RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
3
MATA
PELAJARAN : IPA
KELAS/SEMESTER
: VIII/1
JUMLAH
PERTEMUAN : 2 X 40 MENIT
SEKOLAH : SMPN I TAROGONG KALER
I.
STANDAR
KOMPETENSI
1.
Memahami
berbagai sistem dalam kehidupan manusia
II.
KOMPETENSI
DASAR
1.1
Mendeskripsikan
tahapan perkembangan pada manusia
III.
INDIKATOR
1.
Membedakan
2 ciri tahapan perkembangan pada balita, anak-anak, dewasa dan manula
2.
Menjelaskan
3 ciri fisik remaja laki-laki dan remaja perempuan
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Melalui
tanya jawab peserta didik dapat membedakan 2 ciri tahapan perkembangan pada
balita, anak-anak, dewasa dan manula
2.
Melalui
diskusi peserta didik dapat menjelaskan 3 ciri fisik remaja laki-laki dan
perempuan
V.
KARAKTER
YANG DIHARAPKAN
1.
Rasa
ingin tahu
2.
Tanggung
jawab
3.
Kerja
sama
4.
Percaya
diri
VI.
MATERI
AJAR
1.
Ciri-ciri
tahapan :
a.
Balita
·
Mulai
mengenal lingkungan
·
Membutuhkan
perhatian khusus
·
Senamg
bermain
·
Manja
·
Cenderung
keras kepala
·
Suka
menolak perintah
·
Membutuhkan
gizi yang banyak
·
Hormon
dihasilkan secara meningkat
b.
Kanak-kanak
:
·
Gigi
susu mulai tanggal dan gigi permanen mulai tumbuh
·
Pertumbuhan
jiwanya relatif stabil
·
Daya
ingat kuat, mematuhi segala perintah gurunya
·
Mudah
menghapal tetapi mudah lupa
·
Sikap
keras kepala mulai berkurang dan lebih menerima pengertian karena kemampuan
logikanya mulai berkembang
c.
Remaja
:
·
Mulai
memperhatikan penampilan
·
Mudah
cemas dan bingung bila mengalami perubahan psikis
·
Tidak
mau dibatasi aktivitasnya
·
Mulai
memilih teman yang cocok
·
Tidak
mau diperlakukan seperti anak kecil
·
Selalu
ingin mencoba hal yang baru
·
Senamg
meiru idola dan berkhayal
·
Mulai
bersikap kritis
·
Mulai
ada perubahan fisik
·
Mulai
menghasilkan hormon reproduksi
·
Alat
kelamin mulai berkembang
·
Hormon
pertumbuhan masih terus dihasilkan
d.
Dewasa
:
·
Daya
pikir cepat
·
Bersikap
kritis
·
Sudah
memiliki pendirian tatap
·
Sudah
menetapkan lingkungan yang dianggap cocok
·
Organ
reproduksi sudah matang dan sempurna
·
Hormon
pertumbuhan sudah tidak dihasilkan lagi
e.
Manula
:
·
Daya
pikir lambat
·
Terkadang
mudah tersinggung
·
Pendirian
dan pemikirannya tetap
·
Terkadang
besrsikap kekanak-kanakan
·
Rambut
putih
·
Kulit
keriput
·
Gigi
mulai tanggal
·
Mata
mulai rabun
·
Wanita
mengalami menopause
2.
Ciri-ciri
fisik
a.
Ciri
kelamin primer
1)
Organ
kelamin telah mampu memproduksi sel-sel kelamin. Laki-laki mulai menghasilkan
sperma di dalam testis dan perempuan mulai menghasilkan sel telur dalam indung
telur (ovarium)
2)
Organ
kelmin mulai berfungsi , pada laki-laki ditandai dengan mimpi basah yang
mengeluarkan air mani dan perempuan ditandai dengan mengalami menstruasi yang
pertama kalinya
b.
Ciri-ciri
sekunder :
a)
Pada
remaja laki-laki :
1)
Mulai
tumbuh jakun
2)
Perubahan
suara lebih besar dan lebih berat
3)
Tumbuh
kumis atau jenggot
4)
Tumbuh
rambut di dada, kaki, ketiak dan di sekitar organ kelamin
5)
Mulai
tampak otot yang berkembang, lebih besar dan menonjol
6)
Bahu
melebar melebihi bagian panggul
7)
Perubahan
jaringan kulit menjadi lebih kasar dan pori-pori tampak membesar
8)
Kadang-kadang
diikuti dengan munculnya jerawat
b)
Pada
remaja perempuan :
1)
Membesarnya
payudara dan puting susu mulai timbul
2)
Pinggul
melebar
3)
Tumbuh
rambut di ketiak dan sekitar organ kelamin
4)
Suara
nyaring
5)
Kadang-kadang
timbul jerawat
c.
Perubahan
proporsi tubuh, tampak dari bertambah tingginya badan, berat badan, panjang
kaki dan tangan
VII.
ALOKASI
WAKTU
2 X 40 menit
VIII.
STATEGI
PEMBELAJARAN
1.
Model
Pembelajaran : Cooperative Learning type STAD
2.
Pendekatan
: Kontektual
3.
Metode
: Diskusi Kelompok, Pengamatan dan Percobaan
IX.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Langkah-langkah
kegiatan
a.
Kegiatan
Pendahuluan (10 `)
·
Mengucapkan
salam (sopan santun)
·
Berdo`a
sebelum belajar (religius)
·
Mengabsen
kehadiran siswa (disiplin)
·
Apersepsi
: Sebutkan ciri-ciri makhkuk hidup
·
Motivasi
: Menjelaskan tujuan kompetensi yang ingin dicapai
b.
Kegiatan
Inti (50`)
Eksplorasi
·
Guru
memberi pertanyaan : Apa kalian tahu kapan pertumbuhan pada tumbuhan dimulai? (rasa ingin tahu)
·
Guru
membimbing siswa dalam pembentukan kelompok (disiplin, kerja sama)
Elaborasi
·
Guru
membagikan lembar kerja pada setiap kelompok (disiplin)
·
Guru
menyajikan pelajaran
·
Guru
memberi tugas pada kelompok untuk dikerjakan oleh angota kelompok. Anggota
kelompok yang tahu menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam
kelompok itu mengerti
·
Guru
memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab pertanyaan
siswa tidak boleh saling membantu
Konfirmasi
·
Guru
menanggapi hasil kerja peserta didik
c.
Kegiatan
penutup (20`)
·
Guru
memberi penghargaan kepada siswa yang mendapat nilai tertinggi
·
Guru
membimbing siswa untuk membuat kesimpulan
·
Guru
memberi tugas untuk minggu depan
·
Guru
memberikan evaluas
X.
MEDIA
DAN SUMBER BELAJAR
1.
Sumber
buku acuan : Buku IPA kelas
VIII
2.
Media
Pembelajaran : Charta, LKS
dan alat dan bahan yang sesuai
dengan LKS
XI.
PENILAIAN
a.
Tatap
muka :
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
Asfek
|
1.
Membedakan
2 ciri tahapan perkembangan pada balita, kanak-kanak, dewasa dan manula
|
Tes tulis
|
Esai
|
Bedakan 2 ciri tahapan pada balita, kanak-kanak, dewsa dan
manula
|
Afektif
C2
|
2.
Menjelaskan
3 ciri fisik remaja laki-laki dan perempuan
|
Tes tulis
|
Esai
|
Jelaskan 3 ciri fisik remaja laki-laki dan perempuan
|
Afektif
C2
|
Kunci
Jawaban :
1.
Ciri-ciri
tahapan :
a.
Balita
·
Mulai
mengenal lingkungan
·
Membutuhkan
perhatian khusus
·
Senamg
bermain
·
Manja
·
Cenderung
keras kepala
·
Suka
menolak perintah
·
Membutuhkan
gizi yang banyak
·
Hormon
dihasilkan secara meningkat
b.
Kanak-kanak
:
·
Gigi
susu mulai tanggal dan gigi permanen mulai tumbuh
·
Pertumbuhan
jiwanya relatif stabil
·
Daya
ingat kuat, mematuhi segala perintah gurunya
·
Mudah
menghapal tetapi mudah lupa
·
Sikap
keras kepala mulai berkurang dan lebih menerima pengertian karena kemampuan
logikanya mulai berkembang
c.
Remaja
:
·
Mulai
memperhatikan penampilan
·
Mudah
cemas dan bingung bila mengalami perubahan psikis
·
Tidak
mau dibatasi aktivitasnya
·
Mulai
memilih teman yang cocok
·
Tidak
mau diperlakukan seperti anak kecil
·
Selalu
ingin mencoba hal yang baru
·
Senamg
meiru idola dan berkhayal
·
Mulai
bersikap kritis
·
Mulai
ada perubahan fisik
·
Mulai
menghasilkan hormon reproduksi
·
Alat
kelamin mulai berkembang
·
Hormon
pertumbuhan masih terus dihasilkan
d.
Dewasa
:
·
Daya
pikir cepat
·
Bersikap
kritis
·
Sudah
memiliki pendirian tatap
·
Sudah
menetapkan lingkungan yang dianggap cocok
·
Organ
reproduksi sudah matang dan sempurna
·
Hormon
pertumbuhan sudah tidak dihasilkan lagi
e.
Manula
:
·
Daya
pikir lambat
·
Terkadang
mudah tersinggung
·
Pendirian
dan pemikirannya tetap
·
Terkadang
besrsikap kekanak-kanakan
·
Rambut
putih
·
Kulit
keriput
·
Gigi
mulai tanggal
·
Mata
mulai rabun
·
Wanita
mengalami menopause
2.
Ciri-ciri
fisik
a.
Ciri
kelamin primer
1.
Organ
kelamin telah mampu memproduksi sel-sel kelamin. Laki-laki mulai menghasilkan
sperma di dalam testis dan perempuan mulai menghasilkan sel telur dalam indung
telur (ovarium)
2.
Organ
kelmin mulai berfungsi , pada laki-laki ditandai dengan mimpi basah yang
mengeluarkan air mani dan perempuan ditandai dengan mengalami menstruasi yang
pertama kalinya
b.
Ciri-ciri
sekunder :
a.
Pada
remaja laki-laki :
a)
Mulai
tumbuh jakun
b)
Perubahan
suara lebih besar dan lebih berat
c)
Tumbuh
kumis atau jenggot
d)
Tumbuh
rambut di dada, kaki, ketiak dan di sekitar organ kelamin
e)
Mulai
tampak otot yang berkembang, lebih besar dan menonjol
f)
Bahu
melebar melebihi bagian panggul
g)
Perubahan
jaringan kulit menjadi lebih kasar dan pori-pori tampak membesar
h)
Kadang-kadang
diikuti dengan munculnya jerawat
b.
Pada
remaja perempuan :
a)
Membesarnya
payudara dan puting susu mulai timbul
b)
Pinggul
melebar
c)
Tumbuh
rambut di ketiak dan sekitar organ kelamin
d)
Suara
nyaring
e)
Kadang-kadang
timbul jerawat
c.
Perubahan
proporsi tubuh, tampak dari bertambah tingginya badan, berat badan, panjang
kaki dan tangan
Skor
1.
10
2.
6
Jumlah penskoran
Skor
tertinggi
Mantap!
BalasHapuslightspark