Senin, 07 November 2016

RPP DARAH 2 KELAS 8



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
3

Sekolah                                   : SMP Negeri I Tarogong Kaler
Kelas/semester                        : VIII/2
Mata Pelajaran                        : IPA
Jumlah Pertemuan                   : 2 X 40 menit

A.    Standar Kompetensi :
2.Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia

B.     Kompetensi Dasar :
2.4.Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan

C.    Indikator :
Pertemuan ke tiga
1.         Memaparkan jalannya peredaran darah
2.         Membedakan sistem peredaran darah kecil dan peredaran darah besar
3.         Menyebutkan macam-macam golongan darah
4.         Mendata contoh penyakit atau kelainan yang berhubungan dengan sistem peredaran darah

D.    Tujuan Pembelajaran :
1.      Melalui tanya jawab peserta didik dapat memaparkan jalannya peredaran darah
2.      Melalui diskusi peserta didik dapat membedakan sistem peredaran darah kecil dan peredaran darah besar
3.      Melalui pengamatan peserta didik dapat menyebutkan peserta didik dapat menyebutkan macam-macam golongan darah
4.      Melalui diskusi peserta didik dapat mendata penyakit atau kelainan yang berhubungan dengan sitem peredararan darah

E.     Karakter yang diharapkan :
1.      Rasa ingin tahu
2.      Teliti
3.      Kerja keras
4.      Percaya diri

F.     Materi Pembelajaran :
1.      Jalannya peredaran darah : Pembuluh balik, pembuluh darah yang membawa karbondioksida dan  uap air  mengalir menuju serambi kanan, kemudian dipompa ke bilik kanan dari sana melalui pembuluh nadi paru dibawa menuju paru-paru dan di paru-paru , karbondioksida dan uap air dikeluarkan dan dimasukan oksigen dari paru-paru dipompa ke serambi kiri kemudian ke bilik kiri dan diedarkan ke seluruh tubuh melalui aorta ke pembuluh nadi seluruh tubuh
2.      Sistem peredaran darah kecil dan peredaran darah besar
a.       Peredaran darah kecil : jantung (bilik kanan) – paru-paru- jantung (serambi kiri)
b.      Peredaran darah besar : jantung (bilik kiri)-seluruh tubuh-jantung (serambi kanan)
3.      Golongan darah pada manusia dibagi menjadi : Golongan darah A, B, AB dan O
4.       Penyakit atau kelainan pada sistem peredaran darah :
a.       Anemia adalah keadaan darah yang kekurangan hemoglobin
b.      Leukemia  disebut juga kanker darah adalah pertumbuhan sel darah putih yang tidak normal sehingga dapat memakan sel darah merah
c.       Thalasemia adalah penyakit keturunan dimana sel darah merah berumur lebih pendek dari yang seharusnya sehingga penderita mengalami anemia
d.      AIDS atau Acquired Immunodeficiency Syndrome adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang sel darah putih sehingga sel darah putih lebih cepat mati dan tidak berfungsi. Jika terkena infeksi , kekebalan tubuhnya tidak berfungsi. Akhirnya meninggal dunia.
e.       Penyakit jantung adalah gangguan pada kerja jantung dalam memompa darah .Penyebabnya adalah kelebihan kolesterol yang menyumbat pembuluh nadi sehingga menghambat aliran darah.Penyebab lain adalah obesitas.
Gagal jantung terjadi karena penurunan kerja atau kontraksi jantung ,akibatnya volume darah dalam jaringan tubuh kurang karena jantung tidak bisa memompa darah dalam jumlah yang semestinya
f.        Tekanan darah rendah adalah orang  yang mempunyai tekanan darah di bawah normal .Pengembalian darah ke jantung berkurang akibat kerja jantung menurun.
g.      Tekanan darah tinggi adalah tekanan darah di atas normal. Jantung penderita bekerja lebih keras.
h.      Varises berupa pembuluh balik yang melebar atau berkelok-kelok terutam pada kaki. Jika terjadi di anus disebut ambeien

G.    Alokasi Waktu :
2 X 40 menit

H.    Strategi Pembelajaran :
1.      Model Pembelajaran : Cooperative Learning Type STAD
2.      Pendekatan : Kontektual
3.      Metode : Diskusi kelompok dan Observasi

I.       Langkah-langkah Kegiatan :
1.      Kegiatan Pendahuluan : 10 menit
Ø    Mengucapkan salam (sopan santun)
Ø    Berdo`a sebelum belajar (religius)
Ø    Mengabsen kehadiran peserta didik (disiplin)
Ø    Motivasi : menjelaskan tujuan pembelajaran dari pembelajaran yang akan dilakukan
2.      Kegiatan Inti : 60 menit
Eksplorasi
Ø    Guru memberi pertanyaan tentang darah dan membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok
Elaborasi
Ø    Guru membagikan lembar kerja
Ø    Guru menyajikan pelajaran
Ø    Guru memberi tugas kepada kelompok untuk mengerjakan Lembar Kerja
Ø    Guru memberi kuis kepada seluruh peserta didik
Konfirmasi
Ø   Guru menanggapi hasil kerja peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya
3.      Kegiatan Penutup :
Ø    Guru memberi penghargaan kepada kelompok dengan kinerja terbaik
Ø    Guru membimbing peserta didik untuk membuat rangkuman
Ø    Guru dan peserta didik melakukan refleksi terhadap materi yang sudah  
           diberikan dan menginformasikan pelajaran yang akan datang

J.       Media Pembelajaran dan Sumber Belajar :
1.      Sumber buku acuan : Buku IPA kelas VIII
2.      Media Pembelajaran : Gambar dan IT dan LKS

K.    Penilaian :
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Asfek
Memaparkan jalannya peredaran darah
Tes tulis
Uraian
Paparkan dengan jelas bagaimana jalannya peredaran darah
C2
Membedakan sistem perdaran darah kecil dan sistem peredaran  darah besar
Tes tulis
Uraian
Bedakan sistem peredaran darah kecil dan besar
C2
Menyebutkan macam-macam golongan darah
Tes tulis
Uraian
Sebutkan macam-macam golongan darah
C1
Mendata macam-macam penyakit atau kelainan pada sistem peredaran darah
Tugas
Forto folio
Data macam-macam atau kelainan pada sistem peredaran darah manusia


Kunci jawaban :


1.      Jalannya peredaran darah : Pembuluh balik, pembuluh darah yang membawa karbondioksida dan  uap air  mengalir menuju serambi kanan, kemudian dipompa ke bilik kanan dari sana melalui pembuluh nadi paru dibawa menuju paru-paru dan di paru-paru , karbondioksida dan uap air dikeluarkan dan dimasukan oksigen dari paru-paru dipompa ke serambi kiri kemudian ke bilik kiri dan diedarkan ke seluruh tubuh melalui aorta ke pembuluh nadi seluruh tubuh
2.      Sistem peredaran darah kecil dan peredaran darah besar
c.       Peredaran darah kecil : jantung (bilik kanan) – paru-paru- jantung (serambi kiri)
d.      Peredaran darah besar : jantung (bilik kiri)-seluruh tubuh-jantung (serambi kanan)
3.      Golongan darah pada manusia dibagi menjadi : Golongan darah A, B, AB dan O

Penskoran :
No 1. Skor maksimal 4
No 2. Skor maksimal 4
No 3. Skor maksimal 3


Nilai akhir = skor yang diperoleh X100 %
                        Skor maksimal







1 komentar: