RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I
Sekolah
: SMP
Negeri I Tarogong Kaler
Kelas/semester : VIII/2
Mata
Pelajaran : IPA
Jumlah
Pertemuan : 2 X 40 menit
A.
Standar Kompetensi :
2.Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
B.
Kompetensi Dasar :
2.4.Mendeskripsikan
sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
C.
Indikator :
Pertemuan ke satu
1.
Menyebutkan 5 fungsi darah
2.
Menyebutkan 2 komponen darah
3.
Menyebutkan 3 macam sel darah
4.
Menjelaskan karakteristik, fungsi dan
mekanisme dari 3 macam sel darah
5.
Mendeskripsikan proses pembekuan darah
D.
Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui
tanya jawab peserta didik dapat menyebutkan 5 fungsi darah
2. Melalui
diskusi peserta didik dapat menyebutkan 2 komponen darah
3. Melalui
pengamatan peserta didik dapat menyebutkan 3 macam sel darah
4. Melalui
diskusi peserta didik dapat menjelaskan karakteristik, fungsi dan mekanisme
dari 3 macam sel darah
5. Melalui
pengamatan peserta didik dapat mendeskripsikan proses pembekuan darah
E.
Karakter yang diharapkan
:
1. Rasa
ingin tahu
2. Teliti
3. Kerja
keras
4. Percaya
diri
F.
Materi Pembelajaran
:
1.
Fungsi darah adalah :
a.
Mengangkut sari-sari makanan dari usus dan
mengedarkannya ke seluruh tubuh
b.
Mengangkut oksigen dari paru-paru serta
mengedarkannya ke seluruh tubuh dan mengambil karbondioksida dari seluruh tubuh
untuk di bawa ke paru-paru
c.
Mengangkut sisa-sisa metabolisme sel untuk
di buang di ginjal
d.
Menjaga kestabilan suhu tubuh dengan cara
darah melakukan penyebaran energi panas dalam tubuh secara merata
e.
Mengangkut hormon dari pusat produksi
hormon ke tempat tujuannya
f.
Membunuh kuman yang masuk ke dalam tubuh
2.
Komponen darah terdiri dari sel-sel darah
dan plasma darah
3.
Macam sel darah adalah sel darah merah,
sel darah putih dan keping darah
4.
Karakteristik darah, fungsi dan mekanisme
darah :
a.
Sel darah merah/eritrosit :
1.
Ciri-ciri : bentuk cakram, tidak berinti
2.
Fungsi : mengangkut oksigen dan
karbondioksida
3.
Mekanisme : yang telah tua dan rusak
dirombak di limpa
b.
Sel darah putih/leukosit :
1.
Ciri-ciri : bentuk tidak tetap
2.
Fungsi : membunuh kuman yang masuk
3.
Mekanisme : berumur beberapa hari atau
beberapa jam ketika terjadi peradangan
c.
Keping darah/trombosit ;
1.
Ciri-ciri : bentuk tidak beraturan
2.
Fungsi : berperan dalam proses pembekuan
darah
3.
Mekanisme : jika luka terjadi proses
pembekuan darah
Proses
pembekuan darah :
Mengeluarkan
Trombosit
pecah
tromboplastin
tromboplastin
Protombin
trombin
Ion Ca dan Vitamin K
Trombin
Fibrinogen fibrin
G.
Alokasi Waktu :
2 X 40 menit
H.
Strategi Pembelajaran :
1.
Model Pembelajaran : Cooperative Learning
Type STAD
2.
Pendekatan : Kontektual
3.
Metode : Diskusi kelompok dan Observasi
I.
Langkah-langkah Kegiatan :
1.
Kegiatan Pendahuluan : 10 menit
Ø Mengucapkan
salam (sopan santun)
Ø Berdo`a
sebelum belajar (religius)
Ø Mengabsen
kehadiran peserta didik (disiplin)
Ø Motivasi
: menjelaskan tujuan pembelajaran dari pembelajaran yang akan dilakukan
2.
Kegiatan Inti : 60 menit
Eksplorasi
Ø Guru
memberi pertanyaan tentang darah dan membimbing peserta didik dalam pembentukan
kelompok
Elaborasi
Ø Guru
membagikan lembar kerja
Ø Guru
menyajikan pelajaran
Ø Guru
memberi tugas kepada kelompok untuk mengerjakan Lembar Kerja
Ø Guru
memberi kuis kepada seluruh peserta didik
Konfirmasi
Ø Guru
menanggapi hasil kerja peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya
3.
Kegiatan Penutup :
Ø Guru
memberi penghargaan kepada kelompok dengan kinerja terbaik
Ø Guru
membimbing peserta didik untuk membuat rangkuman
Ø Guru
dan peserta didik melakukan refleksi terhadap materi yang sudah
diberikan dan menginformasikan
pelajaran yang akan datang
J.
Media Pembelajaran dan
Sumber Belajar :
1.
Sumber buku acuan : Buku IPA kelas VIII
2.
Media Pembelajaran : Gambar , IT ,
mikroskop lengkap dan LKS
K.
Penilaian :
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
Asfek
|
Menyebutkan 5 fungsi darah
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Sebutkan 5 fungsi darah
|
C1
|
Menyebutkan 2 komponen darah
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Sebutkan 2 komponen darah
|
C1
|
Menyebutkan 3 macam sel darah
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Sebutkan 3 macam sel darah
|
C1
|
Menjelaskan
karakteristik,fungsi dan mekanisme dari macam-macam sel darah
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan karakteristik,fungsi dan
mekanisme dari macam sel darah
|
C2
|
Mendeskripsikan
proses pembekuan darah
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Deskripsikan proses pembekuan darah
|
C2
|
Kunci
jawaban
1.
Fungsi darah adalah :
a.
Mengangkut sari-sari makanan dari usus dan
mengedarkannya ke seluruh tubuh
b.
Mengangkut oksigen dari paru-paru serta mengedarkannya
ke seluruh tubuh dan mengambil karbondioksida dari seluruh tubuh untuk di bawa
ke paru-paru
c.
Mengangkut sisa-sisa metabolisme sel untuk
di buang di ginjal
d.
Menjaga kestabilan suhu tubuh dengan cara
darah melakukan penyebaran energi panas dalam tubuh secara merata
e.
Mengangkut hormon dari pusat produksi
hormon ke tempat tujuannya
f.
Membunuh kuman yang masuk ke dalam tubuh
2.
Komponen darah terdiri dari sel-sel darah
dan plasma darah
3.
Macam sel darah adalah sel darah merah,
sel darah putih dan keping darah
4.
Karakteristik darah, fungsi dan mekanisme
darah :
a.
Sel darah merah/eritrosit :
1.
Ciri-ciri : bentuk cakram, tidak berinti
2.
Fungsi : mengangkut oksigen dan
karbondioksida
3.
Mekanisme : yang telah tua dan rusak
dirombak di limpa
b.
Sel darah putih/leukosit :
1.
Ciri-ciri : bentuk tidak tetap
2.
Fungsi : membunuh kuman yang masuk
3.
Mekanisme : berumur beberapa hari atau
beberapa jam ketika terjadi peradangan
c.
Keping darah/trombosit ;
1.
Ciri-ciri : bentuk tidak beraturan
2.
Fungsi : berperan dalam proses pembekuan
darah
3.
Mekanisme : jika luka terjadi proses
pembekuan darah
5.Proses
pembekuan darah :
Jika terjadi luka
maka keping darah mengeluarkan trombokinase dan mempengaruhi protrombin untuk
membuat trombin dan trombin mempengaruhi fibrinogen untuk membuat benang-benang
fibrin dan menutup luka
Penskoran
No 1 skor maksimum 5
No 2 skor maksimum 2
No 3 skor maksimum 3
No 4 skor maksimum 9
No 5 skor maksimum 4
Nilai akhir = skor yang
diperoleh x 100 %
Skor
maksimal
ijin info try out gratis ya mba,
BalasHapushttps://marketing.ruangguru.com/uji