RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
2
Sekolah : SMP Negeri I Tarogong Kaler
Kelas/Semester :
VIII/1
Mata
Pelajaran : IPA
A. Standar Kompetensi :
2. Memahami
berbagai sistem dalam kehidupan manusia
B. Kompetensi Dasar
2.4.
Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan
kesehatan
C. Indikator
1. Menyebutkan
2 alat-alat peredaran darah
2. Menjelaskan
3 karakteristik dan ,fungsi jantung
3. Menjelaskan
2 perbedaan pembuluh nadi dengan pembuluh balik
4.
Menghitung jumlah denyut nadi
D.
Tujuan Pembelajaran
1. Melalui
pengamatan peserta didik dapat menyebutkan 2 alat-alat peredaran darah
2. Melalui
tanya jawab peserta didik dapat menjelaskan 3 karakteristik dan fungsi jantung
3. Melalui
diskusi peserta didik dapat menjelaskan 2 perbedaan pembuluh nadi dengan
pembuluh balik
4. Melalui
percobaan peserta didik dapat menghitung
jumlah denyut nadi dengan jujur
E.
Karakteristik yang diharapkan
1. Rasa
ingin tahu
2. Komunikatif
3. Tanggung
jawab
4. Jujur
5.
Disiplin
F.
Materi Pembelajaran
1.
Alat-alat peredaran darah adalah jantung
dan pembuluh darah
2.
Karakteristik jantung : terletak di rongga
dada agak sebelah kiri, ukuran kira-kira sekepal tangan orang yang bersangkutan.Mempunyai
4 tuang yaitu serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan dan bilik kiri
Fungsi jantung
sebagai alat memompa darah
3.
a. Pembuluh nadi :
Dinding pembuluh :
tebal, kuat dan elastis
Arah aliran darah : meninggalkan jantung
Denyut : terasa
Jika terluka :
darah memancarkan keluar
Letak : agak ke
dalam tersembunyi
b. Pembuluh balik
:
Dinding pembuluh :
tipis, tidak elastis
Arah aliran darah
:menuju jantung
Denyut : tidak terasa
Jika terluka :
darah menetes
Letak : dekat
permukaan tubuh
4.
Denyut nadi seirama dengan denyut jantung.
Adanya kontraksi dan relaksasi dari jantung akan menimbulkan denyut jantung
Menghitung denyut
nadi
Cara :
1.
Duduklah dengan tenang. Letakkan ketiga
ujung jari pada pergelangan tangan temanmu. Lalu hitunglah jumlah denyut nadi
temanmu selama 1 menit.
2.
Temanmu berlari-lari di tempat selama 2
menit, kemudian hitung kembali jumlah denyut nadinya
G.Alokasi Waktu
2 x 40 menit
H. Strategi Pembelajaran
1. Model
Pembelajaran : Cooperatif Learning type STAD
2. Pendekatan
: Keterampilan proses
3. Metode
: diskusi, demonstrasi dan pengamatan
I. Langkah-langkah Kegiatan
1.
Kegiatan pendahuluan : 10 menit
Ø Mengucapkan
salam (sopan santun)
Ø Berdo`a
sebelum belajar (religius)
Ø Mengabsen
kehadiran siswa (disipilin)
Ø Apersepsi
: Sebutkan fungsi darah bagi manusia!
Ø Motivasi
menjelaskan tujuan kompetensi yang ingin dicapai
a.
Kegiatan Inti : 50 menit
Eksplorasi :
Ø Guru
membimbing peserta didik dalam
pembentukkan kelompok (disiplin, kerja sama)
Elaborasi
Ø Guru
membagikan lembar kerja pada setiap kelompok (disiplin)
Ø Guru
menyajikan pelajaran
Ø Guru
membagi tugas kepada ketua kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota
(toleransi, komunikatif)
Ø Peserta
didik diminta melakukan perhitungan
tentang denyut nadi selama satu menit (teliti, kreatif, jujur, percaya diri,
cermat)
Ø Guru
memberi kuis kepada seluruh siswa pada saat menjawab kuis tidak boleh saling
membantu
Konfirmasi :
Ø Guru
menanggapi hasil kerja peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya
(jujur, toleransi)
b.
Kegiatan Penutup : 20 menit
Ø Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja terbaik (toleransi)
Ø Guru
membimbing peserta didik untuk membuat rangkuman/kesimpulan (tanggung jawab)
Ø
Guru dan peserta didik melakukan refleksi
terhadap materi yang sudah diberikan (jujur)
J.
Media dan Sumber Belajar
1.
Sumber buku acuan : Buku IPA kelas VIII
2.
Media Pembelajaran : Gambar/carta, model,
jam tangan dan LKS
K.
Penilaian
Indikator
pencapaian
|
Teknik penilaian
|
Bentuk instrumen
|
Instrumen
|
Asfek
|
Menyebutkan alat-alat peredaran darah
|
Tes tulis
|
Esai
|
Sebutkan alat-alat peredaran darah
|
Kognitif
C 1
|
Menjelaskan
3 karakteristik jantung dan fungsinya
|
Tes tulis
|
Esai
|
Jelaskan 3 karakteristik jantung dan
fungsinya
|
Kognitif
C 2
|
Menjelaskan 2
perbedaan pembuluh nadi dengan pembuluh balik
|
Tes tulis
|
Esai
|
Jelaskan 2 perbedaan pembuluh balik
dengan pembuluh nadi
|
Kognitif
C 2
|
Menghitung jumlah denyut nadi
|
Tes tulis
|
Esai
|
Berapa jumlah denyut nadi pada watu
istirahat dan setelah berlari-lari
|
Kognitif
C 3
|
Kunci Jawaban
1. Jantung
dan pembuluh darah
2. Karakteristik
jantung : Terletak di rongga dada agak ke sebelah kiri, ukurannya kira-kira
sekepal tangan orang yang bersangkutan, mempunyai 4 ruang ; serambi kanan ,
serambi kiri, bilik kanan dan bilik kiri dan fungsinya adalah untuk memompa
darah.
3. Pembuluh
nadi letak agak ke dalam tersembunyi, dinding pembuluh tebal, kuat dan elastis,
aliran darah meninggalkan jantung, denyut terasa, katup satu dekat jantung,
jika terluka darah memancar keluar
Pembuluh balik letak dekat permukaan tubuh tampak
kebiru-biruan, dinding pembuluh tipis, tidak elastis,aliran darah menuju
jantung, denyut tidak terasa, jika terluka darah tidak memancar tetapi menetes
4. Jumlah
denyut nadi pada waktu istirahat adalah 75 denyut/menit dan setelah lari-lari
denyut nadi antara 120-140
Penskoran
1. Skor maksimun 2
2. Skor
maksimum 4
3. Skor
maksimal 12
4. Skor
maksimal 2
Jumlah skor 19
Nilai
Akhir = Skor yang diperoleh X
100 %
Skor
tertinggi
info try out gratis SD SMP SMA
BalasHapushttps://marketing.ruangguru.com/uji