RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
3
Sekolah
: SMP
Negeri I Tarogong Kaler
Kelas/semester : VIII/2
Mata
Pelajaran : IPA
Jumlah
Pertemuan : 2 X 40 menit
A.
Standar Kompetensi :
2.Memahami berbagai sistem dalam
kehidupan manusia
B.
Kompetensi Dasar :
2.4.Mendeskripsikan sistem peredaran darah
pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
C.
Indikator :
Pertemuan ke tiga
1.
Memaparkan jalannya peredaran darah
2.
Membedakan sistem peredaran darah kecil
dan peredaran darah besar
3.
Menyebutkan macam-macam golongan darah
4.
Mendata contoh penyakit atau kelainan yang
berhubungan dengan sistem peredaran darah
D.
Tujuan Pembelajaran :
1.
Melalui tanya jawab peserta didik dapat
memaparkan jalannya peredaran darah
2.
Melalui diskusi peserta didik dapat
membedakan sistem peredaran darah kecil dan peredaran darah besar
3.
Melalui pengamatan peserta didik dapat
menyebutkan peserta didik dapat menyebutkan macam-macam golongan darah
4.
Melalui diskusi peserta didik dapat
mendata penyakit atau kelainan yang berhubungan dengan sitem peredararan darah
E.
Karakter yang diharapkan
:
1. Rasa
ingin tahu
2. Teliti
3. Kerja
keras
4. Percaya
diri
F.
Materi Pembelajaran
:
1.
Jalannya peredaran darah : Pembuluh balik,
pembuluh darah yang membawa karbondioksida dan uap air
mengalir menuju serambi kanan, kemudian dipompa ke bilik kanan dari sana
melalui pembuluh nadi paru dibawa menuju paru-paru dan di paru-paru ,
karbondioksida dan uap air dikeluarkan dan dimasukan oksigen dari paru-paru
dipompa ke serambi kiri kemudian ke bilik kiri dan diedarkan ke seluruh tubuh
melalui aorta ke pembuluh nadi seluruh tubuh
2.
Sistem peredaran darah kecil dan peredaran
darah besar
a.
Peredaran darah kecil : jantung (bilik
kanan) – paru-paru- jantung (serambi kiri)
b.
Peredaran darah besar : jantung (bilik
kiri)-seluruh tubuh-jantung (serambi kanan)
3.
Golongan darah pada manusia dibagi menjadi
: Golongan darah A, B, AB dan O
4.
Penyakit
atau kelainan pada sistem peredaran darah :
a.
Anemia adalah keadaan darah yang
kekurangan hemoglobin
b.
Leukemia
disebut juga kanker darah adalah pertumbuhan sel darah putih yang tidak
normal sehingga dapat memakan sel darah merah
c.
Thalasemia adalah penyakit keturunan
dimana sel darah merah berumur lebih pendek dari yang seharusnya sehingga
penderita mengalami anemia
d.
AIDS atau Acquired Immunodeficiency
Syndrome adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang sel darah
putih sehingga sel darah putih lebih cepat mati dan tidak berfungsi. Jika
terkena infeksi , kekebalan tubuhnya tidak berfungsi. Akhirnya meninggal dunia.
e.
Penyakit jantung adalah gangguan pada
kerja jantung dalam memompa darah .Penyebabnya adalah kelebihan kolesterol yang
menyumbat pembuluh nadi sehingga menghambat aliran darah.Penyebab lain adalah
obesitas.
Gagal jantung
terjadi karena penurunan kerja atau kontraksi jantung ,akibatnya volume darah
dalam jaringan tubuh kurang karena jantung tidak bisa memompa darah dalam
jumlah yang semestinya
f.
Tekanan darah rendah adalah orang yang mempunyai tekanan darah di bawah normal
.Pengembalian darah ke jantung berkurang akibat kerja jantung menurun.
g.
Tekanan darah tinggi adalah tekanan darah
di atas normal. Jantung penderita bekerja lebih keras.
h.
Varises berupa pembuluh balik yang melebar
atau berkelok-kelok terutam pada kaki. Jika terjadi di anus disebut ambeien
G.
Alokasi Waktu :
2 X 40 menit
H.
Strategi Pembelajaran :
1.
Model Pembelajaran : Cooperative Learning
Type STAD
2.
Pendekatan : Kontektual
3.
Metode : Diskusi kelompok dan Observasi
I.
Langkah-langkah Kegiatan :
1.
Kegiatan Pendahuluan : 10 menit
Ø Mengucapkan
salam (sopan santun)
Ø Berdo`a
sebelum belajar (religius)
Ø Mengabsen
kehadiran peserta didik (disiplin)
Ø Motivasi
: menjelaskan tujuan pembelajaran dari pembelajaran yang akan dilakukan
2.
Kegiatan Inti : 60 menit
Eksplorasi
Ø Guru
memberi pertanyaan tentang darah dan membimbing peserta didik dalam pembentukan
kelompok
Elaborasi
Ø Guru
membagikan lembar kerja
Ø Guru
menyajikan pelajaran
Ø Guru
memberi tugas kepada kelompok untuk mengerjakan Lembar Kerja
Ø Guru
memberi kuis kepada seluruh peserta didik
Konfirmasi
Ø Guru
menanggapi hasil kerja peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya
3.
Kegiatan Penutup :
Ø Guru
memberi penghargaan kepada kelompok dengan kinerja terbaik
Ø Guru
membimbing peserta didik untuk membuat rangkuman
Ø Guru
dan peserta didik melakukan refleksi terhadap materi yang sudah
diberikan dan menginformasikan
pelajaran yang akan datang
J.
Media Pembelajaran dan
Sumber Belajar :
1.
Sumber buku acuan : Buku IPA kelas VIII
2.
Media Pembelajaran : Gambar dan IT dan LKS
K.
Penilaian :
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
Asfek
|
Memaparkan jalannya peredaran darah
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Paparkan dengan jelas bagaimana jalannya
peredaran darah
|
C2
|
Membedakan sistem perdaran darah kecil
dan sistem peredaran darah besar
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Bedakan sistem peredaran darah kecil dan
besar
|
C2
|
Menyebutkan macam-macam golongan darah
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Sebutkan macam-macam golongan darah
|
C1
|
Mendata macam-macam penyakit atau
kelainan pada sistem peredaran darah
|
Tugas
|
Forto folio
|
Data macam-macam atau kelainan pada
sistem peredaran darah manusia
|
|
Kunci
jawaban :
1.
Jalannya peredaran darah : Pembuluh balik,
pembuluh darah yang membawa karbondioksida dan
uap air mengalir menuju serambi
kanan, kemudian dipompa ke bilik kanan dari sana melalui pembuluh nadi paru
dibawa menuju paru-paru dan di paru-paru , karbondioksida dan uap air dikeluarkan
dan dimasukan oksigen dari paru-paru dipompa ke serambi kiri kemudian ke bilik
kiri dan diedarkan ke seluruh tubuh melalui aorta ke pembuluh nadi seluruh
tubuh
2.
Sistem peredaran darah kecil dan peredaran
darah besar
c.
Peredaran darah kecil : jantung (bilik
kanan) – paru-paru- jantung (serambi kiri)
d.
Peredaran darah besar : jantung (bilik
kiri)-seluruh tubuh-jantung (serambi kanan)
3.
Golongan darah pada manusia dibagi menjadi
: Golongan darah A, B, AB dan O
Penskoran
:
No
1. Skor maksimal 4
No
2. Skor maksimal 4
No
3. Skor maksimal 3
Nilai akhir = skor yang
diperoleh X100 %
Skor maksimal
mohon ijin untuk info try out UN SBMPTN gratis
BalasHapusterimakasih dan salam sehat selalu,
https://marketing.ruangguru.com/uji