Senin, 07 November 2016

RPP DARAH I KLA 8



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I

Sekolah                                   : SMP Negeri I Tarogong Kaler
Kelas/semester                        : VIII/2
Mata Pelajaran                        : IPA
Jumlah Pertemuan                   : 2 X 40 menit

A.    Standar Kompetensi :
2.Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia

B.     Kompetensi Dasar :
2.4.Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan

C.    Indikator :
Pertemuan ke satu
1.      Menyebutkan 5 fungsi darah
2.      Menyebutkan 2 komponen darah
3.      Menyebutkan 3 macam sel darah
4.      Menjelaskan karakteristik, fungsi dan mekanisme dari 3 macam sel darah
5.      Mendeskripsikan proses pembekuan darah

D.    Tujuan Pembelajaran :
1.      Melalui tanya jawab peserta didik dapat menyebutkan 5 fungsi darah
2.      Melalui diskusi peserta didik dapat menyebutkan 2 komponen darah
3.      Melalui pengamatan peserta didik dapat menyebutkan 3 macam sel darah
4.      Melalui diskusi peserta didik dapat menjelaskan karakteristik, fungsi dan mekanisme dari 3 macam sel darah
5.      Melalui pengamatan peserta didik dapat mendeskripsikan proses pembekuan darah

E.     Karakter yang diharapkan :
1.      Rasa ingin tahu
2.      Teliti
3.      Kerja keras
4.      Percaya diri

F.     Materi Pembelajaran :
1.      Fungsi darah adalah :
a.       Mengangkut sari-sari makanan dari usus dan mengedarkannya ke seluruh tubuh
b.      Mengangkut oksigen dari paru-paru serta mengedarkannya ke seluruh tubuh dan mengambil karbondioksida dari seluruh tubuh untuk di bawa ke paru-paru
c.       Mengangkut sisa-sisa metabolisme sel untuk di buang di ginjal
d.      Menjaga kestabilan suhu tubuh dengan cara darah melakukan penyebaran energi panas dalam tubuh secara merata
e.       Mengangkut hormon dari pusat produksi hormon ke tempat tujuannya
f.        Membunuh kuman yang masuk ke dalam tubuh
2.      Komponen darah terdiri dari sel-sel darah dan plasma darah
3.      Macam sel darah adalah sel darah merah, sel darah putih dan keping darah
4.      Karakteristik darah, fungsi dan mekanisme darah :
a.       Sel darah merah/eritrosit :
1.      Ciri-ciri : bentuk cakram, tidak berinti
2.      Fungsi : mengangkut oksigen dan karbondioksida
3.      Mekanisme : yang telah tua dan rusak dirombak di limpa
b.      Sel darah putih/leukosit :
1.      Ciri-ciri : bentuk tidak tetap
2.      Fungsi : membunuh kuman yang masuk
3.      Mekanisme : berumur beberapa hari atau beberapa jam ketika terjadi peradangan
c.       Keping darah/trombosit ;
1.      Ciri-ciri : bentuk tidak beraturan
2.      Fungsi : berperan dalam proses pembekuan darah
3.      Mekanisme : jika luka terjadi proses pembekuan darah
Proses pembekuan darah :


                                      Mengeluarkan
Trombosit pecah                                tromboplastin
                                                             
                          tromboplastin
Protombin                                                 trombin
                          Ion Ca dan Vitamin K
                                      Trombin                     
              Fibrinogen                              fibrin

G.    Alokasi Waktu :
2 X 40 menit

H.    Strategi Pembelajaran :
1.      Model Pembelajaran : Cooperative Learning Type STAD
2.      Pendekatan : Kontektual
3.      Metode : Diskusi kelompok dan Observasi

I.       Langkah-langkah Kegiatan :
1.      Kegiatan Pendahuluan : 10 menit
Ø    Mengucapkan salam (sopan santun)
Ø    Berdo`a sebelum belajar (religius)
Ø    Mengabsen kehadiran peserta didik (disiplin)
Ø    Motivasi : menjelaskan tujuan pembelajaran dari pembelajaran yang akan dilakukan
2.      Kegiatan Inti : 60 menit
Eksplorasi
Ø    Guru memberi pertanyaan tentang darah dan membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok
Elaborasi
Ø    Guru membagikan lembar kerja
Ø    Guru menyajikan pelajaran
Ø    Guru memberi tugas kepada kelompok untuk mengerjakan Lembar Kerja
Ø    Guru memberi kuis kepada seluruh peserta didik
Konfirmasi
Ø   Guru menanggapi hasil kerja peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya
3.      Kegiatan Penutup :
Ø    Guru memberi penghargaan kepada kelompok dengan kinerja terbaik
Ø    Guru membimbing peserta didik untuk membuat rangkuman
Ø    Guru dan peserta didik melakukan refleksi terhadap materi yang sudah  
           diberikan dan menginformasikan pelajaran yang akan datang

J.       Media Pembelajaran dan Sumber Belajar :
1.      Sumber buku acuan : Buku IPA kelas VIII
2.      Media Pembelajaran : Gambar , IT , mikroskop lengkap dan LKS

K.    Penilaian :
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Asfek
Menyebutkan 5 fungsi darah
Tes tulis
Uraian
Sebutkan 5 fungsi darah
C1
Menyebutkan 2 komponen darah
Tes tulis
Uraian
Sebutkan 2 komponen darah
C1
Menyebutkan 3 macam sel darah
Tes tulis
Uraian
Sebutkan 3 macam sel darah
C1
Menjelaskan karakteristik,fungsi dan mekanisme dari macam-macam sel darah
Tes tulis
Uraian
Jelaskan karakteristik,fungsi dan mekanisme  dari macam sel darah
C2
Mendeskripsikan proses pembekuan darah
Tes tulis
Uraian
Deskripsikan proses pembekuan darah
C2

Kunci jawaban
1.   Fungsi darah adalah :
a.    Mengangkut sari-sari makanan dari usus dan mengedarkannya ke seluruh tubuh
b.   Mengangkut oksigen dari paru-paru serta mengedarkannya ke seluruh tubuh dan mengambil karbondioksida dari seluruh tubuh untuk di bawa ke paru-paru
c.    Mengangkut sisa-sisa metabolisme sel untuk di buang di ginjal
d.   Menjaga kestabilan suhu tubuh dengan cara darah melakukan penyebaran energi panas dalam tubuh secara merata
e.    Mengangkut hormon dari pusat produksi hormon ke tempat tujuannya
f.     Membunuh kuman yang masuk ke dalam tubuh
2.   Komponen darah terdiri dari sel-sel darah dan plasma darah
3.   Macam sel darah adalah sel darah merah, sel darah putih dan keping darah
4.   Karakteristik darah, fungsi dan mekanisme darah :
a.    Sel darah merah/eritrosit :
1.   Ciri-ciri : bentuk cakram, tidak berinti
2.   Fungsi : mengangkut oksigen dan karbondioksida
3.   Mekanisme : yang telah tua dan rusak dirombak di limpa
b.   Sel darah putih/leukosit :
1.   Ciri-ciri : bentuk tidak tetap
2.   Fungsi : membunuh kuman yang masuk
3.   Mekanisme : berumur beberapa hari atau beberapa jam ketika terjadi peradangan
c.    Keping darah/trombosit ;
1.   Ciri-ciri : bentuk tidak beraturan
2.   Fungsi : berperan dalam proses pembekuan darah
3.   Mekanisme : jika luka terjadi proses pembekuan darah
5.Proses pembekuan darah :
Jika terjadi luka maka keping darah mengeluarkan trombokinase dan mempengaruhi protrombin untuk membuat trombin dan trombin mempengaruhi fibrinogen untuk membuat benang-benang fibrin dan menutup luka
Penskoran
No 1 skor maksimum 5
No 2 skor maksimum 2
No 3 skor maksimum 3
No 4 skor maksimum 9
No 5 skor maksimum 4

Nilai akhir = skor yang diperoleh x 100 %
                        Skor maksimal

1 komentar: