Jumat, 09 Januari 2015

SILABUS PEMBELAJARAN IPA KELAS 8 (KTSP)



SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah                                                  :   SMPN I Tarogong Kaler
Kelas                                                       :   VIII
Mata Pelajaran                                     :   IPA
Semester                                               :   2
Standar Kompetensi                          :    5.      Memahami peranan usaha, gaya dan energi dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi
Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber, alat dan bahan
5.1 Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya
1. Gaya adalah suatu tarikan atau dorongan
2. Jenis gaya adalah gaya sentuh dan gaya tak sentuh
3. Gaya sentuh adalah gaya yang bekerja pada suatu benda dengan melalui sentuhan dan gaya tak sentuh adalah gaya yang bekerja pada benda tanpa menyentuh benda tersebut
4. Contoh gaya sentuh adalah anak mendorong meja dan seorang ibu mengangkat tas dan contoh gaya tak sentuh adalah gaya listrik dan gaya magnet
5. Perubahan yang terjadi karena adanya gaya adalah perubahan kecepatan gerak benda, benda menjadi diam, mengubah arah gerak benda dan mengubah bentuk suatu benda.
6. Gambar vektor untuk gaya adalah


7. Resultan gaya adalah jumlah 2 atau lebih gaya
8. Diketahui : F1 = 10 N dan F2 = 6 N maka R = F1 + F2 + 10 N + 6 N = 16 N
9. Diketahui : F1 = 6 Newton  ke kiri dan F2 = 10 Newton ke kanan. Berapa resultan gayanya ?
R = F1 + F2 = - 6 + 10 = 4 Newton ke kanan
10. Diketahui
11. Kesetimbangan adalah keadaan ketika resultan gaya yang bekerja pada sebuah benda sama dengan nol
12.
·  Menjelaskan pengertian gaya
·  Menentukan macam-macam gaya
·  Menentukan jenis-jenis gaya yang bekerja pada suatu benda
·  Menggambar gaya
·  Menghitung gaya segaris yang sarah
·  Menghitung gaya segaris yang berlawanan arah
·  Melakukan gaya gesek pada permukaan benda yang licin dan yang kasar
·  Mencari contoh gaya gesek yang merugikan dan menguntungkan dalam kehidupan sehari-hari
·  Mencari perbedaan berat dan massa


1.     Menjelaskan pengertian gaya
2.     Menyebutkan jenis-jenis gaya
3.     Membedakan gaya sentuh dengan gaya tak sentuh
4.     Menyebutkan 2 contoh gaya sentuh dan gaya tak sentuh
5.     Mengamati perubahan yang disebabkan gaya
6.     Menuliskan diagram vektor untuk menggambarkan gaya
7.     Menjelaskan pengertian resultan gaya
8.     Menentukan resultan gaya-gaya searah
9.     Menentukan resultan gaya-gaya yang berlawanan arah
10. Menetukan resultan gaya berbentuk sudut
11. Menjelaskan pengertian  kesetimbangan
12. Menjelaskan syarat terjadinya kesetimbangan
1.     Tes tulis
2.     PG dan uraian

4 X 40 menit
1.     Buku Siswa
2.     LKS
3.     Neraca
4.     OHP













SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah                                                  :   SMPN I Tarogong Kaler
Kelas                                                       :   VIII
Mata Pelajaran                                     :   IPA
Semester                                               :   2
Standar Kompetensi                            :   5. Memahami peranan usaha, gaya dan enrgi dalam kehidupan sehari-hariA

Kompetensi
Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber, alat dan bahan
5.2. Menerapkan hukum Newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari
1. Bunyi Hukum I Newton
2. Penerapan Hukum I Newton dalam kehidupan sehari-hari
3. Bunyi Hukum II Newton
4. Penerapan Hukum II Newto dalam kehidupan sehari-hari
5. Bunyi Hukum III Newton
6. Penerapan Hukum III Newton
7. Pengertian gaya gesekan
8. Faktor-faktor yang mempengaruhi gaya gesekan
9. Beda gaya gesekan statis dengan gaya gesekan kinetis
10. Gaya gesekan yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari
11. Gaya gesekan yang merugikan dalam kehidupan sehari-hari
12. Pengertian gaya berat
13. Faktor yang mempengaruhi gaya berat di permukaan bumi
14. Beda berat dengan massa benda
15. Gaya pada benda diam
·       Melakukan percobaan hukum I, II, III Newton
·       Dengan menggunakan alat
·       Mengaplikasikan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari
1.     Menyebutkan  bunyi Hukum I Newton
2.        Menyebutkan penerapan Hukum I Newton dalam kehidupan sehari-hari
3.       Menyebutkan bunyi Hukum II Newton
4.       Menyebutkan penerapan Hukum II Newton dalam kehidupan sehari-hari
5.     Menyebutkan bunyi Hukum III Newton
6.     Menyebutkan penerapan Hukum III Newton dalam kehidupan sehari-hari
7.     Menjelaskan pengertian gaya gesekan
8.      Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi gaya gesekan
9.      Membedakan gaya gesekan statis dengan gaya gesekan kinetis
10. Menyebutkan gaya gesekan yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari
11. Menyebutkan gaya gesekan yang merugikan dalam kehidupan sehari-hari
12. Menjelaskan Pengertian gaya berat
13.    Menjelaskan Faktor yang mempengaruhi gaya berat di permukaan bumi
14.   Membedakan berat dengan massa benda
15.   Menjelaskan  Gaya pada benda diam


1.     Tes tulis
2.     Uraian dan PG

4 X 40 menit
1.         Buku paket IPA
2.         LKS
3.         OHP
















SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah                                                  :   SMPN I Tarogong Kaler
Kelas                                                       :   VIII
Mata Pelajaran                                     :   IPA
Semester                                               :   2
Standar Kompetensi                            :   5. Memahami peranan usaha, gaya dan enrgi dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi
Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber, alat dan bahan
5.3     Menjelaskan hubungan bentuk energi dan perubahannya, prinsip usaha dan energi serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
1. Pengertian energi
2. Satuan energi
3. Bentuk-bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari
4. Aplikasi konsep energi dan perubahannya dalam kehidupan sehari-hari
5. Perubahan bentuk energi
6. Hukum kekekalan energi
7. Pengertian energi mekanik
8. Beda konsep energi kinetik dengan energi potensial
9. Bunyi hukum kekekalan energi mekanik
10. Pengertian usaha
11. Kaitan antara energi dengan usaha
12. Beda usaha yang bernilai positif dengan yang bernilai negatif
13. Menghitung usaha oleh beberapa gaya
14. Pengertian daya
15. Satuan daya
16. Besarnya daya yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari
·     Studi pustaka untuk mnedeskripsikan  pengertian energi dan bentuk-bentuk energi
·     Studi referensi untuk membandingkan  pengertian energi kinetik dengan energi potensial
·     Mencari informasi tentang hukum kekekalan energi
·     Melakukan percobaan untuk menemukan hubungan antara daya, usaha dan kecepatan
1.      Menjelaskan pengertian energi
2.      Menyebutkan satuan energi
3.      Menyebutkan bentuk-bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari
4.      Menyebutkan aplikasi konsep energi dan perubahannya dalam kehidupan sehari-hari
5.      Mengamati perubahan bentuk energi
6.      Menyebutkan hukum kekekalan energi
7.      Menjelaskan pengertian energi mekanik
8.      Membedakan  konsep energi kinetik dengan energipotensial
9.      Menyebutkan  bunyi hukum kekekalan energi mekanik
10.  Menjelaskan  pengertian usaha
11.  Menjelaskan Kaitan antara energi dengan usaha
12.  Membedakan usaha yang bernilai positif dengan yang bernilai
13.   Menghitung usaha oleh beberapa gaya
14.  Menjelaskan Pengertian daya
15.  Menyebutkan satuan daya
16.  Menentukan besarnya daya yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari







1.     Tes tulis
2.     Uraian dan PG

4 X 40 menit
1.   Buku paket IPA
2.   LKS
3.   OHP














SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah                                                  :   SMPN I Tarogong Kaler
Kelas                                                       :   VIII
Mata Pelajaran                                     :   IPA
Semester                                               :   2
Standar Kompetensi                            :   5. Memahami peranan usaha, gaya dan energi dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi
Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber, alat dan bahan
5.4
Melakukan percobaan tentang pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
1.     Pengertian pesawat sederhana
2.     Pesawat sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
3.     Mekanisme pesawat sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
4.     Macam-macam tuas
5.     Prinsip kerja tuas
6.     Keuntungan mekanis tuas
7.     Keuntungan mekanik katrol
8.     Prinsip kerja bidang miring
9.     Keuntungan mekanik bidang miring
10.  Contoh pemanfaatan bidang miring dalam kehidupan sehari-hari
11.  Bidang miring pada sekrup
12.  Prinsip kerja  roda gigi
·        Melakukan percobaan tentang pesawat sederhana (tuas, katrol, bidang miring)
·        Diskusi untuk memecahkan masalah yang berhubungan dengan pesawat sederhana
1.        Menjelaskan pengertian pesawat sederhana
2.        Menyebutkan pesawat sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
3.        Menjelaskan mekanisme pesawat sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
4.        Menjelaskan macam-macam tuas
5.        Menjelaskan prinsip kerja tuas
6.        Menjelaskan keuntungan mekanis tuas
7.        Menjelaskan keuntungan mekanik katrol
8.        Menjelaskan prinsip kerja bidang miring
9.        Menjelaskan keuntungan mekanik bidang miring
10.     Menyebutkan contoh pemanfaatan bidang miring dalam kehidupan sehari-hari
11.     Menyelidiki bidang miring pada sekrup
12.     Menjelaskan prinsip kerja  roda gigi
1.     Tes tulis
2.     Uraian dan PG

6
jampel
1.    Buku paket IPA
2.    LKS
3.    OHP







SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah                                                  :   SMPN I Tarogong Kaler
Kelas                                                       :   VIII
Mata Pelajaran                                     :   IPA
Semester                                               :   2
Standar Kompetensi                            :   5. Memahami peranan usaha, gaya dan enrgi dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi
Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber, alat dan bahan
5.5
Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
1.       Pengertian tekanan
2.       Kaitan antara luas permukaan benda dengan tekanan
3.       Kaitan antara massa benda dengan tekanan
4.       Faktor-faktor yang mempengaruhi teknan
5.       Hitungan besarnya tekanan yang diberikan suatu benda
6.       Aplikasi kionsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari
7.       Tekanan dalam zat cair adalah
8.       Sifat tekanan dalam zat cair
9.       Sifat-sifat tekanan dalam zat cair
10.    Tentukan tekanan zat cair
11.    Posisi permukaan zat cair dalam bejana berhubungan
12.    Pemanfaatan sifat permukaan zat cair yang selalu mendatar dalam kehidupan sehari-hari
13.    Pengamatan tinggi permukaan zat cair dalam pipa u
14.    Hubungan antara massa jenis dan tinggi zat cair dalam pipa u
15.    Bunyi hukum pascal
16.    Prinsip mesin penghasil gaya hidrolik
17.    Peralatan yang menggunakan prinsip mesin pengahsil gaya hidrolik
18.    Bunyi hukum Archimedes
19.    Menentukan besar gaya angkat
20.    Konsep tenggelam ,melayang dan terapung
21.    Pengaruh massa jenis pada peristiwa tenggelam, melayang dan terapung
22.    Pemanfaatan gaya Archimedes dalam kehidupan sehari-hari
23.    Demontrasi adanya tekanan udara
24.    Mengukurntekanan udara
25.    Jenis barometer
26.    Hubungan antara ketinggian suatu tempat dengan perbedaan tekanan udara
27.    Tekanan udara dalam ruang tertutup
·     Melakukan percobaan tentang tekanan sampai menemukan konsep tekanan
·     Melakukan percobaan bejana berhubungan
·     Melakukan percobaan tentang hukum Pascal dan Archimides
·     Mencari informasi melalui lingkungan alat-alat yang prinsip kerjanya berdasarkan hukum Pascal dan hukum Archimides
·     Studi lapangan untuk menemukan konsep tekanan

1.   Menjelaskan pengertian tekanan
2.   Menyelidiki kaitan antara luas permukaan benda dengan tekanan
3.   Menyelidiki kaitan antara massa benda dengan tekanan
4.   Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan
5.   Mengitung besarnya tekanan yang diberikan suatu benda
6.   Menjelaskan aplikasi kionsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari
7.   Menjelaskan tekanan dalam zat cair adalah
8.   Mengamati sifat tekanan dalam zat cair
9.     Menyebutkan sifat-sifat tekanan dalam zat cair
10. Menentukan tekan an zat cair
11. Mengamati posisi permukaan zat cair dalam bejana berhubungan
12. Menjelaskan pemanfaatan sifat permukaan zat cair yang selalu mendatar dalam kehidupan sehari-hari
13. Mengamati tinggi permukaan zat cair dalam pipa u
14. Menjelaskan hubungan antara massa jenis dan tinggi zat cair dalam pipa u
15. Menyebutkan bunyi hukum pascal
16. Menjelaskan prinsip mesin penghasil gaya hidrolik
17. Menyebutkan peralatan yang menggunakan prinsip mesin pengahsil gaya hidrolik
18. Menyebutkan bunyi hukum Archimedes
19. Menentukan besar gaya angkat
20. Menjelaskan konsep tenggelam ,melayang dan terapung
21. Menjelaskan pengaruh massa jenis pada peristiwa tenggelam, melayang dan terapung
22. Menyebutkan pemanfaatan gaya Archimedes dalam kehidupan sehari-hari
23. Mendemontrasikan adanya tekanan udara
24. Mengukur tekanan udara
25. Menyebutkan Jenis barometer
26. Menjelaskan hubungan antara ketinggian suatu tempat dengan perbedaan tekanan udara
27. Menjelaskan tekanan udara dalam ruang tertutup    
1.   Tes tulis
2.   Uraian dan PG

8      
Jampel
1.     Buku paket IPA
2.     LKS
3.     OHP




















SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah                                                  :   SMPN I Tarogong Kaler
Kelas                                                       :   VIII
Mata Pelajaran                                     :   IPA
Semester                                               :   2
Standar Kompetensi                            :   6. Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari

Kompetensi
Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber, alat dan bahan
6.1
Mendeskripsikan konsep dasar getaran dan gelombang serta parameter-parameternya
1.     Pengertian getaran
2.     Contoh getaran dalam kehidupan sehari-hari
3.     Pengamatan getaran
4.     Beda antara simpangan dengan amplitudo
5.     Pengertian periode suatu getaran
6.     Tentukan periode getaran
7.     Mengamati kaitan antara periode dan amplitudo
8.     Pengertian frekuensi suatu getaran
9.     Hubungan antara periode dan frekuensi suatu getaran
10. Pengertian gelombang
11. Pengamatan gelombang pada tali
12. Bahwa gelombang membawa energi selama perambatannya
13. Perbedaan antara gelombang mekanik dengan gelombang elektromagnetik
14. Pengertian gelombang transversal
15. Contoh gelombang trasversal
16. Pengamatan gelombang pada sinki
17. Istilah-istilah pada gelombang trasversal
18. Pengertian gelombang longitudinal
19. Contoh gelombang longitudinal
20. Pengamatan gelombang longitudinal pada slinki
21. Pengertian kecepatan rambat gelombang
22. Pengertian panjang gelombang
23. Hubungan antara periode, frekuensi, cepat rambat gelombang dan panjang gelombang
24. Pengertian pemantulan gelombang
25. Penerapan konsep gelombang dalam kehidupan sehari-hari
·  Mencari informasi melalui referensi tentang pengertian getaran
·  Melakukan percobaan untuk mencari perbedaan periode dan frekuensi suatu getaran
·  Menentukan besarnya periode dari hasil percobaan
·  Mencari informasi melalui referensi tentang pengertian gelombang
·  Melakukan percobaan untuk mencari perbedaan karakteristik gelombang longitudinal dan gelombang transversal
·  Menggali informasi dari nara sumber untuk menemukan hubungan antara kecepatan rambat gelombang, frekuensi dan panjang gelombang
1.     Menjelaskan pengertian getaran
2.     Menyebutkan contoh getaran dalam kehidupan sehari-hari
3.     Mengamati getaran
4.     Membedakan  antara simpangan dengan amplitudo
5.     Menjelaskan pengertian periode suatu getaran
6.     Menentukan periode gataran
7.     Mengamati kaitan antara periode dan amplitudo
8.     Menjelaskan pengertian frekuensi suatu getaran
9.     Menjelaskan hubungan antara periode dan frekuensi suatu getaran
10. Menjelaskan pengertian gelombang
11. Mengamati  gelombang pada tali
12. Menjelaskan  gelombang membawa energi selama perambatannya
13. Membedakan    antara gelombang mekanik dengan gelombang elektromagnetik
14. Menjelaskan pengertian gelombang transversal
15. Menyebutkan contoh gelombang trasversal
16. Mengamati gelombang pada transversal slinki
17. Menjelaskan istilah-istilah pada gelombang trasversal
18. Menjelaskan pengertian gelombang longitudinal
19. Menyebutkan contoh gelombang longitudinal
20. Mengamati   gelombang longitudinal pada slinki
21. Menjelaskan pengertian kecepatan rambat gelombang
22. Menjelaskan pengertian panjang gelombang
23. Menjelaskan hubungan antara periode, frekuensi, cepat rambat gelombang dan panjang gelombang
24. Menjelaskan pengertian pemantulan gelombang
25.  Menjelaskan penerapan konsep gelombang dalam kehidupan sehari-hari
1.     Tes tulis
2.     Uraian dan PG

6 jampel
1.     Buku paket IPA
2.     LKS
3.     OHP






SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah                                                  :   SMPN I Tarogong Kaler
Kelas                                                       :   VIII
Mata Pelajaran                                     :   IPA
Semester                                               :   2
Standar Kompetensi                            :   6. Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari

Kompetensi
Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber, alat dan bahan
6.2
Mendeskripsikan konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari
1.     Pengertian bunyi
2.     Penyebab timbulnya bunyi
3.     Syarat terjadinya dan terdengarnya bunyi
4.     Pengertian cepat rambat bunyi
5.     Mengukur cepat rambat bunyi
6.     Faktor-faktor yang mempengaruhi cepat rambat bunyi
7.     Menentukan cepat rambat bunyi pada beberapa medium
8.     Pengertian infrasonik, audiosonik dan ultrasonik
9.     Contoh infrasonik, audiosonik dan ultrasonik
10. Pemafaatan bunyi ultrasonik dalam kehidupan sehari-hari
11. Faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya bunyi
12. Faktor yang mempengaruhi kuat lemahnya bunyi
13. Faktor yang mempengaruhi kualitas bunyi
14. Membuat organ botol
15. Pengertian resonansi
16. Terjadinya resonansi pada garpu tala
17. Terjadinya resonansi pada bandul sederhana
18. Aplikasi konsep resonansi pada alat musik
19. Masalah yang ditimbulkan resonansi
20. Syarat terjadinya pemantulan bunyi
21. Hukum pemantulan bunyi
22. Jenis-jenis bunyi pantul
23. Beda gaung, gema dan bunyi pantul yang memperkuat bunyi asli
24. Manfaat pemantulan bunyi dalam kehidupan sehari-hari
·  Mencari informasi dari nara sumber untuk membedakan pengertian infrasonik, ultrasonik dan audiosonik
·  Mencari informasi tentang pengertian bunyi
·  Melakukan percobaan tentang resonansi
·  Mengaplikasikan pemantulan bunyi dalam kehidupan sehari-hari
1.       Menjelaskan pengertian bunyi
2.       Menyelidiki penyebab timbulnya bunyi
3.       Menjelaskan syarat terjadinya dan terdengarnya bunyi
4.       Menjelaskan pengertian cepat rambat bunyi
5.       Mengukur cepat rambat bunyi
6.       Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi cepat rambat bunyi
7.       Menentukan cepat rambat bunyi pada beberapa medium
8.       Membedakan pengertian infrasonik, audiosonik dan ultrasonik
9.       Menyebutkan contoh infrasonik, audiosonik dan ultrasonik
10.    Menyebutkan pemanfaatan bunyi ultrasonik dalam kehidupan sehari-hari
11.    Menjelaskan faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya bunyi
12.    Menjelaskan faktor yang mempengaruhi kuat lemahnya bunyi
13.    Menjelaskan  faktor yang mempengaruhi kualitas bunyi
14.    Membuat organ botol
15.    Menjelaskan pengertian resonansi
16.    Terjadinya resonansi pada garpu tala
17.    Mengamati terjadinya resonansi pada bandul sederhana
18.    Menjelaskan aplikasi konsep resonansi pada alat musik
19.    Menjelaskan masalah yang ditimbulkan resonansi
20.    Menjelaskan syarat terjadinya pemantulan bunyi
21.    Menyebutkan hukum pemantulan bunyi
22.    Menyebutkan jenis-jenis bunyi pantul
23.    Membedakan gaung, gema dan bunyi pantul yang memperkuat bunyi asli
24.    Menjelaskan manfaat pemantulan bunyi dalam kehidupan sehari-hari
1.       Tes tulis
2.     Uraian dan PG

4  X 40 menit
1.    Buku paket IPA
2.    LKS
3.   OHP







SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah                                                  :   SMPN I Tarogong Kaler
Kelas                                                       :   VIII
Mata Pelajaran                                     :   IPA
Semester                                               :   2
Standar Kompetensi                            :   6. Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari

Kompetensi
Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber, alat dan bahan
6.3
Menyelidiki sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa
1. Pengertian cahaya
2. Beda cahaya tampak dengan cahaya tidak tampak
3. Contoh cahaya tampak dan cahaya tidak tampak
4. Perambatan cahaya dan peristiwa terbentuknya bayang-bayang umbra dan penumbra
5. Bunyi hukum pemantulan
6. Beda pemantulan teratur dengan pemantulan tidak teratur
7. Syarat agar benda terlihat oleh mata
8. Pengertian pembiasan
9. Bunyi hukum pembiasan
10. Pengamatan arah perambatan cahaya yang melewati dua medium
11. Pengertian indeks bias
12. Menentukan indeks bias suatu medium
13. Melukis pembiasan cahaya yang melibatkan medium udara dan tidak melibatkan medium udara
14. Pengertian pemantulan sempurna
15. Syarat terjadinya pemantulan sempurna
16. Contoh pemantulan sempurna dalam kehidupan sehari-hari
17. Peristiwa fatamorgana
18. Beda bayangan nyata dengan bayangan maya
19. Proses pembentukan dan sifat-sifat bayanagan pada cermin datar
20. Tiga sinar istimewa pada cermin cekung
21. Prose pembentukan dan sifat-sifat pada cermin cekung
22. Hubungan antara jarak benda, jarak bayangan dan jarak fokus
23. Pengertian pembesaran bayangan
24. Manfaat cermin cekung dalam kehidupan sehari-hari
25. Tiga sinar istimewa pada cermin cembung
26. Proses pembentukan dan siat-sifat bayangan pada cermin cembung
27. Manfaat cermin cembung dalam kehidupan sehari-hari
28. Pengertian lensa
29. Beda lensa cembung dengan lensa cekung
30. Tiga sinar istimewa pada lensa cembung
31. Proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada lensa cembung
32. Manfaat lensa cembung dalam kehidupan sehari-hari
33. Tiga sinar istimewa pada lensa cekung
34. Proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada lensa cekung
35. Mamnfaat lensa cekung dalam kehidupan sehari-hari



·       Melakukan pengamatan  tentang jalannya sinar untuk menemukan sifat perambatan cahaya
·       Melakukan percobaan tentang pemantulan cahaya dan pembiasan cahaya
·       Menggali informasi dari nara sumber untuk mengenal sifat-sifat bayanagn pada cermin dan lensa
1.  Menjelaskan pengertian cahaya
2. Membedakan  cahaya tampak dengan cahaya tidak tampak
3. Menyebuykan contoh cahaya tampak dan cahaya tidak tampak
4. Mengamati perambatan cahaya dan peristiwa terbentuknya bayang-bayang umbra dan penumbra
5. Menyebutkan bunyi hukum pemantulan
6. Membedakan  pemantulan teratur dengan pemantulan tidak teratur
7. Menyebutkan syarat agar benda terlihat oleh mata
8. Menjelaskan pengertian pembiasan
9. Menyebutkan bunyi hukum  pembiasan
10. Mengamati arah perambatan cahaya yang melewati dua medium
11. Menjelaskan pengertian indeks bias
12. Menentukan indeks bias suatu medium
13. Melukis pembiasan cahaya yang melibatkan medium udara dan tidak melibatkan medium udara
14. Menjelaskan pengertian pemantulan sempurna
15. Menjelaskan syarat terjadinya pemantulan sempurna
16. Menyebutkan contoh pemantulan sempurna dalam kehidupan sehari-hari
17. Menjelaskan peristiwa fatamorgana
18. Membedakan  bayangan nyata dengan bayangan maya
19. Menjelaskan proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada cermin datar
20. Menyebutkan tiga sinar istimewa pada cermin cekung
21. Menjelaskan proses pembentukan dan sifat-sifat pada cermin cekung
22. Menjelaskan hubungan antara jarak benda, jarak bayangan dan jarak fokus
23. Menjelaskan pengertian pembesaran bayangan
24. Menyebutkan manfaat cermin cekung dalam kehidupan sehari-hari
25. Menyebutkan tiga sinar istimewa pada cermin cembung
26. Menjelaskan proses pembentukan dan siat-sifat bayangan pada cermin cembung
27. Menyebutkan manfaat cermin cembung dalam kehidupan sehari-hari
28. Menjelaskan pengertian lensa
29. Membedakan lensa cembung dengan lensa cekung
30.  Menyebutkan tiga sinar istimewa pada lensa cembung
31. Menjelaskan proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada lensa cembung
32. Menyebutkan manfaat lensa cembung dalam kehidupan sehari-hari
33. Menyebutkan tiga sinar istimewa pada lensa cekung
34. Menjelaskan proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada lensa cekung
35. Menyebutkan manfaat lensa cekung dalam kehidupan sehari-hari


1.      Tes tulis
2.      Uraian dan PG

  6 Jampel
                                        
1.     Buku paket IPA
2.     LKS
3.     OHP













SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah                                                  :   SMPN I Tarogong Kaler
Kelas                                                       :   VIII
Mata Pelajaran                                     :   IPA
Semester                                               :   2
Standar Kompetensi                            :   6. Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari

Kompetensi
Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber, alat dan bahan
6.4
Mendeskripsikan alat-alat optik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
1.     Pengertian alat optik
2.     Fungsi bagian-bagian mata sebagai alat optik
3.     Gambar pembentukan bayangan benda pada retina
4.     Daya akomodasi mata adalah
5.     Beda daya akomodasi maksimum dengan tanpa akomodasi
6.     Beda antara titik dekat (punctum proksimum) dengan titik jauh (punctum remotum)
7.     Cacat mata dengan penanggulangannya
8.     Keterbatasan mata adalah
9.     Bukti keberadaan bintik buta pada retina
10. Bukti penglihatan binokuler
11. Fungsi dan prinsip kerja kamera
12. Fungsi dan prinssip kerja lup
13. Fungsi dan prinsip kerja mikroskop
14. Fungsi dan prinsip kerja teropong
15. Fungsi dan prinsip kerja periskop
·     Menggali informasi dari nara sumber untuk memperoleh penjelasan tentang fungsi mata sebagai alat optik dan tentang cacat mata
·     Studi pustaka untuk membedakan ciri-ciri kamera dan lup sebagai alat optik
·     Melalui diskusi kelompok dapat menjelaskan cara kerja alat-alat optik yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari
1.       Menjelaskan pengertian alat optik
2.       Menjelaskan fungsi bagian-bagian mata sebagai alat optik
3.       menggambar kan pembentukan bayangan benda pada retina
4.       menjelaskan daya akomodasi mata
5.       Membedakan daya akomodasi maksimum dengan tanpa akomodasi
6.       Membedakan antara titik dekat (punctum proksimum) dengan titik jauh (punctum remotum)
7.       Menjelaskan cacat mata dengan penanggulangannya
8.       Menjelaskan keterbatasan mata
9.       Membuktikan keberadaan bintik buta pada retina
10.    Membuktikan  penglihatan binokuler
11.    Menjelaskan fungsi dan prinsip kerja kamera
12.    Menjelaskan fungsi dan prinssip kerja lup
13.    Menjelaskan fungsi dan prinsip kerja mikroskop
14.    Menjelaskan fungsi dan prinsip kerja teropong
15.    Menjelaskan fungsi dan prinsip kerja periskop
1.  Tes tulis
2.  Uraian dan PG

 4  X 40 menit
1.     Buku paket IPA
2.     LKS
3.     OHP












Tidak ada komentar:

Posting Komentar