.
Standar
Kompetensi
5. Memahami peranan usaha, gaya
dan energi dalam kehidupan sehari-hari
B.
Kompetensi
Dasar
5.3
Menjelaskan hubungan bentuk energi dan perubahannya, prinsip usaha dan
energi serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
C.
Indikator
1. Menjelaskan
pengertian energi
2. Menyebutkan
bentuk-bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari
3. Menyebutkan
aplikasi konsep energi dan perubahannya dalam kehidupan sehari-hari
4. Menyebutkan
hukum kekekalan energi
5. Menjelaskan
pengertian energi mekanik
6. Membedakan
konsep energi kinetik dengan energi potensial
7. Menghitung
energi kinetik dengan menggunakan rumus Ek = ½ m.v ²
8. Menghitung
energi potensial dengn menggunakan rumus Ep = m.g.h
9. Menyebutkan
hukum kekekalan energi mekanik
10. Menjelaskan
pengertian usaha
11. Menghitung
usaha yang dilakukan oleh beberapa buah gaya
12. Menjelaskan
pengertian daya
13. Menentukan
besarnya daya yang dipakai dengan menggunakan rumus daya
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui
tanya jawab siswa dapat menjelaskan pengertian energi
2. Melalui
studi pustaka siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk energi dalam kehidupan
sehari-hari
3. Melalui
diskusi siswa dapat menyebutkan aplikasi konsep energi dan perubahannya dalam
kehidupan sehari-hari
4. Melalui
tanya jawab siswa dapat menyebutkan hukum kekekalan energi
5. Melalui
studi pustaka siswa dapat menjelaskan pengertian energi mekanik
6. Melalui
pengamatan siswa dapat membedakan konsep energi kinetik dengan energi potensial
7. Melalui
tanya jawab siswa dapat menghitung energi potensial dengn menggunakan rumus Ep
= m.g.h
8. Melalui
tanya jawab siswa dapat menghitung energi kinetik dengan menggunakan rumus Ek =
½ m.v ²
9. Melalui
studi pustaka siawa dapat menyebutkan hukum kekekalan energi mekanik
10. Melalui
tanya jawab siswa dapat menjelaskan pengertian usaha
11. Melalui
tanya jawab siswa dapat menghitung usaha yang dilakukan oleh beberapa buah gaya
12. Melalui
studi pustaka siswa dapat menjelaskan pengertian daya
13. Melalui
tanya jawab siswa dapat menentukan besarnya daya yang dipakai dengan
menggunakan rumus daya
E.
Karakter
yang diharapkan
1. Disiplin
2. Tekun
3. Tanggung
jawab
4. Teliti
F.
Materi
Ajar
1. Energi
adalah kemampuan untuk melakukan usaha
2. Bentuk
energi dalam kehidupan sehari-hari : energi kimia, energi listrik, energpanas,
energi bunyi, energi nuklir.
3. Perubahan
energi misal,
a.
Energi listrik menjadi energi panas
pada setrika listrik, kompor listrik, solder listrik
b. Energi
listrik menjadi energi cahaya sperti pada lampu listrik
c.
Energi listrik menjadi energi kimia
pada penyetruman aki
d. Energi
cahaya menjadi energi kimia misal pada fotosintesis
4. Hukum
kekekalan energi adalah energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat
dimusnahkan, melainkan hanya dapat diubah dari suatu bentuk ke bentuk lain.
5. Energi
mekanik adalah energi yang dimiliki suatu benda yang berkaitan dengan gerak
dengan rumus
6. Energi
potensial adalah energi yang disebabkan oleh posisis benda dan energi kinetik
adalah energi yang dimilki suatu benda karena kelajuannya
7. Rumus
energi potensial Ep = m. g.h
8. Rumus
energi kinetik Ek = ½ m.v²
9. Hukum
kekekalan energi mekanik : jumlah energi potensial gravitasi dan energi kinetik suatu benda
adalah tetap
Rumus
E M = Ep + Ek = tetap
10. Usaha
adalah perkalian antara gaya yang bekerja dengan besarnya perpindahan
11. Menghitung
usaha oleh beberapa gaya dengan rumus W = F s
12. Daya
adalah besarnya usaha atau perubahan energi yang terjadi tiap satuan waktu
13. Menentukan
besarnya daya yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan rumus P =
W/t
G.
Alokasi
Waktu
4
X 40 menit
H.
Strategi
Pembelajaran
1. Model
Pembelajaran : Cooperative Learning type Examples Non
Examples
2. Pendekatan : Kontekstual
3. Metode : Diskusi
kelompok
I.
Kegiatan
Pembelajaran
Langkah-langkah kegiatan
a.
Kegiatan Pendahuluan
Ø Mengucapkan
salam (sopan santun)
Ø Ber
do`a sebelum belajar (religius)
Ø Mengabsen
siswa (disiplin)
Ø Apersepsi
: Mengapa setelah melakukan aktiviras kita merasa lelah ?
Ø Motivasi
: Menjelaskan tujuan kompetensi yang akan dicapai
b. Kegiatan
inti
Eksplorasi
Ø Guru
memberi pertanyaan tentang usaha (rasa
ingin tahu)
Ø Guru
membimbing siswa dalam penbentukan kelompok (disiplin, kerjasama)
Elaborasi
Ø Guru
mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
Ø Guru
menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui OHP
Ø Guru
memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan
/menganalisa gambar
Ø Melalui
kelompok siswa, hasil analisa tersebut tersebut dicatat pada kertas
Ø Tiap
kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya
Konfirmasi
Ø Dari
hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin
dicapai
c.
Kegiatan Penutup
Ø Kesimpulan
J.
Sumber
dan Media Belajar
1. Sumber
buku acuan : Buku IPA kelas VIII
2. Media
Pembelajaran : Proyektor/gambar
K. Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
Asfek
|
Menjelaskan pengertian energi
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan pengertian energi
|
Afektif/C2
|
Menyebutkan bentuk-bentuk energi
dalam kehidupan sehari-hari
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Sebutkan bentuk-bentuk energi dalam
kehidupan sehari-hari
|
Kognitif/C1
|
Menyebutkan
aplikasi konsep energi dan perubahannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Sebutkan aplikasi konsep energi dan
perubahannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Kognitif/C1
|
Menyebutkan
Hukum Kekekalan Energi
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Sebutkan Hukum Kekekalan Energi
|
Kognitif/C1
|
Menjelaskan
pengertian energi mekanik
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan pengertian energi mekanik
|
Afektif/C2
|
Membedakan
konsep energi kinetik dengan energi potensial
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Bedakan konsep energi kinetik dengan
energi potensial
|
Afektif/C2
|
Menghitung
energi kinetik dengan menggunakan rumus
Ek
= ½ m.v ²
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Hitunglah energi kinetiknya bila
diketahui m = 2 kg dan v = 2 m/s
|
Aplikasi
C3
|
Menghitung
energi potensial dengan menggunakan rumus Ep = m.g.h
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Dik : m = 1 kg
g = 10 m/s
h = 2 m
Dit :
Ep ?
|
Aplikasi
C3
|
Menyebutkan
hukum kekekalan energi mekanik
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Sebutkan hukum kekekalan energi
mekanik
|
Kognitif/C1
|
Menjelaskan
pengertian usaha
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan pengertian usaha
|
Afektif/C2
|
Menghitung
usaha yang dilakukan dengan rumus
W
= F. s
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Hitunglah usaha yang dilakukan jika F
= 3 N dan
s =2 m
|
Aplikasi/C3
|
Menjelaskan pengertian daya
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan pengertian daya
|
Afektif/C2
|
Menentukan
besarnya daya yang dipakai dengan menggunakan rumus P = W/t
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Tentukan besarnya daya, jika w = 2
joule dan t = 2 s?
|
Aplikasi/C3
|
Soal PG
1. Kemampuan
untuk melakukan usaha disebut...
a.
Daya
b. Energi
c.
Gaya
d. Usaha
2. Kamu
dapat beraktivitas karena kamu mempunyai energi dari makanan yang diubah
menjadi energi, energi ini disebut...
a.
Kimia
b. Panas
c.
Listrik
d. Nuklir
3. Satuan
energi adalah...
a.
Newton
b. Joule
c.
Newtom/meter
d. Joule/sekon
4. Energi
yang dimiliki benda karena posisinya disebut energi...
a.
Potensial
b. Kinetik
c.
Mekanik
d. Semua
salah
5. Sebuah
peluru bermassa 2 kg ditembakkan dengan kelajuan 20 m/s. Energi kinetik peluru
adalah...
a.
4 Joule
b. 200
Joule
c.
400 Joule
d. 800
Joule
6. Sebuah
benda 1 kg berada pada kecepatan 7 m. Percepatan gravitasi di tempat itu adalah
10 m/s². Energi pitensial benda tersebut adalah...
a.
0,7 Joule
b. 7,0
Joule
c.
70,0 Joule
d. 700,0
Joule
7. Pernyataan
di bawah ini yang berhubungan dengan energi berhubungan dengan energi kinetik,
kecuali ...
a.
Bergantung massa
b. Bergantung
ketinggian
c.
Bergantung kuadrat
d. Semakin
besar kecepatannya semakin besar energi kinetiknya
8. Perubahan
energi pada aki yang dihubungkan dengan lampu adalah...
a.
Listrik – cahaya – kimia
b. Listrik
– kimia – cahaya
c.
Kimia – listrik – cahaya
d. Kalor
– listrik – cahaya
9. Alat
yang mengubah energi gerak menjadi energi listrik adalah...
a.
Baterai dan dinamo
b. Aki
dan baterai
c.
Dinamo dan generator
d. Aki
dan generator
10. Seorang
anak mendorong meja, tetapi meja tersebut tidak bergeser. Pernyataan berikut
yang benar adalah...
a.
Energinya sama dengan nol
b. Anak
tersebut tidak melakukan usaha
c.
Usaha ada tetapi kecil
d. Semua
salah
11. Sebuah
gaya 6 N bekerja pada sebuah lemari. Gaya tersebut mengakibatkan lemari
bergeser sejauh 5 m. Besar usahanya adalah...
a.
3 Nm
b. 30
Nm
c.
300 Nm
d. 12
Nm
12. Perhatikan
gambar di bawah ini!
|
10
N 30 N
Jika usaha yang ditimbulkan 1000 J,
jarak perpindahannya adalah...
a.
25 m ke kanan
b. 25
m ke kiri
c.
50 m ke kanan
d. 50
m ke kiri
13. Perubahan
energi persatuan waktu disebut...
a.
Usaha
b. Daya
c.
Gaya
d. Kecepatan
14. Satuan
daya adalah...
a.
Watt
b. Joule
c.
Nm
d. N
15. Sebuah
sepeda motor bermassa 100 kg berubah kelajuannya dari 20 m/s menjadi 30 m/s
dalam waktu 5 sekon menempuh jarak 200 m. Besar usaha yang dilakukan adalah...
a.
2 x 104
b. 4
x 104
c.
6 x 104
d. 8
x 104
Tidak ada komentar:
Posting Komentar