Kamis, 15 Oktober 2015

RPP 3 IPA sms 1 2015/2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
3

MATA PELAJARAN                           :  IPA
KELAS/SEMESTER                             :  VIII/1
JUMLAH PERTEMUAN                   :  2 X 40 MENIT
SEKOLAH                                             :  SMPN I TAROGONG KALER

I.                    STANDAR KOMPETENSI
1.       Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia

II.                  KOMPETENSI DASAR
1.1   Mendeskripsikan tahapan perkembangan pada manusia


III.                INDIKATOR
1.       Membedakan 2 ciri tahapan perkembangan pada balita, anak-anak, dewasa dan manula
2.       Menjelaskan 3 ciri fisik remaja laki-laki dan remaja perempuan

IV.                TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Melalui tanya jawab peserta didik dapat membedakan 2 ciri tahapan perkembangan pada balita, anak-anak, dewasa dan manula
2.    Melalui diskusi peserta didik dapat menjelaskan 3 ciri fisik remaja laki-laki dan perempuan

V.                  KARAKTER YANG DIHARAPKAN
1.    Rasa ingin tahu
2.    Tanggung jawab
3.    Kerja sama
4.    Percaya diri

VI.                MATERI AJAR
1.    Ciri-ciri tahapan :
a.       Balita
·         Mulai mengenal lingkungan
·         Membutuhkan perhatian khusus
·         Senamg bermain
·         Manja
·         Cenderung keras kepala
·         Suka menolak perintah
·         Membutuhkan gizi yang banyak
·         Hormon dihasilkan secara meningkat
b.      Kanak-kanak :
·      Gigi susu mulai tanggal dan gigi permanen mulai tumbuh
·      Pertumbuhan jiwanya relatif stabil
·      Daya ingat kuat, mematuhi segala perintah gurunya
·      Mudah menghapal tetapi mudah lupa
·      Sikap keras kepala mulai berkurang dan lebih menerima pengertian karena kemampuan logikanya mulai berkembang

c.       Remaja :
·      Mulai memperhatikan penampilan
·      Mudah cemas dan bingung bila mengalami perubahan psikis
·      Tidak mau dibatasi aktivitasnya
·      Mulai memilih teman yang cocok
·      Tidak mau diperlakukan seperti anak kecil
·      Selalu ingin mencoba hal yang baru
·      Senamg meiru idola dan berkhayal
·      Mulai bersikap kritis
·      Mulai ada perubahan fisik
·      Mulai menghasilkan hormon reproduksi
·      Alat kelamin mulai berkembang
·      Hormon pertumbuhan masih terus dihasilkan

d.      Dewasa :
·      Daya pikir cepat
·      Bersikap kritis
·      Sudah memiliki pendirian tatap
·      Sudah menetapkan lingkungan yang dianggap cocok
·      Organ reproduksi sudah matang dan sempurna
·      Hormon pertumbuhan sudah tidak dihasilkan lagi

e.      Manula :
·      Daya pikir lambat
·      Terkadang mudah tersinggung
·      Pendirian dan pemikirannya tetap
·      Terkadang besrsikap kekanak-kanakan
·      Rambut putih
·      Kulit keriput
·      Gigi mulai tanggal
·      Mata mulai rabun
·      Wanita mengalami menopause

2.       Ciri-ciri fisik
a.       Ciri kelamin primer
1)        Organ kelamin telah mampu memproduksi sel-sel kelamin. Laki-laki mulai menghasilkan sperma di dalam testis dan perempuan mulai menghasilkan sel telur dalam indung telur (ovarium)
2)        Organ kelmin mulai berfungsi , pada laki-laki ditandai dengan mimpi basah yang mengeluarkan air mani dan perempuan ditandai dengan mengalami menstruasi yang pertama kalinya

b.      Ciri-ciri sekunder :
a)        Pada remaja laki-laki :
1)        Mulai tumbuh jakun
2)        Perubahan suara lebih besar dan lebih berat
3)        Tumbuh kumis atau jenggot
4)        Tumbuh rambut di dada, kaki, ketiak dan di sekitar organ kelamin
5)        Mulai tampak otot yang berkembang, lebih besar dan menonjol
6)        Bahu melebar melebihi bagian panggul
7)        Perubahan jaringan kulit menjadi lebih kasar dan pori-pori tampak membesar
8)        Kadang-kadang diikuti dengan munculnya jerawat

b)   Pada remaja perempuan :
1)        Membesarnya payudara dan puting susu mulai timbul
2)        Pinggul melebar
3)        Tumbuh rambut di ketiak dan sekitar organ kelamin
4)        Suara nyaring
5)        Kadang-kadang timbul jerawat
c.       Perubahan proporsi tubuh, tampak dari bertambah tingginya badan, berat badan, panjang kaki dan tangan

VII.              ALOKASI WAKTU

2 X 40 menit


VIII.            STATEGI PEMBELAJARAN

1.    Model Pembelajaran : Cooperative Learning type STAD
2.    Pendekatan : Kontektual
3.    Metode : Diskusi Kelompok, Pengamatan dan Percobaan


IX.                KEGIATAN PEMBELAJARAN
Langkah-langkah kegiatan
a.       Kegiatan Pendahuluan (10 `)
·         Mengucapkan salam (sopan santun)
·         Berdo`a sebelum belajar (religius)
·         Mengabsen kehadiran siswa (disiplin)
·         Apersepsi : Sebutkan ciri-ciri makhkuk hidup
·         Motivasi : Menjelaskan tujuan kompetensi yang ingin dicapai

b.      Kegiatan Inti  (50`)
Eksplorasi
·           Guru memberi pertanyaan : Apa kalian tahu kapan pertumbuhan  pada tumbuhan dimulai? (rasa ingin tahu)
·           Guru membimbing siswa dalam pembentukan kelompok (disiplin, kerja sama)

Elaborasi
·           Guru membagikan lembar kerja pada setiap kelompok (disiplin)
·           Guru menyajikan pelajaran
·           Guru memberi tugas pada kelompok untuk dikerjakan oleh angota kelompok. Anggota kelompok yang tahu menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti
·           Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab pertanyaan siswa tidak boleh saling membantu
Konfirmasi
·           Guru menanggapi hasil kerja peserta didik

c.       Kegiatan penutup (20`)
·           Guru memberi penghargaan kepada siswa yang mendapat nilai tertinggi
·           Guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan
·           Guru memberi tugas untuk minggu depan
·           Guru memberikan evaluas

X.                  MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
1.       Sumber buku acuan                : Buku IPA kelas VIII
2.       Media Pembelajaran              : Charta, LKS dan alat dan bahan yang sesuai
   dengan LKS

XI.                PENILAIAN
a.       Tatap muka :

Indikator
Pencapaian
Teknik
Penilaian
Bentuk
Instrumen

Instrumen

Asfek

1.       Membedakan 2 ciri tahapan perkembangan pada balita, kanak-kanak, dewasa dan manula


Tes tulis

Esai


Bedakan 2 ciri tahapan pada balita, kanak-kanak, dewsa dan manula

Afektif
 C2
2.       Menjelaskan 3 ciri fisik remaja laki-laki dan perempuan





Tes tulis


Esai

Jelaskan 3 ciri fisik remaja laki-laki dan perempuan
 Afektif
 C2

Kunci Jawaban :

1.       Ciri-ciri tahapan :
a.       Balita
·         Mulai mengenal lingkungan
·         Membutuhkan perhatian khusus
·         Senamg bermain
·         Manja
·         Cenderung keras kepala
·         Suka menolak perintah
·         Membutuhkan gizi yang banyak
·         Hormon dihasilkan secara meningkat

b.      Kanak-kanak :
·      Gigi susu mulai tanggal dan gigi permanen mulai tumbuh
·      Pertumbuhan jiwanya relatif stabil
·      Daya ingat kuat, mematuhi segala perintah gurunya
·      Mudah menghapal tetapi mudah lupa
·      Sikap keras kepala mulai berkurang dan lebih menerima pengertian karena kemampuan logikanya mulai berkembang

c.       Remaja :
·      Mulai memperhatikan penampilan
·      Mudah cemas dan bingung bila mengalami perubahan psikis
·      Tidak mau dibatasi aktivitasnya
·      Mulai memilih teman yang cocok
·      Tidak mau diperlakukan seperti anak kecil
·      Selalu ingin mencoba hal yang baru
·      Senamg meiru idola dan berkhayal
·      Mulai bersikap kritis
·      Mulai ada perubahan fisik
·      Mulai menghasilkan hormon reproduksi
·      Alat kelamin mulai berkembang
·      Hormon pertumbuhan masih terus dihasilkan

d.      Dewasa :
·      Daya pikir cepat
·      Bersikap kritis
·      Sudah memiliki pendirian tatap
·      Sudah menetapkan lingkungan yang dianggap cocok
·      Organ reproduksi sudah matang dan sempurna
·      Hormon pertumbuhan sudah tidak dihasilkan lagi

e.      Manula :
·      Daya pikir lambat
·      Terkadang mudah tersinggung
·      Pendirian dan pemikirannya tetap
·      Terkadang besrsikap kekanak-kanakan
·      Rambut putih
·      Kulit keriput
·      Gigi mulai tanggal
·      Mata mulai rabun
·      Wanita mengalami menopause

2.       Ciri-ciri fisik
a.       Ciri kelamin primer
1.         Organ kelamin telah mampu memproduksi sel-sel kelamin. Laki-laki mulai menghasilkan sperma di dalam testis dan perempuan mulai menghasilkan sel telur dalam indung telur (ovarium)
2.         Organ kelmin mulai berfungsi , pada laki-laki ditandai dengan mimpi basah yang mengeluarkan air mani dan perempuan ditandai dengan mengalami menstruasi yang pertama kalinya

b.      Ciri-ciri sekunder :
a.         Pada remaja laki-laki :
a)             Mulai tumbuh jakun
b)             Perubahan suara lebih besar dan lebih berat
c)              Tumbuh kumis atau jenggot
d)             Tumbuh rambut di dada, kaki, ketiak dan di sekitar organ  kelamin          
e)             Mulai tampak otot yang berkembang, lebih besar dan menonjol
f)              Bahu melebar melebihi bagian panggul
g)             Perubahan jaringan kulit menjadi lebih kasar dan pori-pori tampak membesar
h)             Kadang-kadang diikuti dengan munculnya jerawat

b.      Pada remaja perempuan :
a)             Membesarnya payudara dan puting susu mulai timbul
b)             Pinggul melebar
c)              Tumbuh rambut di ketiak dan sekitar organ kelamin
d)             Suara nyaring
e)             Kadang-kadang timbul jerawat

c.       Perubahan proporsi tubuh, tampak dari bertambah tingginya badan, berat badan, panjang kaki dan tangan

 Skor
1.       10
2.       6


Jumlah penskoran

Nilai Akhir  =    Skor yang diperoleh X 100 %
                                                                                Skor tertinggi



1 komentar: