SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SMPN I Tarogong Kaler
Kelas : VIII
Mata
Pelajaran : IPA
Semester : 2
Standar Kompetensi : 5.
Memahami peranan usaha, gaya dan energi dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber, alat dan bahan
|
5.1 Mengidentifikasi jenis-jenis gaya,
penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya
|
1. Gaya adalah suatu tarikan atau
dorongan
2. Jenis gaya adalah gaya sentuh dan
gaya tak sentuh
3. Gaya sentuh adalah gaya yang
bekerja pada suatu benda dengan melalui sentuhan dan gaya tak sentuh adalah
gaya yang bekerja pada benda tanpa menyentuh benda tersebut
4. Contoh gaya sentuh adalah anak
mendorong meja dan seorang ibu mengangkat tas dan contoh gaya tak sentuh
adalah gaya listrik dan gaya magnet
5. Perubahan yang terjadi karena
adanya gaya adalah perubahan kecepatan gerak benda, benda menjadi diam,
mengubah arah gerak benda dan mengubah bentuk suatu benda.
6. Gambar vektor untuk gaya adalah
7. Resultan gaya adalah jumlah 2 atau
lebih gaya
8. Diketahui : F1 = 10 N dan F2 = 6 N
maka R = F1 + F2 + 10 N + 6 N = 16 N
9. Diketahui : F1 = 6 Newton ke kiri dan F2 = 10 Newton ke kanan. Berapa
resultan gayanya ?
R = F1 + F2 = - 6 + 10 = 4 Newton ke
kanan
10. Diketahui
11. Kesetimbangan adalah keadaan
ketika resultan gaya yang bekerja pada sebuah benda sama dengan nol
12.
|
· Menjelaskan pengertian gaya
· Menentukan macam-macam gaya
· Menentukan jenis-jenis gaya yang bekerja pada suatu
benda
· Menggambar gaya
· Menghitung gaya segaris yang sarah
· Menghitung gaya segaris yang berlawanan arah
· Melakukan gaya gesek pada permukaan benda yang licin
dan yang kasar
· Mencari contoh gaya gesek yang merugikan dan
menguntungkan dalam kehidupan sehari-hari
· Mencari perbedaan berat dan massa
|
1.
Menjelaskan
pengertian gaya
2.
Menyebutkan
jenis-jenis gaya
3.
Membedakan gaya
sentuh dengan gaya tak sentuh
4.
Menyebutkan 2
contoh gaya sentuh dan gaya tak sentuh
5.
Mengamati
perubahan yang disebabkan gaya
6.
Menuliskan diagram
vektor untuk menggambarkan gaya
7.
Menjelaskan
pengertian resultan gaya
8.
Menentukan
resultan gaya-gaya searah
9.
Menentukan
resultan gaya-gaya yang berlawanan arah
10.
Menetukan
resultan gaya berbentuk sudut
11.
Menjelaskan
pengertian kesetimbangan
12.
Menjelaskan
syarat terjadinya kesetimbangan
|
1.
Tes tulis
2.
PG dan uraian
|
4 X 40
menit
|
1.
Buku Siswa
2.
LKS
3.
Neraca
4.
OHP
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SMPN I Tarogong Kaler
Kelas : VIII
Mata
Pelajaran : IPA
Semester : 2
Standar Kompetensi : 5. Memahami peranan usaha, gaya dan enrgi
dalam kehidupan sehari-hariA
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber, alat dan bahan
|
5.2. Menerapkan hukum Newton untuk
menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari
|
1. Bunyi Hukum I Newton
2. Penerapan Hukum I Newton dalam
kehidupan sehari-hari
3. Bunyi Hukum II Newton
4. Penerapan Hukum II Newto dalam
kehidupan sehari-hari
5. Bunyi Hukum III Newton
6. Penerapan Hukum III Newton
7. Pengertian gaya gesekan
8. Faktor-faktor yang mempengaruhi
gaya gesekan
9. Beda gaya gesekan statis dengan
gaya gesekan kinetis
10. Gaya gesekan yang bermanfaat dalam
kehidupan sehari-hari
11. Gaya gesekan yang merugikan dalam
kehidupan sehari-hari
12. Pengertian gaya berat
13. Faktor yang mempengaruhi gaya
berat di permukaan bumi
14. Beda berat dengan massa benda
15. Gaya pada benda diam
|
· Melakukan percobaan hukum I, II, III Newton
· Dengan menggunakan alat
· Mengaplikasikan hukum Newton dalam kehidupan
sehari-hari
|
1.
Menyebutkan bunyi Hukum I Newton
2.
Menyebutkan penerapan Hukum I Newton dalam
kehidupan sehari-hari
3.
Menyebutkan
bunyi Hukum II Newton
4.
Menyebutkan
penerapan Hukum II Newton dalam kehidupan sehari-hari
5.
Menyebutkan
bunyi Hukum III Newton
6.
Menyebutkan
penerapan Hukum III Newton dalam kehidupan sehari-hari
7.
Menjelaskan
pengertian gaya gesekan
8.
Menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi gaya gesekan
9.
Membedakan gaya
gesekan statis dengan gaya gesekan kinetis
10.
Menyebutkan
gaya gesekan yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari
11.
Menyebutkan
gaya gesekan yang merugikan dalam kehidupan sehari-hari
12.
Menjelaskan
Pengertian gaya berat
13.
Menjelaskan
Faktor yang mempengaruhi gaya berat di permukaan bumi
14.
Membedakan
berat dengan massa benda
15.
Menjelaskan Gaya pada benda diam
|
1.
Tes tulis
2.
Uraian dan PG
|
4 X 40 menit
|
1.
Buku paket IPA
2.
LKS
3.
OHP
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SMPN I Tarogong Kaler
Kelas : VIII
Mata
Pelajaran : IPA
Semester : 2
Standar
Kompetensi : 5. Memahami peranan usaha, gaya dan enrgi
dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber, alat dan bahan
|
5.3
Menjelaskan hubungan bentuk energi dan perubahannya, prinsip usaha dan
energi serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
1. Pengertian energi
2. Satuan energi
3. Bentuk-bentuk energi dalam
kehidupan sehari-hari
4. Aplikasi konsep energi dan
perubahannya dalam kehidupan sehari-hari
5. Perubahan bentuk energi
6. Hukum kekekalan energi
7. Pengertian energi mekanik
8. Beda konsep energi kinetik dengan
energi potensial
9. Bunyi hukum kekekalan energi
mekanik
10. Pengertian usaha
11. Kaitan antara energi dengan usaha
12. Beda usaha yang bernilai positif
dengan yang bernilai negatif
13. Menghitung usaha oleh beberapa
gaya
14. Pengertian daya
15. Satuan daya
16. Besarnya daya yang digunakan dalam
kehidupan sehari-hari
|
· Studi pustaka untuk mnedeskripsikan pengertian energi dan bentuk-bentuk energi
· Studi referensi untuk membandingkan pengertian energi kinetik dengan energi
potensial
· Mencari informasi tentang hukum kekekalan energi
· Melakukan percobaan untuk menemukan hubungan antara
daya, usaha dan kecepatan
|
1.
Menjelaskan
pengertian energi
2.
Menyebutkan
satuan energi
3.
Menyebutkan bentuk-bentuk
energi dalam kehidupan sehari-hari
4.
Menyebutkan
aplikasi konsep energi dan perubahannya dalam kehidupan sehari-hari
5.
Mengamati
perubahan bentuk energi
6.
Menyebutkan
hukum kekekalan energi
7.
Menjelaskan
pengertian energi mekanik
8.
Membedakan konsep energi kinetik dengan
energipotensial
9.
Menyebutkan bunyi hukum kekekalan energi mekanik
10.
Menjelaskan pengertian usaha
11.
Menjelaskan
Kaitan antara energi dengan usaha
12.
Membedakan
usaha yang bernilai positif dengan yang bernilai
13.
Menghitung usaha oleh beberapa gaya
14.
Menjelaskan
Pengertian daya
15.
Menyebutkan
satuan daya
16.
Menentukan
besarnya daya yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari
|
1.
Tes tulis
2.
Uraian dan PG
|
4 X 40
menit
|
1.
Buku paket IPA
2.
LKS
3.
OHP
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SMPN I Tarogong Kaler
Kelas : VIII
Mata
Pelajaran : IPA
Semester : 2
Standar
Kompetensi : 5. Memahami peranan usaha, gaya dan energi
dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber, alat dan bahan
|
5.4
Melakukan percobaan tentang pesawat
sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
1.
Pengertian
pesawat sederhana
2.
Pesawat
sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
3.
Mekanisme
pesawat sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
4.
Macam-macam
tuas
5.
Prinsip kerja
tuas
6.
Keuntungan
mekanis tuas
7.
Keuntungan
mekanik katrol
8.
Prinsip kerja
bidang miring
9.
Keuntungan
mekanik bidang miring
10.
Contoh
pemanfaatan bidang miring dalam kehidupan sehari-hari
11.
Bidang miring
pada sekrup
12.
Prinsip
kerja roda gigi
|
·
Melakukan
percobaan tentang pesawat sederhana (tuas, katrol, bidang miring)
·
Diskusi untuk
memecahkan masalah yang berhubungan dengan pesawat sederhana
|
1.
Menjelaskan
pengertian pesawat sederhana
2.
Menyebutkan
pesawat sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
3.
Menjelaskan
mekanisme pesawat sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
4.
Menjelaskan
macam-macam tuas
5.
Menjelaskan
prinsip kerja tuas
6.
Menjelaskan
keuntungan mekanis tuas
7.
Menjelaskan
keuntungan mekanik katrol
8.
Menjelaskan
prinsip kerja bidang miring
9.
Menjelaskan
keuntungan mekanik bidang miring
10.
Menyebutkan
contoh pemanfaatan bidang miring dalam kehidupan sehari-hari
11.
Menyelidiki
bidang miring pada sekrup
12.
Menjelaskan
prinsip kerja roda gigi
|
1.
Tes tulis
2.
Uraian dan PG
|
6
jampel
|
1.
Buku paket IPA
2.
LKS
3.
OHP
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SMPN I Tarogong Kaler
Kelas : VIII
Mata
Pelajaran : IPA
Semester : 2
Standar
Kompetensi : 5. Memahami peranan usaha, gaya dan enrgi
dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber, alat dan bahan
|
5.5
Menyelidiki tekanan pada benda padat,
cair dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
1.
Pengertian
tekanan
2.
Kaitan antara
luas permukaan benda dengan tekanan
3.
Kaitan antara
massa benda dengan tekanan
4.
Faktor-faktor
yang mempengaruhi teknan
5.
Hitungan
besarnya tekanan yang diberikan suatu benda
6.
Aplikasi
kionsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari
7.
Tekanan dalam
zat cair adalah
8.
Sifat tekanan
dalam zat cair
9.
Sifat-sifat
tekanan dalam zat cair
10.
Tentukan
tekanan zat cair
11.
Posisi
permukaan zat cair dalam bejana berhubungan
12.
Pemanfaatan
sifat permukaan zat cair yang selalu mendatar dalam kehidupan sehari-hari
13.
Pengamatan
tinggi permukaan zat cair dalam pipa u
14.
Hubungan antara
massa jenis dan tinggi zat cair dalam pipa u
15.
Bunyi hukum
pascal
16.
Prinsip mesin
penghasil gaya hidrolik
17.
Peralatan yang
menggunakan prinsip mesin pengahsil gaya hidrolik
18.
Bunyi hukum
Archimedes
19.
Menentukan
besar gaya angkat
20.
Konsep
tenggelam ,melayang dan terapung
21.
Pengaruh massa
jenis pada peristiwa tenggelam, melayang dan terapung
22.
Pemanfaatan
gaya Archimedes dalam kehidupan sehari-hari
23.
Demontrasi
adanya tekanan udara
24.
Mengukurntekanan
udara
25.
Jenis barometer
26.
Hubungan antara
ketinggian suatu tempat dengan perbedaan tekanan udara
27.
Tekanan udara
dalam ruang tertutup
|
· Melakukan percobaan tentang tekanan sampai menemukan
konsep tekanan
· Melakukan percobaan bejana berhubungan
· Melakukan percobaan tentang hukum Pascal dan
Archimides
· Mencari informasi melalui lingkungan alat-alat yang
prinsip kerjanya berdasarkan hukum Pascal dan hukum Archimides
· Studi lapangan untuk menemukan konsep tekanan
|
1.
Menjelaskan
pengertian tekanan
2.
Menyelidiki
kaitan antara luas permukaan benda dengan tekanan
3.
Menyelidiki
kaitan antara massa benda dengan tekanan
4.
Menyebutkan
faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan
5.
Mengitung
besarnya tekanan yang diberikan suatu benda
6.
Menjelaskan
aplikasi kionsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari
7.
Menjelaskan
tekanan dalam zat cair adalah
8.
Mengamati sifat
tekanan dalam zat cair
9.
Menyebutkan
sifat-sifat tekanan dalam zat cair
10.
Menentukan
tekan an zat cair
11.
Mengamati
posisi permukaan zat cair dalam bejana berhubungan
12.
Menjelaskan pemanfaatan
sifat permukaan zat cair yang selalu mendatar dalam kehidupan sehari-hari
13.
Mengamati
tinggi permukaan zat cair dalam pipa u
14.
Menjelaskan
hubungan antara massa jenis dan tinggi zat cair dalam pipa u
15.
Menyebutkan
bunyi hukum pascal
16.
Menjelaskan prinsip
mesin penghasil gaya hidrolik
17.
Menyebutkan
peralatan yang menggunakan prinsip mesin pengahsil gaya hidrolik
18.
Menyebutkan
bunyi hukum Archimedes
19.
Menentukan
besar gaya angkat
20.
Menjelaskan
konsep tenggelam ,melayang dan terapung
21.
Menjelaskan
pengaruh massa jenis pada peristiwa tenggelam, melayang dan terapung
22.
Menyebutkan
pemanfaatan gaya Archimedes dalam kehidupan sehari-hari
23.
Mendemontrasikan
adanya tekanan udara
24.
Mengukur
tekanan udara
25.
Menyebutkan
Jenis barometer
26.
Menjelaskan
hubungan antara ketinggian suatu tempat dengan perbedaan tekanan udara
27.
Menjelaskan
tekanan udara dalam ruang tertutup
|
1.
Tes tulis
2.
Uraian dan PG
|
8
Jampel
|
1.
Buku paket IPA
2.
LKS
3.
OHP
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SMPN I Tarogong Kaler
Kelas : VIII
Mata Pelajaran : IPA
Semester : 2
Standar
Kompetensi : 6. Memahami konsep dan penerapan getaran,
gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber, alat dan bahan
|
6.1
Mendeskripsikan
konsep dasar getaran dan gelombang serta parameter-parameternya
|
1.
Pengertian
getaran
2.
Contoh getaran
dalam kehidupan sehari-hari
3.
Pengamatan
getaran
4.
Beda antara
simpangan dengan amplitudo
5.
Pengertian
periode suatu getaran
6.
Tentukan
periode getaran
7.
Mengamati
kaitan antara periode dan amplitudo
8.
Pengertian
frekuensi suatu getaran
9.
Hubungan antara
periode dan frekuensi suatu getaran
10.
Pengertian
gelombang
11.
Pengamatan
gelombang pada tali
12.
Bahwa gelombang
membawa energi selama perambatannya
13.
Perbedaan
antara gelombang mekanik dengan gelombang elektromagnetik
14.
Pengertian
gelombang transversal
15.
Contoh
gelombang trasversal
16.
Pengamatan
gelombang pada sinki
17.
Istilah-istilah
pada gelombang trasversal
18.
Pengertian
gelombang longitudinal
19.
Contoh
gelombang longitudinal
20.
Pengamatan
gelombang longitudinal pada slinki
21.
Pengertian
kecepatan rambat gelombang
22.
Pengertian
panjang gelombang
23.
Hubungan antara
periode, frekuensi, cepat rambat gelombang dan panjang gelombang
24.
Pengertian
pemantulan gelombang
25.
Penerapan
konsep gelombang dalam kehidupan sehari-hari
|
· Mencari informasi melalui referensi tentang
pengertian getaran
· Melakukan percobaan untuk mencari perbedaan periode
dan frekuensi suatu getaran
· Menentukan besarnya periode dari hasil percobaan
· Mencari informasi melalui referensi tentang
pengertian gelombang
· Melakukan percobaan untuk mencari perbedaan
karakteristik gelombang longitudinal dan gelombang transversal
· Menggali informasi dari nara sumber untuk menemukan
hubungan antara kecepatan rambat gelombang, frekuensi dan panjang gelombang
|
1.
Menjelaskan
pengertian getaran
2.
Menyebutkan
contoh getaran dalam kehidupan sehari-hari
3.
Mengamati
getaran
4.
Membedakan antara simpangan dengan amplitudo
5.
Menjelaskan
pengertian periode suatu getaran
6.
Menentukan
periode gataran
7.
Mengamati
kaitan antara periode dan amplitudo
8.
Menjelaskan
pengertian frekuensi suatu getaran
9.
Menjelaskan
hubungan antara periode dan frekuensi suatu getaran
10.
Menjelaskan
pengertian gelombang
11.
Mengamati gelombang pada tali
12.
Menjelaskan gelombang membawa energi selama
perambatannya
13.
Membedakan antara gelombang mekanik dengan gelombang
elektromagnetik
14.
Menjelaskan
pengertian gelombang transversal
15.
Menyebutkan
contoh gelombang trasversal
16.
Mengamati
gelombang pada transversal slinki
17.
Menjelaskan
istilah-istilah pada gelombang trasversal
18.
Menjelaskan
pengertian gelombang longitudinal
19.
Menyebutkan
contoh gelombang longitudinal
20.
Mengamati gelombang longitudinal pada slinki
21.
Menjelaskan
pengertian kecepatan rambat gelombang
22.
Menjelaskan
pengertian panjang gelombang
23.
Menjelaskan
hubungan antara periode, frekuensi, cepat rambat gelombang dan panjang
gelombang
24.
Menjelaskan
pengertian pemantulan gelombang
25.
Menjelaskan
penerapan konsep gelombang dalam kehidupan sehari-hari
|
1.
Tes tulis
2.
Uraian dan PG
|
6 jampel
|
1.
Buku paket IPA
2.
LKS
3.
OHP
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SMPN I Tarogong Kaler
Kelas : VIII
Mata
Pelajaran : IPA
Semester : 2
Standar
Kompetensi : 6. Memahami konsep dan penerapan getaran,
gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber, alat dan bahan
|
6.2
Mendeskripsikan
konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari
|
1.
Pengertian
bunyi
2.
Penyebab
timbulnya bunyi
3.
Syarat
terjadinya dan terdengarnya bunyi
4.
Pengertian
cepat rambat bunyi
5.
Mengukur cepat
rambat bunyi
6.
Faktor-faktor
yang mempengaruhi cepat rambat bunyi
7.
Menentukan
cepat rambat bunyi pada beberapa medium
8.
Pengertian
infrasonik, audiosonik dan ultrasonik
9.
Contoh
infrasonik, audiosonik dan ultrasonik
10.
Pemafaatan
bunyi ultrasonik dalam kehidupan sehari-hari
11.
Faktor yang
mempengaruhi tinggi rendahnya bunyi
12.
Faktor yang
mempengaruhi kuat lemahnya bunyi
13.
Faktor yang
mempengaruhi kualitas bunyi
14.
Membuat organ
botol
15.
Pengertian
resonansi
16.
Terjadinya
resonansi pada garpu tala
17.
Terjadinya
resonansi pada bandul sederhana
18.
Aplikasi konsep
resonansi pada alat musik
19.
Masalah yang
ditimbulkan resonansi
20.
Syarat
terjadinya pemantulan bunyi
21.
Hukum
pemantulan bunyi
22.
Jenis-jenis
bunyi pantul
23.
Beda gaung,
gema dan bunyi pantul yang memperkuat bunyi asli
24.
Manfaat
pemantulan bunyi dalam kehidupan sehari-hari
|
· Mencari informasi dari nara sumber untuk membedakan
pengertian infrasonik, ultrasonik dan audiosonik
· Mencari informasi tentang pengertian bunyi
· Melakukan percobaan tentang resonansi
· Mengaplikasikan pemantulan bunyi dalam kehidupan
sehari-hari
|
1.
Menjelaskan
pengertian bunyi
2.
Menyelidiki
penyebab timbulnya bunyi
3.
Menjelaskan
syarat terjadinya dan terdengarnya bunyi
4.
Menjelaskan
pengertian cepat rambat bunyi
5.
Mengukur cepat
rambat bunyi
6.
Menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi cepat rambat bunyi
7.
Menentukan
cepat rambat bunyi pada beberapa medium
8.
Membedakan
pengertian infrasonik, audiosonik dan ultrasonik
9.
Menyebutkan
contoh infrasonik, audiosonik dan ultrasonik
10.
Menyebutkan
pemanfaatan bunyi ultrasonik dalam kehidupan sehari-hari
11.
Menjelaskan
faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya bunyi
12.
Menjelaskan
faktor yang mempengaruhi kuat lemahnya bunyi
13.
Menjelaskan faktor yang mempengaruhi kualitas bunyi
14.
Membuat organ
botol
15.
Menjelaskan
pengertian resonansi
16.
Terjadinya
resonansi pada garpu tala
17.
Mengamati
terjadinya resonansi pada bandul sederhana
18.
Menjelaskan
aplikasi konsep resonansi pada alat musik
19.
Menjelaskan
masalah yang ditimbulkan resonansi
20.
Menjelaskan
syarat terjadinya pemantulan bunyi
21.
Menyebutkan
hukum pemantulan bunyi
22.
Menyebutkan
jenis-jenis bunyi pantul
23.
Membedakan
gaung, gema dan bunyi pantul yang memperkuat bunyi asli
24.
Menjelaskan
manfaat pemantulan bunyi dalam kehidupan sehari-hari
|
1.
Tes tulis
2.
Uraian dan PG
|
4 X 40 menit
|
1.
Buku paket IPA
2.
LKS
3.
OHP
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SMPN I Tarogong Kaler
Kelas : VIII
Mata
Pelajaran : IPA
Semester : 2
Standar
Kompetensi : 6. Memahami konsep dan penerapan getaran,
gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber, alat dan bahan
|
6.3
Menyelidiki
sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa
|
1.
Pengertian
cahaya
2.
Beda cahaya
tampak dengan cahaya tidak tampak
3.
Contoh cahaya
tampak dan cahaya tidak tampak
4.
Perambatan
cahaya dan peristiwa terbentuknya bayang-bayang umbra dan penumbra
5.
Bunyi hukum
pemantulan
6.
Beda pemantulan
teratur dengan pemantulan tidak teratur
7.
Syarat agar benda
terlihat oleh mata
8.
Pengertian
pembiasan
9.
Bunyi hukum
pembiasan
10.
Pengamatan arah
perambatan cahaya yang melewati dua medium
11.
Pengertian
indeks bias
12.
Menentukan
indeks bias suatu medium
13.
Melukis
pembiasan cahaya yang melibatkan medium udara dan tidak melibatkan medium
udara
14.
Pengertian
pemantulan sempurna
15.
Syarat
terjadinya pemantulan sempurna
16.
Contoh
pemantulan sempurna dalam kehidupan sehari-hari
17.
Peristiwa
fatamorgana
18.
Beda bayangan
nyata dengan bayangan maya
19.
Proses
pembentukan dan sifat-sifat bayanagan pada cermin datar
20.
Tiga sinar
istimewa pada cermin cekung
21.
Prose
pembentukan dan sifat-sifat pada cermin cekung
22.
Hubungan antara
jarak benda, jarak bayangan dan jarak fokus
23.
Pengertian
pembesaran bayangan
24.
Manfaat cermin
cekung dalam kehidupan sehari-hari
25.
Tiga sinar
istimewa pada cermin cembung
26.
Proses
pembentukan dan siat-sifat bayangan pada cermin cembung
27.
Manfaat cermin
cembung dalam kehidupan sehari-hari
28.
Pengertian
lensa
29.
Beda lensa
cembung dengan lensa cekung
30.
Tiga sinar
istimewa pada lensa cembung
31.
Proses pembentukan
dan sifat-sifat bayangan pada lensa cembung
32.
Manfaat lensa
cembung dalam kehidupan sehari-hari
33.
Tiga sinar
istimewa pada lensa cekung
34.
Proses
pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada lensa cekung
35.
Mamnfaat lensa
cekung dalam kehidupan sehari-hari
|
· Melakukan pengamatan
tentang jalannya sinar untuk menemukan sifat perambatan cahaya
· Melakukan percobaan tentang pemantulan cahaya dan
pembiasan cahaya
· Menggali informasi dari nara sumber untuk mengenal
sifat-sifat bayanagn pada cermin dan lensa
|
1.
Menjelaskan
pengertian cahaya
2.
Membedakan cahaya tampak dengan cahaya tidak tampak
3.
Menyebuykan
contoh cahaya tampak dan cahaya tidak tampak
4.
Mengamati
perambatan cahaya dan peristiwa terbentuknya bayang-bayang umbra dan penumbra
5.
Menyebutkan
bunyi hukum pemantulan
6.
Membedakan pemantulan teratur dengan pemantulan tidak
teratur
7.
Menyebutkan
syarat agar benda terlihat oleh mata
8.
Menjelaskan
pengertian pembiasan
9.
Menyebutkan
bunyi hukum pembiasan
10.
Mengamati arah
perambatan cahaya yang melewati dua medium
11.
Menjelaskan pengertian
indeks bias
12.
Menentukan
indeks bias suatu medium
13.
Melukis
pembiasan cahaya yang melibatkan medium udara dan tidak melibatkan medium
udara
14.
Menjelaskan
pengertian pemantulan sempurna
15.
Menjelaskan
syarat terjadinya pemantulan sempurna
16.
Menyebutkan
contoh pemantulan sempurna dalam kehidupan sehari-hari
17.
Menjelaskan
peristiwa fatamorgana
18.
Membedakan bayangan nyata dengan bayangan maya
19.
Menjelaskan
proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada cermin datar
20.
Menyebutkan
tiga sinar istimewa pada cermin cekung
21.
Menjelaskan
proses pembentukan dan sifat-sifat pada cermin cekung
22.
Menjelaskan
hubungan antara jarak benda, jarak bayangan dan jarak fokus
23.
Menjelaskan
pengertian pembesaran bayangan
24.
Menyebutkan
manfaat cermin cekung dalam kehidupan sehari-hari
25.
Menyebutkan
tiga sinar istimewa pada cermin cembung
26.
Menjelaskan
proses pembentukan dan siat-sifat bayangan pada cermin cembung
27.
Menyebutkan
manfaat cermin cembung dalam kehidupan sehari-hari
28.
Menjelaskan
pengertian lensa
29.
Membedakan
lensa cembung dengan lensa cekung
30.
Menyebutkan tiga sinar istimewa pada lensa
cembung
31.
Menjelaskan
proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada lensa cembung
32.
Menyebutkan
manfaat lensa cembung dalam kehidupan sehari-hari
33.
Menyebutkan
tiga sinar istimewa pada lensa cekung
34.
Menjelaskan
proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada lensa cekung
35.
Menyebutkan
manfaat lensa cekung dalam kehidupan sehari-hari
|
1.
Tes tulis
2.
Uraian dan PG
|
6 Jampel
|
1.
Buku paket IPA
2.
LKS
3.
OHP
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SMPN I Tarogong Kaler
Kelas : VIII
Mata
Pelajaran : IPA
Semester : 2
Standar
Kompetensi : 6. Memahami konsep dan penerapan getaran,
gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber, alat dan bahan
|
6.4
Mendeskripsikan
alat-alat optik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
1.
Pengertian alat
optik
2.
Fungsi
bagian-bagian mata sebagai alat optik
3.
Gambar
pembentukan bayangan benda pada retina
4.
Daya akomodasi
mata adalah
5.
Beda daya
akomodasi maksimum dengan tanpa akomodasi
6.
Beda antara
titik dekat (punctum proksimum) dengan titik jauh (punctum remotum)
7.
Cacat mata
dengan penanggulangannya
8.
Keterbatasan
mata adalah
9.
Bukti
keberadaan bintik buta pada retina
10.
Bukti
penglihatan binokuler
11.
Fungsi dan
prinsip kerja kamera
12.
Fungsi dan
prinssip kerja lup
13.
Fungsi dan
prinsip kerja mikroskop
14.
Fungsi dan
prinsip kerja teropong
15.
Fungsi dan
prinsip kerja periskop
|
· Menggali informasi dari nara sumber untuk memperoleh
penjelasan tentang fungsi mata sebagai alat optik dan tentang cacat mata
· Studi pustaka untuk membedakan ciri-ciri kamera dan
lup sebagai alat optik
· Melalui diskusi kelompok dapat menjelaskan cara
kerja alat-alat optik yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari
|
1.
Menjelaskan
pengertian alat optik
2.
Menjelaskan
fungsi bagian-bagian mata sebagai alat optik
3.
menggambar kan
pembentukan bayangan benda pada retina
4.
menjelaskan
daya akomodasi mata
5.
Membedakan daya
akomodasi maksimum dengan tanpa akomodasi
6.
Membedakan
antara titik dekat (punctum proksimum) dengan titik jauh (punctum remotum)
7.
Menjelaskan
cacat mata dengan penanggulangannya
8.
Menjelaskan
keterbatasan mata
9.
Membuktikan
keberadaan bintik buta pada retina
10.
Membuktikan penglihatan binokuler
11.
Menjelaskan
fungsi dan prinsip kerja kamera
12.
Menjelaskan
fungsi dan prinssip kerja lup
13.
Menjelaskan
fungsi dan prinsip kerja mikroskop
14.
Menjelaskan
fungsi dan prinsip kerja teropong
15.
Menjelaskan
fungsi dan prinsip kerja periskop
|
1.
Tes tulis
2.
Uraian dan PG
|
4 X
40 menit
|
1.
Buku paket IPA
2.
LKS
3.
OHP
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar