RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP Negeri I Tarogong Kaler
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester :
VIII/1
A. Standar Kompetensi
1.
Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan
B. Kompetensi Dasar
1.3
Mengidentifikasi macam-macam gerak pada
tumbuhan
C.
Indikator
1.
Menjelaskan pengertian gerak esionom
2.
Menyebutkan 3 kelompok gerak esionom
3.
Menjelaskan perbedaan gerak tropisme,
gerak nasti dan gerak taksis
4.
Memberikan 3 contoh gerak tropisme
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui tanya jawab peserta didik dapat
menjelaskan pengertian gerak esionom
2.
Melalui diskusi peserta didik dapat
menyebutkan 3 kelompok esionom
3.
Melalui tanya jawab peserta didik dapat
menjelaskan perbedaan gerak tropisme, gerak nasti dan gerak taksis
4.
Melalui pengamatan peserta didik dapat
memberikan 3 contoh gerakan tropisme
E.
Karakter yang diharapkan
1.
Percaya diri
2.
Tanggung jawab
3.
Komunikatif
4.
Toleransi
5.
Rasa ingin tahu
F.
Materi pembelajaran
Gerak esionom adalah gerak tumbuhan yang
disebabkan oleh adanya rangsangan
dari lingkungan sekitar . Gerak ini dibagi menjadi 3 kelompok yaitu
gerak tropisme, gerak nasti dan gerak taksis.
Gerak tropisme
adalah gerak sebagian tumbuhan sebagai tanggapan terhadap rangsangan dan arah
geraknya ditentukan oleh rangsangan itu
Gerak nasti adalah
gerak bagian tubuh sebagai
tanggapan rangsangan dari luar yang arah
gerakkannya tidak ditentukan oleh arah datangnya rangsang
Gerak taksis
adalah gerak seluruh bagian tumbuhan atau gerak pindah tempat yang dilakukan
oleh organisme atau bagian dari tumbuhan
3 contoh gerakan
tropisme adalah fototropisme, geotropisme dan hidrotropisme
G.
Alokasi Waktu
1 X 40 menit
H.
Strategi Pembelajaran
1.
Model Pembelajatan : kooperatif learning
type STAD
2.
Pendekatan : ketrampilan proses
3.
Metode : diskusi dan tanya jawab
I.
Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan
Ø Mengucapkan
salam (sopan santun)
Ø Berdo`a
sebelum belajar (religius)
Ø Mengabsen
kehadiran siswa (disiplin)
a.
Apersepsi : Pernahkan kalian melihat
tumbuhan bergerak ? Bagaimana cara tumbuhan bergerak ?
b.
Motivasi : Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan
dicapai
2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Ø Peserta
didik dibagi menjadi 8 kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4 atau 5 orang
dengan kesetaraan gender ( disiplin, kerja sama)
Ø Peserta
didik duduk dalan tatanan kooperatif
Elaborasi
Ø Guru
membagikan lembar kerja pada setiap kelompok
Ø Guru
menyjikan materi pelajaran
Ø Peserta
didik membaca lembar kerja
Ø Peserta
didik berdiskusi untuk menjawab pertanyaan-pertanyan yang terdapat pada lembar
kerja
Ø Peserta
didik mempretasikan hasil diskusi kelompok
Ø Guru
memberi kuis kepada seluruh siswa pada saat menjawab kuis tidak boleh saling
membantu
Konfirmasi
Ø Melakukan
refleksi terhadap materi yang telah disampaikan
Ø Menjawab
pertanyaan siswa jika mengalami kesulitan
3.
Kegiatan Penutup :
Ø Guru
membimbing peserta didik untuk membuat rangkuman
Ø Guru
memberikan penilaian dengan tes
Ø Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
J.
Media dan Sumber Belajar
1.
Sumber buku acuan : Buku paket IPA kelas
VIII
2.
Media Pembelajaran :Gambar dan Lembar
Kerja
K.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
asfek
|
Jenjang
|
1.
Menjelaskan pengertian gerak esionom
|
Tes tulis
|
Essay
|
Jelaskan pengertian gerak esionom
|
Kognitif
|
C
2
|
2.
Menyebutkan 3 kelompok gerak esionom
|
Tes tulis
|
Essay
|
Sebutkan
3 kelompok gerak esionon
|
Kognitif
|
C1
|
3.
Menjelaskan perbedaan gerak tropisme, gerak nasti
dan gerak taksis
|
Tes tulis
|
Essay
|
Jelaskan
perbedaan gerak tropisme, gerak nasti dan gerak taksis
|
Kognitif
|
C2
|
4.
Memberikan 3 contoh gerak tropisme
|
Tes tulis
|
Essay
|
Berikan
3 contoh gerakan tropisme
|
Kognitif
|
C1
|
Kunci jawaban
1.
Gerak esionom adalah gerak gerak pada
tumbuhan karena adanya rangsangan dari lingkungan sekitar
2.
Gerak esionom dibagi menjadi 3 kelompok
yaitu gerak tropisme, gerak nasti dan gerak taksis
3.
Gerak tropisme adalah gerak sebagian
tmbuhan karena adanya rangsangan dari luar dan arah geraknya dipengaruhi oleh
datangnya rangsang
Gerak nasti adalah
sebagian tumbuhan akibat rangsangan dari luar tetapi arah geraknya tidak
dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang
Gerak taksis adalah
gerak pindah atau gerak seluruh bagian tumbuhan dan arahnya dipengaruhi oleh
oleh sumber rangsangan
4.
3 contoh gerak tropisme adalah
fototropisme,geotropisme dan hidrotropisme
Penskoran
1.
Skor
maksimal 2
2.
Skor maksimal 3
3.
Skor maksimal 6
4.
Skor maksimal 3
Jumlah skor 14
NA = Nilai
yang diperoleh X 100 %
Nilai maksimal
salam sehat selalu untuk mba apriani,
BalasHapushttps://marketing.ruangguru.com/uji
terimakasih kontennya bermanfaat
BalasHapus