RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
4
Sekolah : SMP Negeri I Tarogong Kaler
Kelas/Semester : IX/1
Mata
Pelajaran : IPA
Jumlah
pertemuan : 4 x 40 menit
A. Standar Kompetensi :
2. Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup
B. Kompetensi Dasar
2.1. Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup
melalui melalui adaptasi, seleksi alam
dan perkembangbiakan
C.
Indikator
Pertemuan ke 1
1.
Menjelaskan
pebedaan adaptasi morfolologi, adaptasi fisiologi dan adaptasi tingkah laku
2.
Memberi
4 contoh adaptasi morfologi pada makhluk hidup dengan ciri-ciri khusus yang
dimilkinya
3.
Memberi
3 contoh adaptasi fisiologi pada nakhluk hidup dengan ciri-ciri khusus yang
dimilkinya
4.
Memberi
3 contoh adaptasi tingkah laku pada makhluk hidup dengan ciri-ciri khusus yang
dimilikinya.
5.
Menjelaskan
pengertian seleksi alam
6.
Memmberi
contoh seleksi alam yang pernah terjadi sehingga mengakibatkan punahnya salah
satu makhluk hidup
7.
Menjelaskan
alasan makhluk hidup dapat bertahan hidup
Pertemuan ke 2
8.
Menyebutkan
2 cara perkembangbiakakn pada makhluk hidup
9.
Memberi
4 contoh perkembangan vegetatif alami yang terjadi pada makhluk hidup
10.
Memberi
4 contoh perkembangbiakkan vegetatif buatan yang terjadi pada tumbuhan
11.
Menjelaskan
cara perkembangbiakkan generatif pada makhluk hidup
12. Memberi contoh untuk perkembangbiakkan generatif
dengan cara ovivar, vivipar dan ovovivipar
D. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan ke 1
1.
Melalui
tanyajawab siswa dapat menjelaskan pebedaan adaptasi morfolologi, adaptasi
fisiologi dan adaptasi tingkah laku
2.
Melalui
diskusi siswa dapat memberi 4 contoh adaptasi morfologi pada makhluk hidup
dengan ciri-ciri khusus yang dimilkinya
3.
Melalui
studi pustaka siswa dapat memberi 3 contoh adaptasi fisiologi pada makhluk
hidup dengan ciri-ciri khusus yang dimilkinya
4.
Melalui
diskusi siswa dapat memberi 3 contoh adaptasi tingkah laku pada makhluk hidup
dengan ciri-ciri khusus yang dimilikinya.
5.
Melalui
tanyajawab siswa dapat menjelaskan pengertian seleksi alam
6.
Melaui
tanyajawab siswa dapat memberi contoh seleksi alam yang pernah terjadi sehingga
mengakibatkan punahnya salah satu makhluk hidup
7. Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan
alasan makhluk hidup dapat bertahan hidup
Pertemuan ke 2
8.
Melalui
tanyajawab siswa dapat menyebutkan 2 cara perkembangbiakakn pada makhluk hidup
9.
Melalui
pengamatan siswa dapat memberi 4 contoh perkembangan vegetatif alami yang
terjadi pada makhluk hidup
10.
Melalui
pengamtan siswa dapat memberi 4 contoh perkembangbiakkan vegetatif buatan yang
terjadi pada tumbuhan
11.
Melalui
diskusi siswa dapat menjelaskan cara perkembangbiakkan generatif pada makhluk
hidup
12.
Melalui
studi pustaka siswa dapat memberi
contoh perkembangbiakkan
generatif dengan cara ovivar, vivipar dan ovovivipar
E. Karakteristik yang diharapkan
1.
Rasa
ingin tahu
2.
Komunikatif
3.
Tanggung
jawab
4.
Jujur
5. Disiplin
F. Materi Pembelajaran
1.
Perbedaan adaptasi morfolologi,
adaptasi fisiologi dan adaptasi tingkah laku
a.
Adaptasi Morfologi : penyesuaian makhluk hidup
berdasarkan bentuk tubuh
b.
Adaptasi Fisiologi : penyesuaian fungsi alat tubuh
pada makhluk hidup terhadap lingkungannya.
c.
Adaptasi Tingkah laku: penyesuaian makhluk hidup
berdasarkan tingkah laku
2.
Contoh
adaptasi morfologi pada makhluk hidup dengan ciri-ciri khusus yang dimilkinya
•
Tumbuhan hidrofit batangnya memiliki
rongga udara.
•
Tumbuhan xerofit tidak memiliki
daun/ berdaun tebal, batang bersepon, akar panjang, berduri .
•
Tumbuhan bakau memiliki akar napas
untuk bernapas
•
Bentuk tubuh hewan yang hidup di
air/laut adalah streamline/terpedo .
•
Pohon beringin memiliki akar gantung
untuk bernapas.
•
Hewan kutub berbulu tebal dan
berlemak.
•
Bentuk
paruh burung sesuai dengan jenis makanannya
3.
Contoh
adaptasi fisiologi pada nakhluk hidup dengan ciri-ciri khusus yang dimilkinya
a.
Jumlah sel darah merah/eritrosit
orang yang hidup di pegunungan/dataran tinggi lebih banyak di bandingkan dengan
orang yang hidup di pantai/ dataran rendah.
b.
Ikan yang hidup di laut memiliki
urin lebih pekat di bandingkan dgn ikan yang hidup di air tawar.
c.
Hewan herbivora memiliki enzim
selulase dalam usus untuk mencernakan selulosa.
d.
Cacing Teredo navalis yang
hidup di galangan kapal memiliki enzim selulase.
e.
Bakteri pembusuk pada usus besar manusia untuk
membantu pembusukan sisa makanan
f.
Tumbuhan karet bila di toreh/dilukai
mengeluarkan getah.
g.
Unta mampu minum sebanyak 120 liter,
sehingga dapat bertahan tidak minum selama satu bulan
4.
Contoh
adaptasi tingkah laku pada makhluk hidup dengan ciri-ciri khusus yang
dimilikinya.
a.
MANUSIA MEMAKAI PAKAIAN TEBAL UNTUK
MELINDUNGI DIRI SAAT UDARA DINGIN.
b.
SAPI ATAU KERBAU BERKUBANG PADA SAAT
HARI PANAS TERIK,
c.
Cecak memutuskan ekornya bila dalam
keadaan bahaya. (Autotomi)
d.
Bunglon mengubah warna tubuh sesuai
warna lingkungan
e.
IKAN PAUS/ MAMA LIA AIR MUNCUL KE
PERMUKAAN UNT MENGAMBIL O2
f.
.RAYAP
MUDA MENJILATI DUBUR RAYAP DEWASA
5.
Pengertian
seleksi alam
a.
Seleksi yang dilakukan oleh alam terhadap
mahluk hidup yang ada di dalamnya, mahluk hidup yang dapat beradaptasi akan
hidup terus dan mahluk hidup yang tidak dapat beradaptasi akan musnah
b.
Contoh
seleksi alam yang pernah terjadi sehingga mengakibatkan punahnya salah satu
makhluk hidup
a.
Jerapah
b.
Kupu-kupu Biston betularia, dsb.
1.
Pendapat C. Darwin
a.
Bahwa spesies yang hidup
sekarang berasal dari spesies yang hidup pada masa lalu.
b.
Bahwa evolusi terjadi melalui seleksi alam.
2. Pendapat JB. De Lamarck
Bahwa jerapah dahulu berleher pendek karena digunakan
untuk menjangkau makanan yang tinggi, maka lehernya menjadi panjang
6.
Alasan
makhluk hidup dapat bertahan hidup
a.
Adaptasi mahluk hidup
b.
Seleksi alam
c.
Perkembangbiakan
Pertemuan ke 2
7.
Cara
perkembangbiakan pada makhluk hidup
a.
Secara
aseksual/tidak kawin/vegetatif
b.
Secara
seksual/kawin/generatif
8.
Perkembangan
vegetatif alami yang terjadi pada makhluk hidup
1.
Pada
tumbuhan
a.
Tunas
:
·
Tunas
adventif, tunas yang tumbuh bukan pada ujung batang atau ketiak daun. Contoh
cemara, kersen, cocor bebek
·
Tunas
biasa, contoh pisang dan bambu
b.
Rhizoma,
batang yang tumbuh menjalar di bawah permukaan tanah, contoh lengkuas, kunyit,
jahe
c.
Stolon,
batang yang tumbuh di atas atau di bawah permukaan tanah, contoh : pegagan,
arbei, stroberi dan rumput teki
d.
Umbi
:
1.
Umbi
lapis, adalah kumpulan pangkal daun yang membentuk siung dan membesar sebagai
cadangan makanan, misal, bawang putih, bawang merah, bunga lili
2.
Umbi
batang, adalah batang yang tumbuh menjalar dalam tanah sebagai cadangan
makanan, contoh : kentang
3.
Umbi
akar, adalah akar yang membesar berisi cadangan makanan, misal wortel,
singkong, lobak, dahlia, ubi
2.
Pada
hewan :
a.
Tunas
: Hydra
b.
Fragmentasi
: Planaria
c.
Membelah
diri : Amoeba
d.
Partenogenesis
: Crustacea, kadal padang pasir, belalang bambu
9.
Perkembangbiakkan
vegetatif buatan yang terjadi pada tumbuhan
a.
Mencangkok
b.
Menempel/okulasi
c.
Merunduk
d.
Menyambung/mengenten
e.
stek
10.
Perkembangbiakkan
generatif pada makhluk hidup
a.
Perkembangbiakkan
generarif pada tumbuhan
1.
Diawali
dengan penyerbukan
2.
Diikuti
dengan pembuahan : pembuahan 1 dan pembuahan 2
b.
Perkembangbiakkan
generatif pada hewan
1.
Ovipar
2.
Vivipar
3.
Ovovivipar
: ular dan kadal
c.
Ada
beberapa tumbuhan dan hewan yang melakukan perkebangbiakkan secara kawin dan
secara tidak kawin secara bergiliran :
1.
Hydra
2.
Tumbuhan
lumut dan paku
G.Alokasi Waktu
4 x 40 menit
H. Strategi
Pembelajaran
1.
Model
Pembelajaran : Cooperatif Learning
2.
Pendekatan
: Keterampilan proses
3.
Metode
: diskusi, demonstrasi dan pengamatan
I.
Langkah-langkah Kegiatan
1.
Kegiatan
pendahuluan : 10 menit
Ø
Mengucapkan
salam (sopan santun)
Ø
Berdo`a
sebelum belajar (religius)
Ø
Mengabsen
kehadiran siswa (disipilin)
Ø
Apersepsi
: Sebutkan fungsi perkembang biakkan pada makhluk hidup!
Ø
Motivasi
menjelaskan tujuan kompetensi yang ingin dicapai
a. Kegiatan Inti : 50 menit
Eksplorasi :
Ø
Guru
membimbing peserta didik dalam
pembentukkan kelompok (disiplin, kerja sama)
Elaborasi
Ø
Guru
membagikan lembar kerja pada setiap kelompok (disiplin)
Ø
Guru
menyajikan pelajaran
Ø
Guru
membagi tugas kepada ketua kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota
(toleransi, komunikatif)
Ø
Peserta
didik diminta melakukan perhitungan
tentang denyut nadi selama satu menit (teliti, kreatif, jujur, percaya diri,
cermat)
Ø
Guru
memberi kuis kepada seluruh siswa pada saat menjawab kuis tidak boleh saling
membantu
Konfirmasi :
Ø
Guru
menanggapi hasil kerja peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya
(jujur, toleransi)
b. Kegiatan Penutup : 20 menit
Ø
Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja terbaik (toleransi)
Ø
Guru
membimbing peserta didik untuk membuat rangkuman/kesimpulan (tanggung jawab)
Ø Guru dan peserta didik melakukan
refleksi terhadap materi yang sudah diberikan (jujur)
J.
Media dan Sumber Belajar
1. Sumber buku acuan : Buku IPA
kelas IX
2. Media Pembelajaran :
Gambar/carta, tumbuhan teratai dan kaktus dan LKS
K.
Penilaian
a. Bentuk tes : Pilihan ganda
b. Teknik Penilaian : Tes
Tulis
1.
Adaptasi
morfologi adalah...
a.
Penyesuaian
makhluk hidup terhadap lingkungan berdasarkan bentuk tubuh
b.
Penyesuaian
makhluk hidup terhadap lingkungan berdasarkan perilaku
c.
Penyesuaian
makhluk hidup terhadap lingkunganya berdasarkan perilaku dan alat tubuh
d.
penyesuaian
fungsi alat tubuh pada makhluk hidup terhadap lingkungannya.
2.
Pernyataan
di bawah ini yang termasuk adaptasi fisiologi adalah...
a.
Kaki
burung berbeda bentuk
b.
Kaktus
mempunyai duri pada batangnya
c.
Paus
muncul ke permuakan air untuk bernafas
d.
Sel
darah merah orang yang tinggal di pegunungan akan lebih banyak
3.
Mekanisme
ikan yang hidup di air laut adalah...
a.
Sedikit
minum dan banyak mengeluarkan urine
b.
Banyak
minum dan sedikit mengeluarkan urine
c.
Banyak
minum dan banyak mengeluarkan urine
d.
Sedikit
minum dan sedikit mengeluarkan urine
4.
Untuk
melindungi dari musuhnya yang dilakukan oleh bunglon adalah...
a.
Tidur
di musim dingin c. Mengubah
warna tubuh sesuai dengan lingkungan
b.
Tidur
di musim panas d. Menjilati
dubur rayap dewasa
5.
Berdasarkan
peristiwa seleksi alam, pernyataan yang paling sesuai adalah...
a.
Di
daerah industri kupu-kupu berwarna cerah lebih banyak daripada kupu-kupu
berwarna gelap
b.
Di
lingkungan yang cerah kupu-kupu yang berwarna gelap lebih banyak daripada
kupu-kupu berwarna gelap
c.
Di
lingkungan yang banyak pohonnya jumlah kupu-kupu berwarna cerah lebih banyak
daripada kupu-kupu yang berwarna gelap
d.
Di
daerah manapun jumlah kupu-kupu yang berwarna cerah sama banyak dengan kupu-kupu yang berwarna helap
6.
Pernyataan yang
tidak sesuai dengan penyebab punahnya suatu makhluk hidup adalah....
a.
Adaptasi
c.
Daya regenerasi rendah
b.
Gangguan
manusia d.
Banyak makanan
7.
Perkembangbiakkan
secara seksual adalah..
a.
Perkembangbiakkan
yang didahului oleh peleburan sperma dan sel telur
b.
Perkembangbiakkan
yang didahuliu dengan peleburan sperma dengan sperma
c.
Perkembangbiakkan
yang tidak didahului dengan peleburan sel gamet
d.
Perkembangbiakkan
yang didahului dengan peleburan sel telur dengan ovum
8.
Contoh
perkembangbiakkan vegetatif alami pada tumbuhan adalah...
a.
Tunas,
umbi, rhizoma c.
Bunga, biji, stolon
b.
Stolon,
cangkok, okulasi d.
Menyambung, tunas adventif, stek
9.
Yang tidak termasuk perkembangbiakkan
vegetatif buatan adalah...
a.
Cangkok b. Biji c. Okulasi d. Menyambung
10.
Hewan
yang berkembangbiak secara tidak kawin adalah...
a.
Planaria
b. Ayam c. Ikan d. Lebah
11.
Tanaman
yang melakukan pembuahan ganda adalah...
a.
Pinus b. Melinjo c. Pakis haji d. Mangga
12.
Contoh
hewan ovovivipar adalah....
a.
Katak
b. Kambing c. Kadal d. Gajah
13.
Punahnya
dinosaurus 65 juta tahun yang lalu disebabkan karena...
a.
Tidak
mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan
b.
Adanya
wabah penyakit
c.
Kalah
bersaing dengan hewan-hewan lainnya
d.
Jumlah
keturunan sedikit
mohon ijin info try out gratis UN SBMPTN
BalasHapusterimakasih dan salam,
https://marketing.ruangguru.com/uji