ANALISIS TUJUAN MATA
PELAJARAN
Mata
Pelajaran Terpadu Tahun
Pelajaran : 2015/2016
Kelas/Semester : VIII/1 KKM
: 73
No
|
SKL
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Tujuan
|
Bentuk
Tes
|
Keterangan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
1
2
3
|
8
10
4
|
1.Memahami
berbagai sistem dalam kehidupan manusia
2.Memahami sistem
dalam kehidupan tumbuhan.
4.Memahami
kegunaan bahan kimia dalam kehidupan
|
1.6
Mendeskripsikan sistem peredaran darah dan hubungannya dengan kesehatan
2.1
Mengidentifikasi struktur dan fungsi tumbuhan.
2.2
Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan transformasi energi pada tumbuhan
hijau.
2.3
Mengidentifikasi macam-macam gerak pada tumbuhan
2.4
Mengidentifikasi hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari.
4.1 Mencari
informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam kehidupan
sehari-hari.
4.2 Meng
komunikasikan informasi tentang kegunaan
dan efek samping bahan kimia.
4.3
Mendeskripsikan bahan kimia alami dan bahan kimia buatan dalam kemasan yang
terdapat dalam bahan makanan.
4.4
Mendeskripsikan sifat/pengaruh zat adiktif dan psikotropika.
4.5
Menghindarkan dari pengaruh zat adiktif dan psikotropika.
|
-Sistem
peredaran darah pada manusia dan
hubungannya dengan kesehatan
-Struktur
dan fungsi jaringan tumbuhan.
-Proses
perolehan nutrisi dan trasformasi energi pada tumbuhan hijau.
-Macam-macam
gerak pada tumbuhan
-Hama dan
penyakit pada organ tumbuhan
-Kegunaan dan
efek samping bahan kimia
-Informasi
tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia.
-Bahan kimia
alami dan bahan kimia buatan.
-Sifat/pengaruh
zat adiktif dan psikotropika.
-Menghindar dari
pengaruh zat adiktif dan psikotropika.
|
1.Menyebutkan
fungsi darah dengan rasa ingin tahu.
2.Menyebutkan
komponen darah dengan teliti.
3.Menyebutkan macam-macam sel darah dengan rasa ingin
tahu.
4.Menjelaskan
karakteristik,fungsi dan mekanisme dari macam-macam sel darah dengan kerja keras.
5.Mendeskripsikan
proses pembekuan darah dengan rasa ingin tahu.
6.Menyebutkan
alat-alat peredaran darah dengan percaya diri.
7.Memaparkan
karakteristik,fungsi dan mekanisme jantung dengan rasa ingin tahu.
8.Membedakan
pembuluh nadi dan pembuluh balik dengan penuh percaya diri.
9.Melakukan
percobaan menghitung denyut nadi.
10.Memaparkan
jalannya peredaran darah dengan tekun dan teliti.
11.Membedakan
sistem peredaran darah kecil dan peredaran darah besar dengan rasa ingin
tahu.
12.Menyebutkan
macam golongan darah dengan teliti.
13.Mendata
penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah dengan tekun dan
senang membaca.
1.Mendefinisikan
arti jaringan dengan penuh percaya diri.
2.Menyebutkan
jenis-jenis jaringan yang terdapat pada tumbuhan dengan teliti.
3.Menunjukkan
letak epidermis,korteks dan stele pada tumbuhan dengan menggunakan carta
dengan teliti.
4.Menjelaskan
fungsi jaringan epidermis,korteks dan stele dengan penuh percaya diri.
5.Menjelaskan
perbedaan struktur akar,batang dan daun dengan percaya diri dan komunikatif.
6.Mejelaskan
fungsi akar,batang dan daun dengan komunikatif.
Bunga ;
1.Menyebutkan
bagian-bagian bunga dengan teliti dan rasa ingin tahu.
2.Menyebutkan
fungsi dari bagian-bagian bunga dengan penuh percaya diri.
3.Menunjukkan
bagian-bagian bunga pada carta dengan teliti dan hati-hati.
4.Menjelaskan
perbedaan bunga lengkap dan bunga tidak lengkap dengan percaya diri.
5.Menyebutkan
macam-macam penyerbukan dengan
komunikatif.
6.Menyebutkan faktor-faktor yang dapat membantu
penyerbukan dengan percaya diri.
7.Menjelaskan
perbedaan penyerbukan sendiri dengan penyerbukan silang denga teliti.
8.Meramalkan apa
yang akan terjadi jika dalam satu bunga terdapat hanya benang sari saja atau
putik saja dengan senang membaca dan kerja keras.
1.Mendefinisikan
pengertian nutrisi dan transformasi energi dengan penuh percaya diri.
2.Mendefinisikan
pengertian fotosintesis dengan rasa ingin tahu.
3.Menuliskan
reaksi kimia yang terjadi pada proses fotosintesis dengan teliti.
4.Menyebutkan syarat-syarat
yang diperlukan dalam proses fotosintesis dengan teliti.
5.Menyebutkan
faktor-faktor yang mempengaruhi proses fotosintesis dengan teliti.
6.Membuat laporan
hasil percobaan fotosintesis yang membuktikan adanya amilum dengan kerja
keras,objektif dan hati-hati.
1.Mendeskripsikan
macam-macam gerak pada tumbuhan dengan teliti.
2.Menjelaskan
perbedaan gerak tropisme dengan gerak nasti dengan tekun dan teliti.
3.Memaparkan
pengertian gerak taksis dengan penuh percaya diri.
4.Membuat laporan
percobaan tentang gerak.
1.Mendefinisikan
arti hama dengan penuh percaya diri.
2.Menyebutkan
kelompok hewan yang termasuk dalam golongan hama dengan teliti.
3.Menyebutkan
contoh hama yang termasuk golongan
serangga dengan penuh percaya diri dan tanggung-jawab.
4.Mengemukakan
cara untuk memberantas hama dengan penuh percaya diri.
5.Mendefinisikan
arti penyakit dengan teliti.
6.Menyebutkan
faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya penyakit pada tumbuhan dengan
teliti.
7.Mengidentifikasi tanaman yang terkena penyakit dengan teliti
dan hati-hati.
8.Memberikan
contoh penyakit yang menyerang tanaman dengan percaya diri.
8.Membuat kliping
tentang hama dan penyakit yang menyerang tanaman.
1.Menyebutkan
bahan kimia yang dipakai dalam kehidupan dengan peduli kesehatan.
2.Memberi contoh
bahan kimia yang biasa dipakai dalam kehidupan sehari-hari dengan hati-hati.
3.Menjelaskan
efek samping dari bahan kimia yang dipakai dalam rumah dengan peduli
kesehatan.
1.Mendefinisikan arti zat aditif dengan penuh percaya diri.
2.Menyebutkan
tujuan dari pemakaian zat aditif dalam bahan makanan dengan penuh
tanggung-jawab.
3.Menyebutkan zat
aditif yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari dengan peduli kesehatan.
4.Menjelaskan
perbedaan zat aditif alami dan zat aditif buatan.
5.Mengemukakan
dampak negatif dari pemakaian zat aditif buatan dengan hati-hati.
1.Mendefinisikan
arti zat adktif dengan penuh percaya diri.
2.Menyebutkan
kelompok zat adiktif dengan hati-hati.
3.Mengemukakan
dampak negatif dari pemakaian zat adiktif dengan peduli kesehatan.
4.Mendefinisikan pengertian psikotropika dengan percaya
diri.
5.Menyebutkan
golongan psikotropika dengan penuh tanggung-jawab.
6.Mengemukakan
dampak negatif dari pemakaian psikotropika dengan peduli kesehatan.
7. Menerangkan
penyalah-gunaan pemakaian psikotropika dengan cinta tanah air.
8.Menjelaskan
upaya yang ahrus dilakukan untuk mencegah supaya tidak terjerumus kedalam
penyalah-gunaan zat adiktif dan psikotropika dengan cinta tanah air dan
peduli kesehatan.
9.Menyimpulkan
bahaya dari penyalah-gunaan zat adktif dan pskitropika dengan penuh
tanggung-jawab dan cinta tanah air.
|
Tertulis
PG
dan essay
|
|
ANALISIS SKL MATA
PELAJARAN
Mata
Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas/Semester : VIII/1
No
|
SKL
Mata Pelajaran
|
Tingkatan
ranah
|
Materi
Pokok
|
Penjabaran
pada
KD
|
Keterangan
|
1
2
|
8.Mengaitkan
hubungan antara struktur dan fungsi jaringan/organ pada tumbuhan dan manusia.
10.Menjelaskan
bahan kimia alami dan buatan dalam bahan makanan dan pengaruhnya terhadap
kesehatan
|
C2
C2
|
Sistem peredaran
darah pada manusia dan hubunganny a dengan kesehatan
Struktur dan
fungsi jaringan tumbuhan
Proses perolehan
nutrisi dan transformasi energi pada tumbuhan hijau.
Macam-macam gerak
pada tumbuhan
Hama dan penyakit
pada organ tumbuhan.
Kegunaan dan efek
samping bahan kimia.
Informasi tentang
kegunaan dan efek samping bahan kimia
Bahan kimia alami
dan bahan kimia buatan
Sifat/pengaruh
zat adiktif dan psikotropika.
Menghindar dari
pengaruh zat adiktif dan psikotropika.
|
Kelas
VIII
1.6
2.1
2.2
2.3
2.4
4.1
4.2
4.3
4.4
4.5
|
|
terimakasih apriani
BalasHapussalam sehat selalu,
https://marketing.ruangguru.com/bimbel
thanks,
BalasHapusjiwa
very good post. Analisis yang bermanfaat
BalasHapus