Senin, 07 November 2016

RPP DARAH KELAS 8



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                            2

Sekolah                       :  SMP Negeri I Tarogong Kaler
Kelas/Semester          :  VIII/1
Mata Pelajaran          :  IPA


 A. Standar Kompetensi :
2. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia

 B. Kompetensi Dasar
2.4. Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan
       kesehatan

 C.  Indikator
1.      Menyebutkan 2 alat-alat peredaran darah
2.      Menjelaskan 3 karakteristik dan ,fungsi jantung
3.      Menjelaskan 2 perbedaan pembuluh nadi dengan pembuluh balik
4.      Menghitung jumlah denyut nadi 

D. Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui pengamatan peserta didik dapat menyebutkan 2 alat-alat peredaran darah
2.      Melalui tanya jawab peserta didik dapat menjelaskan 3 karakteristik dan fungsi jantung
3.      Melalui diskusi peserta didik dapat menjelaskan 2 perbedaan pembuluh nadi dengan pembuluh balik
4.      Melalui percobaan peserta didik  dapat menghitung  jumlah denyut nadi  dengan jujur

E. Karakteristik yang diharapkan
1.      Rasa ingin tahu
2.      Komunikatif
3.      Tanggung jawab
4.      Jujur
5.      Disiplin

F. Materi Pembelajaran
1.         Alat-alat peredaran darah adalah jantung dan pembuluh darah
2.         Karakteristik jantung : terletak di rongga dada agak sebelah kiri, ukuran kira-kira sekepal tangan orang yang bersangkutan.Mempunyai 4 tuang yaitu serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan dan bilik kiri
Fungsi jantung sebagai alat memompa darah
3.         a. Pembuluh nadi :
Dinding pembuluh : tebal, kuat dan elastis
Arah  aliran darah : meninggalkan jantung
Denyut : terasa
Jika terluka : darah memancarkan keluar
Letak : agak ke dalam tersembunyi
b. Pembuluh balik :
Dinding pembuluh : tipis, tidak elastis
Arah aliran darah :menuju jantung
Denyut  : tidak terasa
Jika terluka : darah menetes
Letak : dekat permukaan tubuh
4.      Denyut nadi seirama dengan denyut jantung. Adanya kontraksi dan relaksasi dari jantung akan menimbulkan denyut jantung
Menghitung denyut nadi
Cara :
1.      Duduklah dengan tenang. Letakkan ketiga ujung jari pada pergelangan tangan temanmu. Lalu hitunglah jumlah denyut nadi temanmu selama 1 menit.
2.      Temanmu berlari-lari di tempat selama 2 menit, kemudian hitung kembali jumlah denyut nadinya

G.Alokasi Waktu
     2 x 40 menit

H. Strategi Pembelajaran
1.      Model Pembelajaran : Cooperatif Learning type STAD
2.      Pendekatan : Keterampilan proses
3.      Metode : diskusi, demonstrasi dan pengamatan

I.     Langkah-langkah Kegiatan
1.        Kegiatan pendahuluan : 10 menit
Ø   Mengucapkan salam (sopan santun)
Ø   Berdo`a sebelum belajar (religius)
Ø   Mengabsen kehadiran siswa (disipilin)
Ø   Apersepsi : Sebutkan fungsi darah bagi manusia!
Ø   Motivasi menjelaskan tujuan kompetensi yang ingin dicapai
a.       Kegiatan Inti :  50 menit
Eksplorasi :
Ø   Guru membimbing peserta didik  dalam pembentukkan kelompok (disiplin, kerja sama)
Elaborasi
Ø   Guru membagikan lembar kerja pada setiap kelompok (disiplin)
Ø   Guru menyajikan pelajaran
Ø   Guru membagi tugas kepada ketua kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota (toleransi, komunikatif)
Ø   Peserta didik diminta  melakukan perhitungan tentang denyut nadi selama satu menit (teliti, kreatif, jujur, percaya diri, cermat)
Ø   Guru memberi kuis kepada seluruh siswa pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu
Konfirmasi :
Ø   Guru menanggapi hasil kerja peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya (jujur, toleransi)

b.      Kegiatan Penutup : 20 menit
Ø   Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja terbaik (toleransi)
Ø   Guru membimbing peserta didik untuk membuat rangkuman/kesimpulan (tanggung jawab)
Ø   Guru dan peserta didik melakukan refleksi terhadap materi yang sudah diberikan (jujur)

J. Media dan Sumber Belajar
1.   Sumber buku acuan : Buku IPA kelas VIII
2.   Media Pembelajaran : Gambar/carta, model, jam tangan dan LKS

K. Penilaian
Indikator pencapaian
Teknik penilaian
Bentuk instrumen
Instrumen
Asfek
Menyebutkan alat-alat peredaran darah
Tes tulis
Esai
Sebutkan alat-alat peredaran darah
Kognitif
C 1
Menjelaskan 3 karakteristik jantung dan fungsinya

Tes tulis
Esai
Jelaskan 3 karakteristik jantung dan fungsinya
Kognitif
C 2
Menjelaskan 2 perbedaan pembuluh nadi dengan pembuluh balik

Tes tulis
Esai
Jelaskan 2 perbedaan pembuluh balik dengan pembuluh nadi
Kognitif
C 2
Menghitung jumlah denyut nadi
Tes tulis
Esai
Berapa jumlah denyut nadi pada watu istirahat dan setelah berlari-lari
Kognitif
C 3


        Kunci Jawaban
1.      Jantung dan pembuluh darah
2.      Karakteristik jantung : Terletak di rongga dada agak ke sebelah kiri, ukurannya kira-kira sekepal tangan orang yang bersangkutan, mempunyai 4 ruang ; serambi kanan , serambi kiri, bilik kanan dan bilik kiri dan fungsinya adalah untuk memompa darah.
3.      Pembuluh nadi letak agak ke dalam tersembunyi, dinding pembuluh tebal, kuat dan elastis, aliran darah meninggalkan jantung, denyut terasa, katup satu dekat jantung, jika terluka darah memancar keluar
Pembuluh balik letak dekat permukaan tubuh tampak kebiru-biruan, dinding pembuluh tipis, tidak elastis,aliran darah menuju jantung, denyut tidak terasa, jika terluka darah tidak memancar tetapi menetes
4.      Jumlah denyut nadi pada waktu istirahat adalah 75 denyut/menit dan setelah lari-lari denyut nadi antara 120-140

        Penskoran
1.      Skor  maksimun 2
2.      Skor maksimum 4
3.      Skor maksimal 12
4.      Skor maksimal 2
Jumlah skor 19
Nilai Akhir = Skor yang diperoleh       X 100 %
                                    Skor tertinggi








1 komentar: